Informasi penting
Inggris: Essentials - Wajib dibaca

Mencari Akomodasi di Inggris

1475

Salah satu hal yang penting sebelum memulai kuliah adalah mencari akomodasi terutama bagi mahasiswa asing yang pertama kali datang ke Inggris. Tergantung anggaran masing-masing, ada banyak jenis akomodasi yang bisa dipilih. Tetapi sebenarnya tempat akomodasi yang ideal bagi para mahasiswa asing tahun pertama adalah asrama sekolah. Tinggal di asrama sekolah memudahkan Anda untuk berteman dengan komunitas kampus, dimana Anda juga bisa mendapatkan bantuan dari para staf di saat Anda membutuhkan. Tetapi jika ternyata Anda tidak mendapatkan tempat di asrama sekolah, Anda bisa memilih untuk tinggal di luar kampus.

Asrama Kampus: Dengan Katering

Mayoritas universitas menyediakan asrama dalam kampus bagi mahasiswa nasional maupun internasional. Biasanya para mahasiswa tahun pertama memilih asrama yang menyediakan fasilitas katering.

Asrama dengan fasilitas katering menyediakan minimal satu kali makan malam, kebanyakan asrama juga menyediakan sarapan pagi. Jam makan ditentukan oleh asrama. Para mahasiswa bisa memilih satu dari beberapa paket makanan yang tersedia. Di asrama akan disediakan kamar tidur,serta fasilitas bersama berupa televisi, kamar mandi dan dapur.

Standar dan kualitas asrama ditentukan oleh harga. Asrama dengan bayaran yang rendah biasanya hanya menyediakan kamar sharing (berbagi dengan teman sekamar), sedangkan asrama dengan bayaran yang lebih mahal akan menyediakan kamar single (untuk 1 orang) dengan fasilitas yang lebih bagus.

Asrama Kampus: Tanpa Katering

Asrama tanpa fasilitas katering memberikan kebebasan kepada para mahasiswa untuk memasak dengan jam makan yang bebas. Kamar tidur biasanya terdiri dari 4 hingga 6 tempat tidur, dengan fasilitas bersama berupa kamar mandi, dapur dan ruang duduk. Luas apartemen dan ketersediaan kamar mandi untuk setiap kamar tergantung dari harga dan lokasi asrama. Bagi yang ingin tinggal sendiri bisa memilih apartemen individual dengan harga yang lebih mahal.

Akomodasi Privat

Permintaan untuk akomodasi dalam kampus sangat tinggi dan ketersediaan kamar asrama sangat terbatas. Biasanya akomodasi dalam kampus diprioritaskan bagi para mahasiswa tahun pertama. Bagi yang tidak bisa mendapatkan asrama dalam kampus bisa menyewa tempat tinggal atau apartemen di luar kampus.

Kebanyakan pemilik tempat tinggal menghendaki para mahasiswa untuk membayar uang jaminan (deposit) sebesar biaya sewa 1 bulan. Uang jaminan ini akan dikembalikan di saat kontrak sewa berakhir dan tidak diperpanjang lagi (jika tidak ditemukan kerusakan dalam tempat tinggal). Biasanya untuk menyewa diperlukan pihak ketiga yang menjamin bahwa pihak penyewa sanggup membawar biaya sewa setiap bulan, dan seandainya tidak sanggup, pihak ketiga harus melunasi biaya sewa untuk pihak penyewa.

Jika Anda ingin menyewa tempat tinggal, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan housing office di universitas. Mereka akan memberikan daftar agen-agen lokal yang memiliki reputasi yang bagus dalam menyewakan tempat tinggal kepada para mahasiswa. Selain itu, mereka juga akan memberikan nasihat mengenai kontrak sewa.

Menyewa Kamar

Jika Anda sendirian dan permohonan untuk tinggal di asrama kampus Anda ditolak universitas, Anda bisa mencoba untuk menyewa kamar. Anda bisa mencari informasi di

Spare Room or Great Flatmate atau menghubungi housing office universitas. Biasanya mereka menyediakan daftar kamar-kamar untuk disewa.

Jika Anda lebih suka tinggal di lingkungan keluarga, Anda bisa mempertimbangkan untuk homestay. Homestay biasanya lebih murah dan memberikan Anda kesempatan untuk bergaul dan mengenal kebudayaan setempat, dengan begitu Anda juga bisa meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris Anda.

Housing Office Universitas

Setiap universitas mempunyai tanggung jawab untuk memastikan bahwa para mahasiswa mereka tinggal di tempat yang aman. Oleh karena itu setiap universitas memiliki housing office yang menyediakan berbagai informasi tentang akomodasi lokal. Housing office akan membantu para mahasiswa untuk menyelesaikan berbagai permasalahan mengenai tempat tinggal, mulai dari berhadapan dengan pemilik tempat tinggal atau teman sekamar yang tidak bersahabat hingga pelanggaran kontrak sewa menyewa.

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.