Informasi penting
Inggris: Essentials - Wajib dibaca

Berhemat Saat Kuliah di Inggris

2970

Sewaktu Anda kuliah di Inggris, selama masih sesuai anggaran, Anda juga perlu bersenang-senang sesekali. Walaupun Anda dapat memperoleh pinjaman untuk membiayai kuliah Anda, Anda tetap perlu mengingat bahwa pinjaman tersebut tidaklah gratis. Berikut ini ada beberapa cara yang dapat membantu Anda berhemat selama kuliah Anda.

Rekening Bank Anda

Banyak Bank di Inggris yang menawarkan rekening khusus mahasiswa, yang dapat dipergunakan juga sebagai kartu diskon untuk berbelanja. Beberapa bank juga menawarkan bermacam insentif dan hadiah gratis lainnya, seperti Natwest yang menawarkan Rail Card gratis ataupun Lloyds yang menawarkan NUS card gratis. Ada juga bank seperti Barclays yang bahkan menawarkan diskon pembelian asuransi. Anda juga bisa memilih mengabaikan hadiah langsung ataupun diskon dari bank dan memilih fasilitas overdraft (penarikan cek yg melebihi jumlah uang di bank) bebas biaya, yang dapat Anda pergunakan untuk keperluan mendadak. Bank biasanya memberikan kesempatan untuk mengambil pinjaman mahasiswa sebesar £3,000 dalam setahun.

Tentunya selama Anda kuliah disana, Anda perlu untuk mengawasi tabungan Anda untuk menghindari hutang. Dapatkan fasilitas Online Banking agar mempermudah Anda mengakses informasi keuangan Anda dari rumah atau sewaktu berpergian. Online Banking juga menyediakan fasilitas membayar tagihan listrik, air, telepon ataupun mengirim uang secara Online.

Telekomunikasi

Komunikasi dengan kerabat Anda selama Anda kuliah di Inggris sangatlah penting. Handphone sangatlah praktis untuk berkomunikasi. Tetapi Anda tentunya dapat berhemat bila Anda menggunakan fasilitas Skype yang dapat melakukan panggilan Internasional gratis ataupun dengan biaya yang sangat rendah.

Jika Anda memiliki smartphone Anda juga dapat menggunakan aplikasi seperti WhatsApp, Hangouts ataupun Blackberry Messenger untuk melakukan komunikasi instan bebas biaya.

Pastikan Anda mempergunakan operator lokal di Inggris untuk mengurangi biaya roaming yang mahal. Jika Anda tinggal di apartemen dengan teman-teman Anda, Anda juga dapat mendaftar untuk akses broadband yang menggunakan line telepon di rumah Anda. Anda dapat mencari dan membandingkan pilihan broadband terbaik sesuai kebutuhan Anda di website USwitch.

Pajak dan Hak Kerja

Sebagai mahasiswa di Inggris, Anda dapat memperoleh fasilitas diskon khusus untuk kebutuhan hidup Anda seperti diskon untuk bayaran pajak.

Jika Anda memutuskan untuk tinggal di luar kampus bersama dengan orang lain yang bukan pelajar, Anda tentunya perlu mendiskusikan terlebih dahulu apa yang dapat Anda kontribusikan untuk bersama.

Banyak mahasiswa disana yang mencari kerja sambilan selama kuliah disana untuk memperoleh tambahan untuk biaya hidup mereka. Untuk mahasiswa asing, peraturan di Inggris hanya mengijinkan Anda untuk bekerja maksimum selama 10 jam per minggunya. Dengan upah minimum sebesar £6.19 untuk pekerja diatas 21 tahun dan £4.98 untuk pekerja 18-20 tahun, Anda dapat memperoleh tambahan yang lumayan. Apalagi jika Anda bekerja di London, banyak perusahaan yang membayar berdasarkan upah minimum London yaitu sebesar £8.55 per jamnya.

Jika Anda memutuskan untuk mencari kerja sambilan, Anda juga dapat memanfaatkan diskon spesial sebagai karyawan di tempat Anda bekerja. Anda dapat memanfaatkan diskon tersebut untuk berbelanja baju ataupun peralatan elektronik di tempat Anda bekerja. Ataupun Anda dapat bekerja di restoran yang biasanya memberikan makan gratis untuk karyawan mereka.

Mengurangi Pengeluaran Harian

Banyak cara untuk Anda berhemat setiap harinya. Pertama-tama pastikan Anda memiliki NUS Card, Anda dapat memperolehnya seharga £10. Dengan kartu ini Anda dapat memperoleh diskon sebesar 20% di beberapa restoran seperti Pizza Express ataupun di tempat perbelanjaan seperti TopShop.

Sebelum membeli sesuatu pastikan Anda mencari informasi tentang barang yang Anda inginkan di website untuk mengetahui bila ada promo ataupun diskon yang dapat Anda peroleh. Situs web seperti Voucher Codes dan Discount Voucher Codes sangat populer dikalangan Mahasiswa yang ingin mencari barang keperluan mereka.

Jika Anda tinggal bersama dengan teman-teman Anda, Anda dapat berbelanja keperluan dalam jumlah banyak, dikarenakan banyak supermarket yang menawarkan diskon pembelian dalam jumlah banyak atau bahkan Anda bisa mendapatkan program beli satu gratis satu untuk barang-barang tertentu, misalnya untuk produk makanan dan buah segar. Dengan cara ini tentunya Anda dapat lebih berhemat dan dengan memasak sendiri, hidup Anda akan lebih sehat dibandingkan jika Anda memakan makanan instan siap saji.

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.