Informasi penting
Inggris: Essentials - Wajib dibaca

Mempersiapkan Perjalanan ke Inggris

2485

Pergi ke negara asing sendirian bisa membuat siapa saja berkecil hati, apalagi jika ini adalah pertama kalinya Anda tinggal di luar negeri tanpa ditemani keluarga dekat. Tetapi, bila perjalanan telah direncanakan dengan rapi sebelumnya sebenarnya Anda tidak perlu terlalu khawatir. Berikut ini kami akan memberikan beberapa tips yang bisa membantu kelancaran Anda setiba di Inggris.

Merencanakan Perjalanan

Inggris mungkin adalah negara yang kecil, tetapi Inggris memiliki banyak bandara dengan banyak penerbangan menuju berbagai destinasi. Bahkan kota-kota kecil juga memiliki bandara terbang. Jika destinasi Anda bukanlah kota besar seperti London, Manchester atau Edinburgh, Anda mungkin perlu mencari penerbangan lanjutan (connecting flight).

Jika demikian, Anda harus lebih teliti dalam merencakanan perjalanan Anda. Kota-kota besar di Inggris memiliki lebih dari satu bandara terbang. London sendiri memiliki 5 bandara terbang. Periksalah dengan teliti bandara mana yang akan Anda tuju. Carilah informasi mengenai akomodasi terdekat dengan bandara tersebut jika jadwal connecting flight Anda mengharuskan Anda untuk menginap. Anda tentunya tidak ingin membuat kesalahan seperti Anda tiba di Airport Heathrow London, tetapi telah memesan kamar hotel di dekat Airport Gatwick. Jika Anda membawa banyak barang bawaan, akan lebih praktis jika Anda naik taksi daripada naik transportasi umum untuk menuju tempat akomodasi Anda. Mayoritas bandara menyediakan stand taksi di dekat pintu keluar.

Mempersiapkan Dokumen

Sebelum hari keberangkatan, periksalah semua dokumen perjalanan Anda. Pastikan Anda telah memohon visa yang tepat. Kemudian periksa jadwal penerbangan Anda sekali lagi. Setelah itu, simpanlah tiket penerbangan, paspor, visa dan dokumen-dokumen penting lainnya di tas bawaan Anda. Jangan simpan dokumen penting yang diperlukan di imigrasi dalam koper. Anda baru bisa mengambil bagasi setelah melalui proses imigrasi.

Begitu tiba di imigrasi Inggris, Anda akan menemukan dua barisan antrian. Yang satu diperuntukkan bagi ketibaan dari EEA (European Economic Area), EU (European Union) dan Swiss. Yang satunya lagi diperuntukkan ketibaan dari negara lain. Periksalah dengan seksama di barisan mana Anda harus mengantri. Jika Anda tidak berasal dari EEA dan EU, Anda wajib mengisi landing card. Anda bisa meminta landing card ini dari petugas penerbangan (misalnya pramugari). Landing card harus diisi dengan lengkap dan ditandatangani sebelum diserahkan kepada petugas imigrasi. Anda bisa mengisi landing card dengan tenang di atas pesawat, sebelum sampai di Inggris.

Petugas imigrasi akan memeriksa paspor dan visa Anda, beserta offer letter dari universitas, surat pernyataan dan bukti bahwa Anda mampu membiayai kuliah, bukti bahwa Anda telah mengurus akomodasi Anda. Petugas Imigrasi mungkin akan melakukan percakapan sederhana dengan Anda. Sebaiknya Anda memberi kesan baik dengan menjawab semua pertanyaan dengan menggunakan Bahasa Inggris yang lancar, tanpa penerjemah.

Jika Anda membawa uang tunai/cek/draft bankir lebih dari £6750, Anda harus melapor ke imigrasi. Setelah itu Anda akan disuruh mengisi formulir. Petugas imigrasi akan menyimpan formulir yang asli dan memberikan Anda kopian formulir. Simpanlah formulir ini dengan baik.

Bagaimana Jika Perjalanan Tidak Berjalan Dengan Lancar?

Biasanya selama memiliki visa yang tepat dan dokumen-dokumen yang diperlukan, para mahasiswa internasional tidak akan mengalami masalah di imigrasi. Tetapi, untuk berjaga-jaga, sebaiknya Anda menyimpan nomor telepon Universitas Anda yang dapat dihubungi jika memerlukan bantuan dari pihak Universitas untuk mengklarifikasikan masalah-masalah dengan pihak imigrasi.

Jika petugas imigrasi merasa dokumen Anda kurang lengkap, Anda bisa meminta bantuan ke pusat penasihat mahasiswa asing di universitas Anda. Jika Anda tidak memiliki dokumen yang lengkap, Anda akan ditolak masuk oleh Imigrasi Inggris. Tergantung kasus, Anda mungkin akan diberikan waktu satu atau dua bulan untuk meninggalkan atau memasuki Inggris.

Kadang Anda mungkin akan mengalami keadaan yang kurang menyenangkan seperti keterlambatan pesawat ataupun kehilangan bagasi. Tetaplah tenang dan jangan panik, mintalah bantuan kepada petugas bandara yang cukup ramah bersahabat untuk membantu Anda.

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.