Informasi penting
Inggris: Essentials - Wajib dibaca

Transportasi Umum di Inggris

1412

Di Inggris, ketersediaan sarana transportasi umum tergantung lokasi dimana Anda berada. Berpergian di kota bisa saja gampang atau sebaliknya. Tetapi, secara umum, sistem transportasi antar kota cukup praktis.

Di Jalan Raya

Di Inggris, setiap kota besar dan kecil terhubung oleh jalan raya yang bisa dilalui oleh transportasi umum. Tetapi sistem transportasi tetap saja berbeda-beda tergantung lokasi dimana Anda berada. Biasanya transportasi yang paling ekonomis dan yang paling gampang ditemui adalah bis. Tetapi hal ini tergantung dari lokasi Anda.

Setiap stasiun bis menyediakan berbagai informasi mengenai tiket dan rute bis. Selain itu Anda juga bisa memperoleh informasi mengenai diskon bagi pelajar. London dilengkapi dengan sistem transportasi yang terintegrasi. Anda bisa membeli Oyster Card. Kartu ini bisa digunakan untuk sarana-sarana transportasi yang berpartisipasi, seperti bis maupun tube. Anda bisa meminta informasi lebih lanjut dengan bertanya kepada petugas stasiun atau mengunjungi situs online Oyster Card.

Begitu Anda tiba di kampus, Anda akan menerima welcome pack di minggu pertama (paket yang berisi tentang berbagai informasi yang mengenalkan Anda kepada lingkungan sekitar). Dalam paket ini, Anda bisa menemukan nomor telepon perusahaan-perusahaan taksi ternama. Demi keamanan Anda, sewaktu memesan taksi, pastikanlah bahwa taksi tersebut adalah milik perusahaan taksi dengan reputasi yang baik. Sebelum menaiki taksi, periksalah apakah taksi tersebut mempunyai nomor lisensi yang tertempel di depan jendela mereka, jika ada, berarti itu adalah taksi terdaftar dan aman untuk Anda naiki.

Transportasi Bawah Tanah (Underground)

Jika Anda tinggal di London, sistem transportasi bawah tanah (dikenal sebagai tube network) merupakan sistem transportasi yang paling efisien untuk berpergian di dalam kota. Anda bisa membeli Oyster card khusus pelajar yang akan memberikan Anda diskon 30%. Oyster Card bisa diisi secara online atau di stasiun tube.

Selain London, sistem underground juga bisa ditemukan di Glaslgow dan Newcastle. Perjalanan dengan tube memakan waktu lebih singkat jika dibandingkan dengan bis dengan jalur yang memutar.

Perjalanan Antar-Kota

Kereta-kereta di Inggris tidaklah murah, tetapi kereta-kereta ini pada umumnya tepat waktu, kecuali dalam cuaca yang buruk. Seandainya terjadi penundaan keberangkatan selama satu jam atau lebih, Anda bisa mendapatkan ganti rugi. Besarnya ganti rugi yang diberikan tergantung dari perusahaan jasa kereta masing-masing.

Tiket-tiket kereta dibagi berdasarkan beberapa struktur harga. Tiket untuk siang hari dan hari-hari biasa cenderung lebih murah dibandingkan dengan tiket-tiket di jam sibuk atau peak season. Biasanya Anda bisa memesan tiket 3 bulan sebelum hari keberangkatan. Semakin dekat dengan hari keberangkatan, harga tiket akan semakin mahal. Jadi sebaiknya Anda merencanakan perjalanan Anda jauh-jauh hari dan mulai membeli tiket begitu Anda telah yakin dengan jadwal perjalanan Anda. Sebelum membeli tiket, Anda bisa memeriksa apakah dua tiket sekali jalan lebih murah dari tiket pulang pergi.

Jika Anda ingin tiket kereta yang lebih murah, Anda bisa membeli 16-25 rail card. Kartu ini bisa didapatkan di kantor kereta api dengan harga £28.00.

Jika Anda ingin berpergian dengan biaya seminimal mungkin dan punya banyak waktu, Anda bisa mempertimbangkan coach. Anda bisa mencari perusahaan-perusahaan yang menyediakan jasa coach di National Express dan Megabus. Harga tiket coach dimulai dari £1, tergantung tempat asal dan tujuan Anda.

Merencanakan Perjalanan Anda

Perjalanan yang direncanakan dengan rapi akan mengurangi kerumitan yang mungkin Anda hadapi disaat berpergian. Anda bisa mengakses Google Maps melalui laptop atau smartphone Anda disaat membutuhkan bantuan. Caranya sangat gampang, Anda tinggal memasukkan destinasi Anda, dan Google akan menemukannya untuk Anda! Jika Anda tinggal di London, Anda juga bisa mencoba TFL Journey Planner.

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.