Informasi penting
Inggris: Essentials - Wajib dibaca

Menjaga Kesehatan Saat Kuliah di Inggris

988

Ada banyak kekhawatiran saat pindah ke luar negeri. Misalnya bagaimana jika kita jatuh sakit, atau saat barang berharga dicuri. Sangat disayangkan, memang ada kemungkinan bagi hal-hal ini terjadi di kehidupan kita. Jadi, sangat penting bagi kita untuk memikirkan penanggulangannya - untuk berjaga-jaga.

Persiapan Sebelumnya

Cara terbaik untuk meminimalkan dampak dari penyakit dan kecurian adalah dengan membuat persiapan terlebih dahulu. Jika program kuliah Anda di Inggris berlangsung lebih dari 6 bulan, maka Anda akan mendapatkan pelayanan kesehatan yang sama dengan residen Ingggris. NHS akan memberikan perawatan medis secara gratis bagi yang memerlukan.

Disaat Anda memasuki Inggris, Anda sebaiknya memiliki surat keterangan kesehatan yang menerangkan bahwa Anda telah menerima suntikan yang diwajibkan. Jika Anda berasal dari area yang rawan TB, maka Anda harus memiliki foto x-ray di bagian dada. Dokumen ini harus dipersiapkan di tas bawaan Anda, karena pihak imigrasi mungkin ingin Anda memperlihatkan dokumen-dokumen ini.

Jika Anda sedang menjalani pengobatan, Anda juga memerlukan laporan kesehatan lengkap mengenai kondisi kesehatan Anda, serta perawatan medis yang sedang Anda jalankan beserta resep-resep obat yang Anda konsumsi. Laporan kesehatan ini harus diterjemahkan dalam Bahasa Inggris dan dilegalisir oleh dokter Anda. Setiba di Inggris Anda mungkin perlu memberikan laporan ini kepada dokter di Inggris untuk mendapatkan perawatan yang sesuai.

Setiba di Inggris Anda perlu menyerahkan dokumen-dokumen kesehatan ini ke dokter umum. Bawalah fotokopi surat penyewaan tempat tinggal Anda beserta student ID. Setelah melengkapi formulir-formulir yang diminta, Anda akan menerima kartu NHS. Bawalah kartu ini setiap saat.

Dokter umum tempat Anda mendaftar adalah orang pertama yang harus Anda hubungi untuk meminta pertolongan medis yang tidak mendesak.

Sistem NHS

NHS terdiri dari beberapa unit. Anda perlu mengetahui unit-unit yang ada untuk mendapatkan perawatan yang tepat bagi penyakit Anda.

Layanan Kedokteran Umum – Dokter umum Anda adalah tempat pertama yang Anda kunjungi di saat Anda merasa tidak enak badan. Jika Anda tidak sedang dalam keadaan memerlukan pengobatan darurat, Anda bisa mengunjungi dokter umum. Setalah memeriksa dan mendiagnosa kesehatan Anda, dokter umum akan memutuskan untuk menempatkan Anda ke rumah sakit atau memberikan solusi lainnya.

Unit Luka Ringan - Jika Anda terluka ringan (misalnya keseleo, luka bakar ringan) dan memerlukan penanganan segera, Anda bisa mengunjungi unit ini. Jika sebelumnya Anda telah melakukan pertolongan pertama, beritahukanlah kepada dokter atau perawat.

Departemen Gawat Darurat – Semua rumah sakit besar di perkotaan dilengkapi dengan departemen gawat darurat.

Farmasi – Jika Anda terserang flu atau pilek, Anda bisa meminta pengobatan di farmasi/apotek. Biasanya disana tersedia apoteker yang terlatih yang bisa menganjurkan pengobatan yang tepat bagi Anda.

Yang Tidak Ditanggung NHS

Resep obat di Inggris dikenakan biaya £6.85 per item. Tetapi jika kondisi medis Anda termasuk kategori bebas biaya, maka biaya tersebut bisa dibebaskan. Anda bisa meminta infomasi lebih lengkap dengan farmasi terdekat.

Untuk memeriksa kesehatan gigi dan mata, diperlukan surat keterangan. Biaya ini tidak ditanggung NHS.

Asuransi

Walaupun asuransi kesehatan tidak diwajibkan bagi para mahasiswa internasional di Inggris, ada baiknya jika Anda mengasuransikan barang milik Anda untuk meminimalkan kerugian jika sewaktu-waktu barang Anda rusak, hilang atau dicuri.

Beberapa universitas menyertakan biaya asuransi kepemilikan dalam biaya akomodasi. Atau Anda juga bisa ditanggung dalam asuransi milik orang tua Anda. Tetapi lebih dianjurkan untuk memiliki asuransi kepemilikan atas nama Anda selama berada di Inggris untuk kemudahan proses klaim asuransi. Berikut ini adalah perusahaan yang menyediakan jasa asuransi khusus mahasiswa Endsleigh.

Sebelum menandatangani kontrak asuransi, bacalah dengan seksama syarat dan ketentuan yang berlaku. Pastikan Anda jelas mengenai apa saja yang ditanggung dan apa saja yang tidak ditanggung dalam kontrak Anda. Sebelum mengajukan klaim asuransi, hitunglah apakah besar kerugian Anda setara dengan biaya yang harus Anda keluarkan untuk mengajukan klaim.

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.