Informasi penting
Inggris: Pendaftaran Universitas

Keputusan Besar

376

Memilih universitas atau kolese mana untuk belajar di Inggris merupakan keputusan besar yang dapat mempengaruhi pengalaman kuliah dan pilihan karir Anda setelah lulus. Walau demikian pengambilan keputusan ini tidak sesulit yang dibayangkan.

Buku-buku prospektus yang tebal sudah tidak lagi digunakan sesering dulu - seluruh material sekarang tersedia secara online untuk membantu Anda menyaring pro dan kontra dari setiap program dan kampus.

Langkah Pertama
Sementara informasi dari prospektus universitas dan kolese masih menjadi pilihan utama untuk sebagian siswa, pencarian awal yang terbaik adalah untuk memulai dari sumber-sumber umum yang dapat membantu Anda membandingkan institusi-institusi secara sekilas.

Langkah pertama adalah untuk menentukan program apa yang ingin Anda ambil. Hal ini tentu saja akan langsung menyaring hasil pencarian institusi Anda. Pastikan Anda ketahui setiap keperluan dari program yang Anda cari - informasi lebih lanjut pada umumnya tersedia secara online melalui situs institusi.

Yang diprioritaskan
Ketika memilih institusi mana sebagai tempat belajar Anda, buatlah daftar prioritas utama Anda terlebih dahulu. Sebagai contoh, jika Anda ingin instistusi yang berlokasi di pusat kota atau dekat dengan kota metropolitan, tidak ada gunanya mencari institusi yang menawarkan kampus atau asrama dengan jendela yang berhadapan dengan pantai. Untuk setiap institusi, ada baiknya Anda ketahui lokasi, fasilitas dan segi akademisnya apakah pantas dengan kebutuhan Anda.

Situs perbandingan Universitas dan sumber alternatif lainnya sangat berguna pada tahap ini. Lihatlah ulasan-ulasan oleh siswa yang menawarkan pandangan yang jujur dan lebih informal. Beberapa universitas bahkan telah bergabung dengan Facebook, YouTube dan Twitter, sehingga Anda dapat membuat teman-teman baru dan chatting dengan mereka sebelum Anda tiba di universitas tersebut.

Kunjungilah Instititusi tersebut
Pada akhir dari proses ini, sebaiknya Anda kunjungi institusi yang Anda minati untuk dapat meninjau sendiri. Jika ini tidak memungkinkan karena Anda masih di Indonesia, bicaralah dengan alumni atau teman Anda yang berada di Inggris dan tanyalah pendapat mereka. Jika Anda melakukan pencarian
informasi secara menyeluruh, pastinya Anda tidak akan mengalami kejutan-kejutan yang tidak diinginkan setelah menjadi siswa institusi tersebut.

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.