Informasi penting
Inggris: Berita Terbaru

GAJI AWAL MEMPENGARUHI PENGAJUAN VISA INGGRIS

1031
PEMERINTAH INGGRIS BELAKANGAN INI LEBIH MELUNAK AKAN KETENTUAN KETAT MENGENAI GAJI AWAL MAHASISWA INTERNASIONAL YANG BERENCANA MENETAP DI NEGARA TERSEBUT
 
Kabar baik bagi mahasiswa internasional di Inggris! Pemerintah Inggris terlihat lebih melonggarkan peraturan mengenai persyaratan gaji para lulusan terhadap pengajuan visa. Namun, mahasiswa angkatan baru masih akan merasakan kesulitan selama masa tunggu terbitnya peraturan baru tersebut. Apa yang dapat mereka perbuat?
 
Pada April lalu, terjadi perubahan kebijakan mengenai warga negara asing yang ingin menetap di Inggris. Untuk mendapatkan visa, mereka harus bekerja di sektor yang sesuai dengan kualifikasi mereka, dengan pendapatan gaji yang dianggap sulit untuk diusahakan pada iklim ekonomi saat ini (minimal £20.000). Sementara mahasiswa asal Inggris sendiri sulit untuk mendapat hal serupa, ketentuan ini dapat memupus harapan mereka yang berencana menetap di Inggris sambil kuliah. Kondisi ini juga berpengaruh negatif terhadap imej lama Inggris sebagai negara yang menyambut keahlian mahasiswa asing. Hal yang disayangkan mengingat sangat banyak mahasiswa yang jatuh cinta kepada tempat di mana mereka kuliah dan berharap untuk menetap; terutama dengan kota yang aktif seperti
 
Berita Baru
 
Perubahan ini terjadi didasari atas terbitnya Statement of Intent oleh Home Office Inggris, yang menandakan bahwa pemerintah merubah pandangannya. Namun, hingga konfirmasi dilakukan, para mahasiswa internasional tetap masih menghadapi masalah, terutama mereka yang akan menyelesaikan kuliahnya dalam beberapa bulan mendatang; mereka tetap akan kesulitan dalam mendapatkan bayaran gaji yang biasanya diperuntukkan bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman bertahun-tahun. Jelas ini merupakan tekanan berat tambahan pada tahun akhir perkuliahan.
Jadi apakah yang dapat dilakukan oleh mahasiswa internasional untuk memperbesar kemungkinan mendapat pekerjaan? Pertimbangkan tips-tips berikut: 
 
Mencari Relasi
 
Bertemu dengan mereka yang berbeda budaya seringkali menjadi alasan utama sesorang memilih berkuliah di luar negeri. Namun, saat kita tiba di tempat tujuan, kerinduan akan negara asal/rumah muncul. Masalah ini akan lebih ringan jika berteman dengan mereka yang memiliki banyak kesamaan, seperti pelajar yang berasal dari negara kita sendiri. Hal ini agak memalukan sebenarnya karena Anda telah bepergian sangat jauh – maka ambil langkah lebih jauh untuk keluar dari zona nyaman Anda. Dorong diri Anda sendiri untuk menghadiri perkumpulan dan acara-acara yang dihadiri oleh beragam jenis pelajar. Sebagai seorang pelajar internasional, Anda mungkin saja bertemu dengan seseorang yang paling menyenangkan di kelompok tersebut. Memang hal yang cukup menghibur unutk berteman dengan pelajar yang berasal dari negara asal Anda sendiri, saat Anda butuh berbicara dengan seseorang yang memiliki latar belakang yang sama; namun selayaknya Anda tetap seimbang. 
 
Usahakan Anda Memiliki Pihak yang Dapat Mereferensi Anda di Negara Anda Berkuliah
 
Memiliki referensi yang terkini adalah hal penting untuk mendapatkan pekerjaan. Jika perusahaan pemberi kerja kesulitan dalam menghubungi seseorang yang dapat menjamin Anda, maka mereka cenderung tidak memproses lamaran Anda lebih jauh. Masalah ini menjadi lebih berat lagi bagi pelajar internasional yang bergantung pada pemberi referensi yang berada di negara lain, dimana mungkin terjadinya masalah komunikasi. Solusinya adalah Anda harus menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang Anda temui selama kuliah. Mereka ini mungkin saja dosen yang berhubungan baik dengan Anda, atau perusahaan di mana Anda bekerja paruh waktu. Temui dosen atau pengajar pada jam kantor kapanpun memungkinkan, jangan hanya mendiamkan masalah yang Anda hadapi.
 
Gunakan Masa Liburan dengan Bijak
 
Jika Anda tidak dapat pulang ke negara Anda untuk liburan, jangan sedih. Daripada Anda hanya diam di rumah kosong selama beberapa minggu, merindukan teman-teman dan keluarga Anda, carilah kesibukan. Bekerja magang telah menjadi bahasan diskusi dimana merupakan cara penting untuk mendapat pekerjaan setelah Anda lulus. Magang merupakan kesempatan luar biasa untuk produktif dan memberi kontribusi besar terhadap CV Anda. Carilah tawaran magang, lowongan, ataupun skema karir yang berkaitan dengan cita-cita karir Anda. Jika masa liburan sampai dengan satu bulan, maka Anda bahkan dapat melakukan magang di dua tempat berbeda, dimana Anda dapat mempelajari keahlian yang bermanfaat.

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.