Informasi penting
Inggris: Kehidupan Pelajar - Wajib dibaca

Berwisata saat kuliah

1154

Banyak mahasiswa internasional memprioritaskan komitmen akademis mereka saat kuliah di luar negeri, tetapi bukan berarti mereka tidak bisa menikmati hal-hal diluar kegiatan belajar. Salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan pengalaman Anda di luar negeri ada untuk berwisata - struktur semester universitas dan liburan panjang memberikan Anda waktu yang cukup untuk menjelajahi negara tempat tinggal baru Anda dan untuk mengunjungi negara-negara tetangga. Jadi, meskipun Anda baru saja tiba di negara tujuan kuliah, janganlah terburu-buru menyimpan paspor Anda. Pada artikel ini editor Hong Kong kami, Judy Lam memberikan beberapa tips untuk mahasiswa saat berwisata berdasarkan pengalamannya.

Kuliah dan tinggal di luar negeri merupakan pengalaman berharga yang penuh dengan berbagai kemungkinan. Dibandingkan dengan kehidupan seorang dewasa, sebagai pelajar kalian tidak perlu terlalu memusingkan masalah keuangkan,karir atau komiten keluarga. Jadi inilah waktu yang tepat bagi Anda untuk memuaskan rasa ingin tahu dan menjalani hidup dengan aturan sendiri. Salah satu cara yang bagus untuk mewujudkan ini adalah untuk berwisata.

Ada banyak alasan untuk "jalan-jalan" saat kuliah:
• Melakukan perjalanan ke negara-negara tetangga tempat Anda kuliah akan lebih murah dibandingkan jika berangkat dari negara asal Anda.
• Anda akan bekerja non-stop setelah lulus, dan tidak akan memiliki waktu luang yang banyak.
• Menemukan keseimbangan untuk bersantai dan belajar akan memberikan efek positif bagi Anda.
• Yang paling penting, berwisata memperluas wawasan Anda dan memberi Anda pemahaman tentang dunia yang tidak dapat dipelajari dari buku.

Jika Anda belum pernah berwisata sebelumnya, atau khawatir dengan langkah pertama yang perlu dilakukan, ada banyak sumber yang dapat membantu merencanakan perjalanan Anda. STA Travel yang didirikan khusus untuk siswa dapat menawarkan saran, paket tur, akomodasi, penerbangan dan bahkan harga khusus bagi mahasiswa di bawah usia 26. Jika umur Anda diatas 26, maka ada banyak maskapai penerbangan yang menawarkan jasa penerbangan dengan harga murah, atau Anda juga bisa kunjungi lastminute.com, yang menawarkan banyak hal seputar berwisata.

Anda juga bisa belajar lebih banyak tentang tujuan wisata Anda dengan membaca buku panduan Lonely Planet atau Rough Guide.
Banyak sekali siswa yang gemar berwisata dan Anda dapat menemukan berbagai blog dan ulasan mereka secara online. Mungkin Anda akan terinspirasi untuk mulai merencanakan sebuah perjalanan!

Sebelum Anda mengemas koper dan bergegas ke luar pintu, Anda perlu:

1. Periksa paspor Anda, pastikan bahwa paspor Anda masih berlaku dan cari tahulah apakah diperlukannya visa untuk pergi ke tempat tujuan Anda.
2. Periksa nilai tukar mata uang, jika Anda menukar uang Anda ketika kurs rendah, Anda akan mendapatkan keuntungan lebih. Anda juga dapat menggunakan kartu kredit/debit, namun berbicaralah dengan seorang penasihat di bank Anda untuk memberitahukan mereka bahwa Anda akan pergi dan untuk mengetahui apakah ada biaya tambahan untuk penggunaan kartu di luar negeri. Ikuti link ini untuk nilai tukar mata uang terbaru .
3. Memiliki asuransi perjalanan; sebuah ide yang baik dan bijaksana. Tersedia berbagai jenis paket asuransi tergantung pada tempat tujuan dan aktivitas yang Anda rencanakan, contohnya liburan ski atau terjun payung akan lebih mahal dibandingkan dengan menghabiskan akhir pekan di daerah yang tenang!
4. Dapatkan vaksinasi; berkonsultasilah dengan dokter untuk mengetahui apakah Anda membutuhkan vaksinasi sebelum bepergian. Mereka juga dapat menyarankan Anda pertimbangan medis lainnya yang harus Anda dapatkan. Untuk info lebih lanjut tentang pendaftaran dengan dokter GP atau mengenai pelayanan medis, klik di sini.
5. Tanyakan teman-teman Anda apakah mereka ingin pergi dengan Anda. Banyaknya paket yang tersedia berarti semakin banyak orang yang pergi berlibur, penawaran akan lebih murah. Kelebihan lainnya untuk bepergian dengan teman adalah mereka dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah dan yang pasti berbagi waktu yang menyenangkan dengan Anda!
6. Cari informasi sebanyaknya seputar tempat tujuan wisata Anda. Cari tahulan tempat-tempat yang telah direkomendasikan, bagaimana dan di mana layanan transportasi beroperasi, tempat akomodasi dan restoran mana yang ingin Anda kunjungi. Mencari tahu terlebih dahulu tentang petualangan Anda tidak hanya untuk mempersiapkan diri tapi akan membangun semangat juga!
7. Periksa ramalan cuaca; pastikan Anda bepergian selama musim yang tepat untuk tujuan yang Anda pilih. Pastinya Anda tidak akan ingin turun dari pesawat dengan sandal, dan ternyata di luar turun salju!
8. Beritahu teman dan keluarga agar mereka tahu di mana keberadaan Anda saat ingin menghubungi Anda dan juga untuk keamanan Anda sendiri. Anda juga harus mengabarkan institusi Anda, kadang-kadang penerbangan pulang dapat terganggu karena kondisi cuaca, pembatalan penerbangan, serangan teroris atau bahkan letusan gunung berapi. Pastikan Anda terus berhubungan dengan universitas Anda jika mengalami peristiwa-peristiwa tersebut.

Saran terpenting yang dapat kita berikan adalah untuk beranikan diri dan nikmatilah liburan Anda! Kuliah di luar negeri dapat membuka pintu menuju petualangan pribadi maupun dedikasi akademik, jadi jangan takut untuk berjelajah dan mengumpulkan cap-cap untuk paspor Anda!

 

Link berguna

Cari tahu informasi mengenai universitas, program kuliah dan kehidupan di Inggris melalui halaman Inggris Hotcourses

 

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.