Informasi penting
Inggris: Berita Terbaru

Puasa Bulan Ramadhan di Luar Negeri

1800

Bulan Ramadhan telah tiba. Dengan waktu puasa yang lama dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, ibadah ini bisa mengkhawatirkan mereka yang menjalankannya. Walaupun masa berpuasa akan lebih sulit bagi mereka yang tinggal di luar negeri, ada berbagai cara perayaan bulan Ramadhan. Editor Hotcourses kami, Arooj Iqbal, berbagi beberapa poin manfaat.  

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penting bagi umat Islam. Puasa, sebagai salah satu bentuk ibadah utama agama Islam, dilakukan untuk meningkatkan kesabaran, kerendahan hati dan spiritual. Jika ingin mendapatkan hikmah yang terbesar dari pelaksanaan ibadah puasa Anda, ada baiknya untuk mengeteahui beberapa poin di bawah ini:

 

  • Ketahuilah Jadwal Puasa untuk tahun ini. Ini akan membantu Anda merencanakan rutinitas keseharian Anda pada bulan Ramadhan. Di Indonesia, banyak kantor dan sekolah yang mengizinkan para pekerja dan siswa untuk pulang cepat. Namun, berbeda halnya dengan di Inggris dan Amerika Serikat di mana jam kantor dan sekolah tidak akan berubah. Karena itu, untuk melancarkan puasa ada baiknya mengatur dan menyesuaikan kegiatan Anda di bulan Ramadhan.
     
  • Jagalah kesehatan Anda. Berpuasa dapat menyebabkan dehidrasi jika cara pelaksanaannya tidak diperhatikan dengan baik. Baca artikel ini mengenai berbagai penyakit umum saat berpuasa dan cara pencegahannya. NHS (Layanan Kesehatan Nasional Inggris) juga menyediakan nasihat dan bantuan bagi mereka yang berpuasa.
     
  • Lakukanlah amal baik. Ramadhan adalah bulan untuk melakukan amal kebailkan dan mendekatkan diri dengan Tuhan. Jika Anda tidak berpuasa, hormatilah mereka yang berpuasa dan berikan bantuan bagi yang membutuhkannya.  
     
  • Beritahu teman-teman Anda bahwa Anda sedang berpuasa. Puasa dapat menyebabkan Anda lemas karena rasa haus dan lapar. Pastikan teman-teman Anda, keluarga dan rekan kerja mengerti apa yang sedang Anda alami untuk menghindari kesalahpahamanan. Jika ada yang mempertanyakan maksud dari bulan Ramadhan, Anda bisa menunjukkan artikel ini kepada mereka.
     
  • Luangkan waktu untuk beristirahat pada siang hari. Melakukan kegiatan tanpa makan untuk 17 jam (menurut jadwal tahun 2011) tidaklah mudah. Ada baiknya Anda dapat beristirahat secara teratur dan jangan terlalu melelahkan diri di siang hari dengan tugas-tugas berat.
     
  • Lakukan kerja keras Anda setelah berbuka puasa. Karena Anda akan kembali berenergi setelah makan malam, lakukanlah tugas-tugas berat Anda di malam hari jika memungkinkan.
     
  • Melakukan perjalanan di bulan Ramadhan. Karena berwisata saat berpuasa dapat melelahkan, jika Anda sudah merencanakan perjalanan di bulan Ramadhan, ada baiknya untuk mengatur jadwal sesuai dengan waktu berpuasa. Di sini Anda bisa mendapatkan tips seputar berpergian di bulan Ramadhan.

 

Kita semua tahu bahwa menjalankan ibadah bulan Ramadhan jauh dari keluarga di luar negeri bisa terasa sepi dan sulit untuk dilewati. Di Inggris, ada banyak komunitas Islam dan masyarakat Indonesia yang mengadakan buka puasa bersama. Anda bisa menemukan kenalan baru dengan bergabung di pertemuan-pertemuan religius di daerah tempat tinggal Anda. Pada umumnya, tinggal di luar negeri dan  mengalami gaya hidup baru secara bersamaan bisa membingungkan. Untuk bantuan dan nasihat seputar Culture Shock, baca artikel Hotcourses di sini.

Jika Anda ingin memperluas wawasan tentang Ramadhan, warga Muslim Inggris menceritakan pengalaman bulan Ramadhan mereka di artikel ini.

Akhirnya, nantikan Idul Fitri dengan penuh semangat! Tentunya Anda ingin merayakan rasa kebanggaan Anda untuk semua amal kebaikan yang telah Anda capai selama bulan Ramadhan. Untuk pelaksanaan Shalat Ied dan perayaannya di Inggris, Anda bisa kunjungi masjid terdekat atau Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London.

Jika informasi ini memberi ketertarikan Anda terhadap Agama Islam, temukan berbagai cara Anda bisa mendalami pengatahuan ilmu tersebut melalui program-program yang tersedia di situs Hotcourses!

Untuk informasi seputar kehidupan di luar negeri atau pengalaman mahasiswa internasional di Inggris, silakan baca kumpulan artikel dan blog kami.

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.