Informasi penting
Inggris: Pendaftaran Universitas

Andrea Hirata ~ Lulusan Sheffield Hallam University yang menjadi penulis novel terlaris di Indonesia

1398

Siapa tidak mengenal Andrea Hirata, penulis novel terlaris di Indonesia – Laskar Pelangi yang telah mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional dan telah menerima berbagai penghargaan berkaliber dunia.

 

 

Seperti apa latar pendidikan beliau? Bagaimana pengalaman kuliah ke luar negeri membantu beliau menghasilkan hasil karya yang disukai tidak hanya di Indonesia, tetapi juga menjadi inspirasi bagi banyak pembaca di 130 mancanegara? Berikut adalah wawancara dengan Andrea Hirata – Lulusan angkatan 2002 dari Sheffield Hallam University Inggris...

 

Dari mana asal mula Laskar Pelangi?

 

Sejak dulu saya telah berminat menulis cerita fiksi, dan ide-ide yang saya miliki telah diperkaya oleh berbagai mata kuliah yang saya ambil, seperti international economics dan corporate culture.

 

Saya lulus dari Sheffield Hallam University dengan gelar MSc in International Business pada tahun 2002, dan kemudian saya bekerja di perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia sebagai analis keuangan.

 

Pada tahun 2005, saya mulai menulis novel, yaitu Laskar Pelangi.

 

 

Apa kesibukan Anda saat ini


Sekarang saya sedang mengerjakan novel baru saya, dan saya juga sedang membangun museum sastra pertama di Indonesia. Kami memberinya nama Museum Kata (Words Museum) dengan harapan untuk meningkatkan minat membaca dan sastra bangsa.

 

(Museum sastra pertama dan satu-satunya di Indonesia ini didirikan tahun 2010 dan juga menyediakan sekolah gratis bagi anak-anak kurang beruntung yang tinggal di sekitar museum).

 

 

Saya sangat senang dan menikmati waktu saya bekerja dengan para editor dan penerjemah. Saya rasa apa yang membawa saya hingga ke jalan hari ini adalah tidak pernah berhenti belajar, dan passion saya terhadap menulis/mengarang. Saya mempunyai cita-cita yang belum kesampaian, yaitu menjadi penulis pertama Indonesia yang memenangkan Penghargaan Nobel untuk kategori sastra.

 

 

Apakah pendidikan atau masa kuliah di Sheffield Hallam mempengaruhi karir Anda?


Ya, pendidikan yang saya dapatkan dari Sheffield Hallam memberikan kontribusi yang sangat signifikan terhadap profesi saya saat ini! Dengan berkuliah di Sheffield, saya dapat memperluas wawasan, pengetahuan dan mempelajari berbagai skill penting, terutama metodologi riset yang sering diterapkan dalam proses penulisan kreatif saya. Saya belajar banyak dari mata kuliah corporate culture, yang sering saya aplikasikan sewaktu menulis, ataupun sewaktu melakukan riset kebudayaan.

 

(Seperti apa sih Kota Sheffield itu? Penasaran? Baca di sini.)

 

Salah satu pengalaman yang paling seru dan berharga sewaktu kuliah di Sheffield Hallam adalah kesempatan untuk mengunjungi, kemudian belajar dan bekerja di perusahaan kecil di Midlands. Hal ini memberikan saya inspirasi untuk menerapkan apa yang saya pelajari di ruang kuliah ke dunia riil.

 

 

Apakah ada yang ingin Anda sampaikan kepada para lulusan yang ingin mengikuti jejak Anda?
 

Saran saya adalah harus terbuka terhadap setiap kemungkinan, dan selalu ingat bahwa kita sudah sangat beruntung mendapatkan pendidikan yang berkualitas di Sheffiel Hallam University – dan sekarang saatnya untuk berkarya!

 

 

 

 

 

Editor’s Note:

 

Andrea Hirata mengawali pengalaman kuliah ke luar negeri dengan mendapatkan beasiswa International Writing Program (IWP) dari University of Iowa, Amerika. Beliau adalah seorang yang tidak pernah berhenti belajar. Lulus tahun 2002 dari Sheffield Hallam University Inggris, pada tahun 2015, beliau menerima gelar honorary doctorate degree of literature dari University of Warwick, Inggris.

 

 

 

Saat ini, bersama Pemenang Nobel Nadine Gordimer dan Orhan Pamuk, Andrea Hirata juga telah berkolaborasi dengan penulis-penulis internasional lain seperti Matteo Pericoli untuk buku baru Windows On The World Project, 50 Writers, 50 Views.

 

Selain itu, Andrea Hirata juga sedang mengerjakan Der Traumer, novel terbaru dari beliau yang dipublikasikan oleh Hanser Berlin, Jerman. Novel ini juga diterbitkan dalam versi Bahasa Inggris dengan judul “The Dreamer” dan akan segera ditemui di toko buku di berbagai belahan dunia.

 

Ikuti berita dan hasil karya terbaru Andrea Hirata di http://www.andrea-hirata.com. Kamu juga bisa follow Twitter (@andreahirata) dan Instagram (@hirataandrea).

 

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.