Informasi penting
Inggris: Info Jurusan

Info Program Kuliah: Arsitektur

15886

Sepanjang sejarah, perabadan manusia ditelaah melalui bangunan-bangunan peninggalan mereka. Dari piramida Mesir, hingga Machu Picchu dan bangunan pencakar langit di kota-kota megapolitan kita; perkotaan dan infrastruktur telah berfungsi sebagai barometer bagi kesuksesan yang telah diraih suatu masyarakat. Dalam artikel Hotcourses kali ini, editor mahasiswa kami, Nooraini, memberikan informasi mengenai program arsitektur dan bagaimana bidang tersebut dapat mempersiapkan Anda sebuah kehidupan karir yang gemilang.

Bidang arsitektur mencakup kesenian dan sains. Program kuliah dalam bidang ini akan memfasilitasi mahasiswa untuk mengubah kreatifitas mereka menjadi bangunan-bangunan nyata. Transformasi dari sebuah ide yang canggih ke suatu struktur nyata inilah yang merupakan daya tarik bidang ini. Mahasiswa juga akan belajar untuk menghargai tata ruang interior dan lanskap suatu lingkungan, yang akan mempengarui penduduk daerah tersebut.

Berapa lama programnya?

Durasi program akan tergantung pada negara tujuan Anda. Sama seperti profesi berketerampilan tinggi lainnya, meraih karir dalam bidang ini tidak mudah. Untuk dapat mendaftarkan diri sebagai seorang arsitek profesional, mahasiswa tamatan S1 dan kemudian S2/S3 akan perlu mengambil kualifikasi penting lainya dan memiliki pengalaman bekerja di kantor arsitek.

Berikut ini adalah durasi umum untuk gelar sarjana dalam arsitektur dan bidang terkait lainnya:
Australia: 3 – 4 tahun
Amerika Serikat: 4 – 5 tahun
Belanda: 4 tahun
Inggris: 3 – 4 tahun
Irlandia: 4 – 5 tahun
Malaysia: 3 – 4 tahun
Selandia Baru: 3 tahun
Singapura: 4 tahun
Swedia: 3 tahun

Apa yang akan saya pelajari?

Beberapa dari mata kuliah wajib pada tingkat Sarjana adalah:

  • Komunikasi grafis
  • Menggambar manual
  • Membuat model CAD dan fisik

Sebagai mahasiswa arsitektur, ruang lingkup pembelajaran bukan sekedar mengenai bangunan dan infrastruktur. Pengetahuan dasar dalam sosiologi, hingga isu seputar politik dan ekonomi juga berhubungan dengan praktek arsitektur. Aspek lain seperti pengetahuan dan lingkungan akan meningkatkan keterampilan pertanggungan jawab dalam menyediakan konsep berkelanjutan yang dapat berintegerasi dengan lingkungan sekitarnya.

Apa struktur program ini? 

Metode pembelajaran mahasiswa bidang arsitektur adalah melalui perkuliahan di kelas, tutorial, dan lokakarya praktek dengan kelompok kerja, presentasi dan tugas untuk penilaian. Mahasiswa perlu aktif dan berkomitmen dalam penanganan tugas kuliah, yang dapat berupa merancang survei, membangun model skala dan melakukan wawancara untuk menerima masukan masyarakat mengenai sebuah proyek.

Arsitektur adalah bidang yang luas, mahasiswa akan mempunyai kesempatan untuk mengembangkan area penelitian mereka untuk berbagai topik, seperti:

  • Sejarah dan filosofi arsitektur
  • Konservasi dan Pembangunan komunitas
  • Rancangan berkelanjutan
  • Pembangunan lanskap ekonomis
  • Rancangan urban dan transportasi

Persyaratan masuk

Persyaratan masuk berbeda menurut masing-masing universitas. Ada baiknya mahasiswa menghubungi universitas pilihan mereka di negara tujuan untuk informasi mengenai hal ini.

Jika Anda adalah mahasiswa internasional, Anda perlu memberikan bukti kemahiran Anda berbahasa Inggris dengan nilai IELTS atau TOEFL. Kebanyakan universitas umumnya mengharapkan nilai IELTS setidaknya 6.0 dan 550 untuk tes TOEFL berbasis kertas.

Sejumlah universitas juga akan menanyakan mahasiswa untuk menyerahkan portfolio tugas-tugas mereka sebelumnya. Para dosen akan melihat  ketertarikan, pengalaman dan kemampuan Anda dalam bidang ini. Pada kesempatan wawancara, mahasiswa dapat menggunakan waktu tersebut untuk menjelaskan lebih lanjut latar belakang portfolio dan alasan mereka memiliki ambisi dalam bidang arsitektur.

Pilihan karir

Contoh karir yang dapat diraih mahasiswa arsitektur adalah:

  • Jurnalis arsitektur
  • Direktur kesenian
  • Insinyur
  • Perancang industrial
  • Arsitek lanskap
  • Surveyor

Kuliah di mana?

Sejumlah universitas unggulan yang menawarkan program kuliah Arsitektur berkualitas:

- University of Oregon, Amerika Serikat
- TAFE South Australia, Australia
- Bournemouth University, Inggris
- Sunway University, Malaysia
- Lasalle College of Arts, Singapura

Links berguna dan bacaan terkait

- Cari program kuliah Arsitektur, Bangunan dan Perencanaan
- Mencari tahu lebih lanjut tentang IELTS dan TOEFL
- Membandingkan biaya kuliah di 6 negara
- Cari beasiswa arsitektur luar negeri
 

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

Coba lihat...