Informasi penting
Inggris: Info Jurusan

Info Program Kuliah: Sastra Inggris

732

Sastra Inggris adalah program kuliah yang digemari kalangan mahasiswa. Selain membaca berbagai jenis tulisan, mahasiswa program ini juga akan dilatih untuk membentuk argumen mereka sendiri dan berpikir secara kritis terhadap konteks sosial maupun sejarah yang dibahas sebuah buku. Dalam artikel ini, Lilya, editor mahasiswa Rusia kami, memberikan informasi mengenai program ini.  

Sastra Inggris adalah program kuliah yang sesuai bagi Anda jika tidak dapat terlalu lama jauh dari buku bacaan dan mencari pendidikan yang mengoptimalkan cara berpikir kreatif. Pada tingkat S1, program ini mempersiapkan Anda untuk membentuk argumen, secara lisan dan tertulis, dan untuk memahami bagaimana para penulis bekerja dalam dan terhadap tradisi kesusastraan.

Pada umumnya, Sastra Inggris tidak semudah yang dipikirkan para calon mahasiswanya. Anda perlu melahap banyak bacaan untuk mempersiapkan diri menghadapi kelas-kelas Anda, meski bacaan tersebut tidak Anda minati. Inilah perbedaan di antara membaca untuk kesenangan pribadi dan membaca untuk tujuan akademis.

Informasi program kuliah

Diperlukan 3-4 tahun untuk mendapat gelar S1 dari universitas Inggris dan 1 tahun (2 tahun paruh waktu) untuk tingkat Master. Anda akan terbiasa dengan membaca karya sastra dari berbagai zaman dan jenis selama program berlangsung.

S1 Sastra Inggris akan memberikan Anda pemahaman mendalam mengenai sebuah bacaan, yang tentunya akan berguna bagi ketertarikan Anda. Esai, seminar dan kelas ceramah akan diadakan oleh para sastrawan yang telah banyak menerbitkan karya tulis.

Pada tahap akhir program, Anda akan diminta untuk menulis sebuah karya ilmiah (disertasi) – ini adalah kesempatan besar untuk melatih kemampuan menulis dalam bidang ketertarikan Anda.

Terkadang lebih baik memilih topik disertasi yang sebelumnya sudah dibicarakan di kelas karena secara tidak langsung kita sudah dapat petunjuk. Saya sendiri memilih Virgina Woolf karena sangat mengagumi nya. Tetapi, sebenarnya topik ini cukup menantang karena kita tidak membahasnya terlalu banyak di kelas.”
Sudarsana Sinha, Master Sastra Inggris di Universitas Royal Holloway London

Melalui disertasi, Anda dapat memilih topik sendiri dan diharapkan untuk mengerjakannya secara independen. Seperti ilmu sains, Sastra Inggris memberikan Anda keleluasaan untuk meneliti sebuah permasalahan berukuran kecil dan menjadi ahli dalam pemahaman dan berpikir kritis.

Mata kuliah Sastra Inggris

Di tahun pertama, mahasiswa S1 akan mengambil satu paket mata kuliah wajib, dirancang untuk menyediakan pandangan luas berbagai jenis dan zaman tradisi sastra. Pada tahun ke dua, Anda diperbolehkan untuk memilih mata kuliah, ini mengizinkan Anda untuk benar-benar menyesuaikan program kuliah dengan minat dan ketertarikan pribadi. Lihat daftar di bawah ini untuk beberapa contoh topik yang dapat Anda pelajari:

  • Sastra klasik
  • Puisi
  • Sastra feminis
  • Politik
  • Antropologi dan filsafat

Tingkat pascasarjana

Pada umumnya, tiap universitas memiliki lembaga khusus, seperti Universitas Roehampton yang berperan sebagai tuan rumah National Centre for Research in Children’s Literature (Pusat Nasional Penelitian Sastra Anak).  Jika tertarik dengan sebuah bidang khusus Sastra Inggris, ada baiknya Anda mencari tahu program kuliah mana yang menyediakan materi yang Anda harapkan.

Temukan daftar bidang spesifik dan program S2 lainnya yang terkait dengan mengikuti link-link tersebut.

Peluang Karir

Sejumlah pilihan karir utama bagi sarjana Sastra Inggris adalah percetakan, jurnalisme dan pendidikan. Lulusan progam ini memiliki keunggulan dalam dunia perusahaan untuk pemikiran mereka yang independen, kemampuan menyampaikan informasi dengan cara yang mudah dipahami dan logis, dan juga untuk kepandaian mereka sebagai penulis orisinal.

Untuk informasi lebih lanjut seputar peluang karir, silakan baca artikel ‘Ten things you can do with your English degree’ (Sepuluh hal yang dapat dilakukan dengan gelar Sastra Inggris Anda).

Kuliah di mana?

Sejumlah universitas unggulan yang menawarkan program kuliah Sastra Inggris berkualitas:

- Aston University, Inggris
- Macquarie University, Australia
- TAFE South Australia, Australia
- St Cloud State University, Amerika
- University of Northern Iowa, Amerika

Mencari program kuliah

Temukan program Sastra Inggris yang sesuai melalui alat pencari program kuliah Hotcourses.

Dapatkan informasi universitas terbaik untuk bidang seni dan humaniora melalui tabel peringkat universitas.

Mencari jurusan

Inggris
Sarjana
TENTANG PENULIS

Лилия приехала из Москвы на учебу в Лондон. Окончила Royal Holloway, University of London и сейчас работает в Pearson Education.

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

Coba lihat...