Informasi penting
Inggris: Essentials - Wajib dibaca

Menjelajahi Inggris

1480

Walau Inggris termasuk negara yang kecil, menavigasi negara yang asing tidaklah semudah yang dibayangkan. Berikut ini kami sampaikan beberapa informasi yang bisa membantu Anda saat berpergian di Inggris.

Peta

Walaupun Anda mempunyai berbagai aplikasi tentang perjalanan di gadget Anda, peta merupakan pegangan yang terbaik. Walaupun membaca peta tidak secepat memakai aplikasi GPS, tetapi begitu otak Anda memproses informasi yang Anda baca, informasi itu cenderung tertanam di ingatan Anda. Kemudian aplikasi-aplikasi kadang tidak bekerja dengan baik dan ada kemungkinan baterai Anda habis, atau sedang berada di lokasi dengan signal yang jelek, sehingga Anda tidak bisa mengakses aplikasi Anda. Di saat-saat seperti itu, Anda akan merasa sangat beruntung telah membawa peta di kantong atau di ransel Anda.

Jika Anda ingin membeli peta, pastikanlah peta tersebut mencakup informasi-informasi mendetil tentang berbagai daerah. Kebanyakan Warga Inggris memiliki peta A-Z lokal atau nasional yang bisa dibeli di A-Z website, atau ditoko buku dengan harga mulai dari £9.95. Anda juga bisa membeli peta bekas di Ebay atau Amazon dengan harga yang lebih murah. Yang perlu Anda pastikan adalah peta Anda adalah peta dengan edisi terbaru.

Membawa peta besar selama berpergian tentu saja tidak leluasa. Banyak penerbit surat kabar dan penerbit lainnya yang menjual peta yang bisa dilipat menjadi lebih kecil. Di kota-kota besar seperti London, Anda bisa menemukan peta-peta ini dengan harga yang bersahabat. Di dalam peta juga tertera informasi mengenai atraksi-atraksi dan tempat-tempat wisata terdekat, serta sarana transportasi umum.

Perencanaan Online dan Berbagai Aplikasi

Dimana pun Anda berada, jangan lupa bahwa teknologi selalu ada untuk membantu Anda, termasuk disaat merencanakan perjalanan, maupun disaat Anda sedang mencari jalan saat tersesat di suatu tempat. Ada banyak aplikasi perencana perjalanan online yang bisa Anda unduh di laptop atau di smartphone Anda. Mereka akan membantu Anda merencakanan perjalanan Anda dengan cepat. Anda hanya perlu meng-input kota asal Anda dan destinasi yang ingin Anda tuju.

Aplikasi-aplikasi dan situs yang bisa membantu Anda antara lain: Google Maps Journey Planner and the AA journey planner , jika Anda ingin berpergian dari satu kota ke kota yang lain. Sementara AA journey planner berspesialisasi di perjalanan dengan menggunakan kendaraan (mobil), Peta Google akan memeberitahukan rute perjalanan kepada pengemudi, serta menyediakan informasi bagi yang ingin berpergian dengan menggunakan sarana transportasi umum. Anda hanya tinggal meng-input alamat tempat Anda berada dan alamat yang ingin Anda tuju. Dengan satu kali klik, Google akan menemukan jawabannya untuk Anda.

Beberapa kota mempunyai perencana perjalanan yang disediakan oleh transportasi lokal. Anda bisa mencoba mengakses situs Edinburgh Lothian Buses dan jika Anda berada di London, Anda bisa mencoba situs TFL Journey Planner.

Pengetahuan tentang Lingkungan Sekitar

Salah satu yang amat dibutuhkan disaat berpergian di daerah yang asing adalah pengetahuan tentang keadaan sekitar. Sembari mencari informasi, Anda akan berkenalan dengan orang-orang baru. Di minggu-minggu pertama Anda, Anda akan bertemu dengan banyak orang. Mulai dari dosen-dosen, teman-teman sekelas yang mungkin beberapa diantaranya telah berada di kampus sebelum Anda tiba. Jika Anda ingin mengeksplorasi daerah-daerah asing, ajaklah teman-teman Anda yang juga masih asing dengan daerah tersebut. Dengan berpergian bersama-sama, kalian akan merasa lebih tenang dan percaya diri. Yang mungkin akan mengejutkan Anda, ternyata banyak juga mahasiswa baru yang mempunyai minat yang sama dengan Anda. Jadi, sementara Anda mengeksplorasi daerah baru, Anda bisa berteman dan bersenang-senang dengan kenalan-kenalan baru Anda.

Kebanyakan murid di tahun kedua sudah lebih familiar dengan kehidupan sebagai seorang mahasiswa. Mereka tahu tempat yang memberikan diskon khusus untuk mahasiswa, atau jalan-jalan pintas di kota.

Anda tidak perlu sungkan untuk bertanya kepada orang-orang di sekitar Anda. Penjaga toko buku yang menjual buku pelajaran buat Anda mungkin tahu restoran yang paling lezat dan murah di kota. Atau supir taksi yang mengantarkan Anda ke kampus mungkin bisa memberitahukan daerah mana saja yang sebaiknya Anda hindari sewaktu malam hari. Yang perlu Anda lakukan hanyalah bertanya dengan ramah.

Warga-warga lokal sangat bangga dengan kota mereka. Mereka akan sangat senang jika ada mahasiswa asing yang bertanya kepada mereka, apalagi jika Anda menunjukkan rasa ingin tahu yang besar tentang kota mereka. Mereka dilahirkan dan dibesarkan disana, bisa jadi mereka adalah sumber informasi yang terlengkap dan terpercaya bagi Anda.

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.