Informasi penting
Inggris: Essentials - Wajib dibaca

Kuliah ke Inggris: Apa Saja Yang Perlu Dibawa?

4745

Kita semua tentunya sudah terbiasa dengan kehidupan kita di rumah, dengan kamar dan barang-barang favorit kita. Jadi tidak aneh jika mengepak barang sebelum berangkat ke luar negeri bisa saja membuat kita stress. Kita bingung tidak tahu harus membawa apa saja, dan apa saja yang harus kita tinggalkan. Berikut ini kami akan berikan beberapa tips bagi Anda. Ada barang yang wajib Anda bawa, dan ada yang mau tidak mau harus Anda tinggalkan. Jangan khawatir, jika barang tersebut sangat berarti bagi Anda, Anda tetap bisa meminta keluarga untuk mengirimkannya kepada Anda di kemudian hari.

Yang wajib dibawa

• Baju yang sesuai - Pada umumnya perkuliahan di Inggris akan dimulai di Bulan September yang merupakan musim gugur atau bisa jadi musim salju. Jadi bawalah baju yang sesuai. Anda akan memerlukan jaket, sepatu boot, dan juga payung karena Bulan September cenderung bercurah hujan tinggi. Anda juga perlu menyediakan baju T-shirt, karena terkadang cuaca di Bulan September bisa berubah menjadi cerah. Cuaca di Inggris bisa dibilang sulit untuk diprediksi, oleh karena itu mayoritas warga Inggris gemar memakai jeans, yang cocok untuk dipakai di segala musim.

• Dokumen Perjalanan – Bawalah dokumen perjalanan Anda dengan lengkap, termasuk paspor, visa, surat penerimaan dari universitas dan dokumen-dokumen lainnya yang diperlukan. Pastikan Anda telah mencari informasi lengkap mengenai apa saja yang harus Anda tunjukkan di Imigrasi Inggris. Bawalah dokumen-dokumen tersebut dalam tas bawaan Anda dan bukan dalam bagasi. Anda baru bisa mengambil bagasi setelah melewati imigrasi. Imigrasi Inggris sangat ketat, tanpa dokumen yang tepat, Anda bisa saja dideportasi. Jadi sebelum keberangkatan Anda, persiapkanlah dengan teliti dan lengkap.

• Gadget – Bawalah laptop dan telepon selular anda. Anda akan memerlukannya semasa kuliah misalnya untuk menyelesaikan tugas, mengunduh materi pelajaran dan bahkan untuk berkomunikasi dengan keluarga Anda. Demi keamanan, jangan simpan di bagasi. Bawalah di dalam tas bawaan atau ransel Anda.

• Poundsterling (GBP) – Bawalah GBP (sekitar £200) untuk berjaga-jaga jika transferan dari negara Anda telat, atau Anda tidak sempat ke bank di Inggris untuk menarik uang. Jadi bawalah uang tunai yang cukup untuk mencukupi kebutuhan Anda (misalnya makan, transportasi, keperluan sehari-hari dan lain-lain) hingga Anda bisa mengakses bank Anda.

Yang tidak perlu dibawa

• Buku dan peralatan tulis – Di Inggris, tempat tinggal tidak luas, jadi hindarilah barang-barang yang akan memenuhi ruang hidup Anda. Buku-buku dan peralatan tulis bisa Anda beli di toko-toko terdekat.

• Peralatan masak dan peralatan mandi – Anda mungkin akan tinggal di akomodasi dengan fasilitas dapur dan kamar mandi komunal (berbagi dengan orang lain), jadi tidak perlu membawa peralatan Anda sendiri.

• Pigura foto dan foto album – Pigura dan foto album sangat memakan tempat. Anda bisa membawa foto-foto Anda dalam bentuk soft copy di dalam laptop atau gadget lainnya, kemudian mencetaknya setelah Anda tiba di Inggris.

Tips Penting

• Selalu ingat bahwa ada batas untuk bagasi bawaan Anda. Biasanya informasi tersebut tertera di tiket pesawat Anda. Timbanglah bagasi Anda sebelumnya dan pastikan tidak melebihi batas. JIka Anda kelebihan bagasi, Anda harus membayar untuk kelebihan bagasi atau terpaksa meninggalkan barang Anda.

• Penerbangan ke Inggris tidak mengijinkan penumpang untuk membawa barang tajam dan benda cair. Sebaiknya Anda mencari informasi melalui agen perjalanan atau internet mengenai daftar barang apa saja yang tidak diperkenankan dibawa ke dalam pesawat.

• Steker listrik di negara Anda mungkin berbeda dengan di Inggris. Anda perlu mempersiapkan steker/adaptor yang bisa digunakan di Inggris.

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.