Informasi penting
Inggris: Akomodasi Pelajar

AKOMODASI DI INGGRIS

1504
Akomodasi dalam kampus
 
Asrama dalam kampus bisa saja berarti asrama yang terletak di dalam kampus ataupun asrama yang terletak di dekat kampus. Pengelola asrama bisa saja pihak universitas ataupun pihak swasta. Semua asrama di Inggris, baik yang dikelola oleh universitas maupun swasta telah diakreditasi untuk menjamin bahwa semua kamar memenuhi standar tempat tinggal.
 
Biasanya universitas-universitas di Inggris memprioritaskan akomodasi dalam kampus bagi para mahasiswa internasional yang mengambil perkuliahan tingkat sarjana tahun pertama yang mendaftar sebelum batas waktu tertentu. Kontral sewa biasanya berlaku selama 40 minggu (satu tahun akademis).
 
Akomodasi dalam kampus berupa kamar untuk seorang dengan  pilihan dengan atau tanpa layanan katering. Setiap asrama memiliki pilihan, fasilitas dan biaya sewa yang berbeda. Biaya sewa juga bisa berbeda tergantung negara asal Anda (Uni Eropa atau non-Uni Eropa).
 
Misalnya, mahasiswa non-Uni Eropa di University of Portsmouth akan mendapatkan akomodasi di dalam kampus, bila mereka telah mengumpulkan formulir penyewaan dan membayar £250 (US$415) sebelum batas akhir pendaftaran (biasanya di awal Agustus untuk semester pertama di tahun yang sama). Biaya sewa asrama biasanya sudah termasuk biaya listrik, air dan lain-lain, serta telah dilengkapi dengan perabotan.
 
Anda bisa mencari informasi mengenai akomodasi di situs UUK atau ANUK/Unipol.
 
 
Akomodasi di luar kampus
 
Kebanyakan universitas juga bekerjasama dengan agen-agen properti yang menyewakan akomodasi berupa apartemen atau rumah bagi para mahasiswa. Biasanya para mahasiswa tahun pertama yang tinggal di akomodasi dalam kampus sudah harus pindah ke akomodasi luar kampus mulai tahun kedua kuliah.
 
Misalnya University of Lincoln bekerjasama dengan Brayfort Court, yang menyediakan sebuah apartemen dengan 22 kamar. Setiap ruang apartemen dilengkapi dengan dapur dan ruang duduk untuk 3 hingga 6 orang. Untuk tahun akademis 2014-2015, biaya sewa berkisar antara £4290.24-£4,798.08 (US$ 7125-US$7969), ditambah dengan deposit £390 (US$648). Biaya sewa sudah termasuk biaya listrik, air dan internet.
 
Jika Anda ingin mencari akomodasi di luar kampus, sebaiknya Anda meminta bantuan dari International Office universitas Anda, atau bagian universitas yang bisa membantu mahasiswa mencari akomodasi. Mereka biasanya memiliki daftar penyewa properti terpercaya. Bila ada pemilik properti yang dikomplain oleh mahasiswa, maka pemilik properti tersebut akan dihapus dari daftar.
 
Jika Anda memilih akomodasi di luar kampus, pastikan Anda mencatat nomor telepon atau rincian kontak dari pemilik properti yang Anda sewa. Biasanya pemilik properti wajib memperbaiki barang yang rusak di properti mereka, misalnya pipa wastafel yang tersumbat, atau pendingin ruangan yang rusak. Jika terjadi keadaan seperti ini Anda perlu menghubungi mereka, jadi penting sekali bagi Anda untuk menyimpan nomor telepon mereka.
 
Sebelum menandatangani kontrak, pastikan Anda membaca dengan jelas, apa saja yang termasuk dan tidak termasuk dalam biaya sewa. Jika Anda merasa ragu, Anda bisa berkonsultasi dengan kantor di universitas Anda.
 
Akomodasi luar kampus yang tersedia adalah asrama swasta, flat, studio, atau apartemen.
 
Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi situs-situs di bawah ini:

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.