Informasi penting
Inggris: Info Jurusan

Info Program Kuliah: Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan

41237

Ilmu Sains mulai muncul sebagai salah satu jurusan terpopuler di kalangan mahasiswa dari Indonesia, dengan banyaknya pilihan program kuliah yang tersedia dan bebagai jalur karir yang terbuka bagi lulusan dari bidang ini. Kuliah di luar negeri juga merupakan kesempatan besar untuk berada di garis depan penelitian-penelitian ilmiah. Pada artikel ini, Editor mahasiswa Hotcourses Indonesia Nooraini Indrana, memberikan beberapa rincian mengenai jurusan Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan.

Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan - apa bedanya? Ilmu Pengetahuan Murni berfokus kepada teori yang ditujukan untuk menemukan pengetahuan baru. Misalnya, penelitian mata manusia. Sedangkan Ilmu Pengetahuan Terapan menempatkan teori-teori ke dalam praktek dengan tujuan mencari solusi dari sebuah masalah. Contohnya ketika diketahui bahwa mata dapat bermasalah, para ilmuwan berhasil menemukan kacamata. Melalui Ilmu Pengetahuan Terapan ini kita mendapatkan berbagai produk dan layanan baru, tetapi perkembangan ini berawal mula dari kemajuan dalam Ilmu Pengetahuan Murni.

Mengapa belajar Sains di luar negeri?

Semakin banyak siswa dari Indonesia yang memilih untuk melanjutkan kuliah mereka di luar negeri – institusi pendidikan internasional memang dapat membawa banyak manfaat dan pengalaman tak terduga untuk pendidikan Anda. Berikut adalah beberapa insentif utama untuk belajar di luar negeri:

• Memperoleh pengetahuan dan pengalaman budaya yang tidak dapat ditemukan di universitas-universitas Indonesia.

• Universitas Amerika dan Eropa secara luas dikenal untuk peran utama mereka dalam penelitian ilmiah, seperti yang ditunjukkan oleh Peringkat Universitas Dunia QS menurut Jurusan. (Untuk universitas di Inggris, kunjungi Peringkat Jurusan Universitas Dunia 2011 di Inggris oleh Times)

• Eropa dan Amerika Serikat adalah benua-benua asal dari banyak ilmuwan terkenal  dalam bidang Biologi, Kimia, Fisika, Kedokteran dan lainnya.

• Pemerintah Amerika dan Eropa sering kali dipuji atas keputusan mereka untuk memiliki anggaran tinggi bagi penelitian ilmiah mereka. Meskipun resesi telah menunjukkan waktu yang sulit bagi pemerintah Amerika dan Eropa, masih banyak yang berpendapat bahwa mempertahankan dana penelitian sangat penting bagi kesejahteraan ekonomi di masa yang akan datang.

Jenis program

Bagi yang tertarik belajar Sains, ada berbagai jenis program yang bisa diambil, namun bagaimanapun, pada umumnya persyaratan masuk bidang ini cukup sulit. Dari situs Hotcourses Anda dapat menemukan program spesifik Ilmu Murni dan Terapan dari program persiapan S1, kelas kejuruangelar sarjana sampai pascasarjana.

Apapun jenjang pendidikan Anda dan program yang Anda pilih, Anda akan perlu melakukan dan membiasakan diri dengan pemikiran ilmiah disiplin disamping dengan metode observasi, eksperimen dan pencatatan.

Biaya

Jurusan Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan selain kaya akan pilihan program juga bervariasi dalam biaya. Misalnya, sarjana / mahasiswa S1 kedokteran perlu 5 tahun untuk menyelesaikan kuliah mereka mereka, sedangkan mahasiswa teknik dapat tamat dalam 3 tahun. Penting untuk dicatat bahwa karena program sains sering mengharuskan mahasiswa untuk menggunakan teknologi mutakhir fasilitas laboratorium universitas (juga yang pastinya mahal), biaya jauh lebih tinggi dibandingkan dengan bidang kuliah lain. Untuk mahasiswa internasional di Inggris, biaya kuliah untuk Ilmu Pengetahuan Murni dan Terapan dapat berkisar dari £ 12,500 (arsitektur) sampai £ 20,500 (kedokteran gigi). Ada baiknya untuk selalu mengunjungi situs institusi yang Anda pilih untuk rincian biaya kuliah mereka.

Contoh pekerjaan Sains Murni dan Terapan

Tergantung pada program yang diambil mahasiswa, mereka dapat mengejar karir di bidang-bidang berikut:
- Ahli Lingkungan
- Arsitek
- Apoteker
- Dokter Medis
- Dokter Gigi
- Dokter Hewan
- Fisioterapis
- Insinyur
- Pakar Astronomi
- Pakar Biologi
- Pakar Geologi
- Pakar Komputer
- Pakar Matematika

Kuliah di mana?

Sejumlah universitas unggulan yang menawarkan program kuliah Ilmu Pengetahuan Terapan dan Murni berkualitas:

 

Link berguna

Cari tahu informasi mengenai universitas, program kuliah dan kehidupan di AustraliaAmerikaInggrisBelandaSwediaIrlandiaSingapuraMalaysia dan Selandia Baru

Nooraini Indrana berasal dari Indonesia dan saat ini sedang belajar Hubungan Internasional di London. Untuk membaca kumpulan tulisannya, silahkan ke zona blog Indonesia.

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.

Coba lihat...