Informasi penting
Inggris: Once you arrive

Tips Sehat Mahasiswa

1549

Sebagai mahasiswa internasional, Anda pasti perlu menyesuaikan diri dengan banyak hal baru yang jelas akan mempersibuk tahun pertama Anda. Disamping komitmen untuk kuliah, membuat teman baru, mencoba makanan baru dan hidup di lingkungan yang baru dapat menghabiskan banyak waktu Anda. Dengan banyak hal yang dipikirkan, akan mudah bagi Anda untuk melupakan kesehatan. Artikel kali ini, editor mahasiswa Hotcourses So Young Bae memberikan beberapa tips bagaimana Anda dapat menjaga kesehatan di antara kesibukan jadwal kuliah.

Banyak yang berpendapat bahwa badan yang sehat akan menghasilkan mental yang sehat. Karena itu, ada baiknya Anda memerhatikan kondisi fisik Anda untuk memastikan hasil yang maksimal saat belajar . Jika Anda kuliah di Inggris, ada banyak cara untuk menerapkan gaya hidup sehat:

Bergabunglah dengan klab olahraga di universitas Anda

Ada banyak universitas yang menawarkan program ekstrakurikuler olahraga diantara jadwal kelas, setelah kelas dan juga pada malam hari yang biasa disebut dengan ‘evening classes’. Mahasiswa dapat menemukan kelas-kelas seperti

  • Dansa
  • Yoga
  • Bela diri
  • Aerobik

Semua kelas dibimbing oleh instruktur professional dan menerima mahasiswa dari semua tingkat kebugaran jasmani. Biasanya Anda akan diberikan diskon harga dan beberapa juga dapat diikuti secara gratis jika Anda sudah terdaftar sebagai mahasiswa universitas tersebut. Olahraga semacam ini dapat melatih kefokusan, meningkatkan konsentrasi Anda saat belajar dan menawarkan kesempatan untuk membuat teman baru.

Anda juga akan menemukan banyak klab dan tim olahraga di universitas, dan bergabung dengan tim tentunya cara yang baik untuk bertemu dengan mahasiswa lain yang memiliki ketertarikan yang sama dengan Anda. Terdapat banyak turnamen antar universitas, jadi jika Anda memiliki karakter kompetitif, ini akan sangat cocok bagi Anda! Beberapa olahraga popular di kalangan mahasiswa – laki-laki dan perempuan – adalah:

  • Sebak bola
  • Rugby
  • Olahraga dayung
  • Lacrosse
  • Basket
  • Tenis

Ada banyak olahraga yang tersedia, jika ingin mencoba rock climbing, canoeing, berenang atau snowboarding, coba cari tahu saja apakah universitas Anda menyediakan fasilitas olahraga-olahraga tersebut. Kunjungan atlet luar negeri juga sering diadakan!

Untuk mencari tahu lebih lanjut tentang klab dan perkumpulan mahasiswa, silakan baca artikel ‘Extra – Curricular Options’.

Bergabung dengan klab fitness dan gym

Berolahraga secara teratur dapat membantu membangun sistem kekebalan tubuh. Saat Anda sibuk dengan tugas-tugas kuliah akan sulit untuk melanjutkan aktifitas olahraga. Namun jangan hilang harapan, ingatlah saat badan beraktifitas, darah akan terpompa ke semua bagian tubuh yang kemudian dapat meningkatkan kemampuan otak.

Menurut para pakar kesehatan, melakukan olahraga selama 30 menit sampai 1 jam secara teratur berpotensial untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menerima pelajaran.

Jika Anda sedang mencari gym atau klab fitness, silakan buka link-link di bawah ini.

The Gym menawarkan 15 fasilitas kebugaran di seluruh Inggris. Gym  mereka buka 24 jam setiap harinya dengan biaya keanggotaan yang cukup murah dibanding gym lainnya di Inggris.

The Great Outdoor Gym menawarkan berbagai gym luar ruangan yang diselenggarakan di taman-taman asri Inggris. Tentunya ini cara terbaik untuk menghirup udara segar, menikmati pemandangan alami dan berolahraga dengan fasilitas gym secara bersamaan. Gym ini dapat digunakan secara bebas biaya oleh semua.

Zumba Dance Classes adalah olahraga menari yang sedang banyak diminati di Inggris – yang dirancang untuk memberikan kesan 'asyik' dan 'seru; dalam berolahraga tanpa merasa bosan dengan fasilitas-fasilitas umum gym. Kelas-kelas zumba ini menawarkan atmosfir pesta di kelas dan tempat yang pantas untuk mengenal teman-teman baru.

Nutrisi

Ingat untuk merawat badan Anda seperti mesin yang berharga – yang tidak bisa berfungsi tanpa ‘bahan bakar’ yang sesuai. Suplemen makanan seperti Omega 3 dapat membantu menjaga kesehatan otak dan mengkonsumsi buah-buahan juga sumber terbaik untuk kekuatan dan serat. Untuk informasi lebih lanjut mengenai kesehatan makanan mahasiswa, silakan baca artikel ‘Brain Food’ oleh lifehack.org.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini tentunya Anda dapat tetap sehat saat belajar di universitas, tapi jika jatuh sakit, informasi tentang pelayanan kesehatan nasional bagi siswa di Inggris (NHS) tersedia di artikel: NHS services.

Untuk membaca pengalaman kesehatan pribadi siwa, bisa klik: "Seminggu dengan Cacar Air" oleh Nooraini Indrana

 

Jika Anda tertarik dengan kesehatan dan kebugaran, kenapa tidak mengikuti program kuliahnya? Klik link berikut ini untuk mendapatkan informasi tentang gelar Kesehatan dan Kedokteran atau Olahraga.

Untuk mencari program kuliah Kesehatan dan Kebugaran, klik di sini

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.