Informasi penting
Inggris: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

Cara mendaftar ke program sarjana di Inggris

12430
Untuk bisa mendaftar program sarjana di Inggris, Anda harus telah menamatkan sekolah menengah terlebih dahulu. Selain itu, Anda juga harus membuktikan bahwa kemampuan berbahasa Inggris Anda memenuhi syarat untuk kuliah di Inggris.
 
Sertifikat Sekolah Menengah / Diploma 
Para mahasiswa internasional harus menyelesaikan 12 tahun pendidikan termasuk pendidikan menengah pertama dan pendidikan menengah atas sebelum mendaftar ke universitas di Inggris.
 
Kelancaran berbahasa Inggris
Untuk mahasiswa internasional yang tidak berbahasa Inggris sebagai bahasa utama harus memiliki Sertifikat IELTS (International English Language Testing System).
 
Biasanya diperlukan nilai minimal 4.0 hingga 5.0 untuk program fondasi, 5.5 untuk 6.0 untuk program sarjana dan 6.5 atau 7.0 untuk program pascasarjana. Beberapa universitas juga menerima Sertifikat TOEFL.
 
 
Status Imigrasi
Sebagai mahasiswa internasional, Anda akan diminta untuk memiliki visa pelajar Tier 4 (General) untuk kuliah di Inggris. Untuk mendapatkan visa diperlukan dokumen yang bisa membuktikan kelancaran berbahasa Inggris serta kemampuan finansial. Selain itu juga diperlukan surat penerimaan dari universitas di Inggris yang terdaftar di Highly Trusted Sponsors. Anda bisa mengecek universitas mana saja yang termasuk dalam daftar Highly Trusted Sponsors di  situs UK Border Agency.
 
Proses aplikasi sarjana 
Aplikasi sarjana untuk program gelar penuh waktu diproses oleh UCAS, organisasi pusat Inggris yang mengurus pendaftaran untuk pendidikan sarjana.
 
Anda sudah harus mulai mendaftar sejak 12 hingga 18 bulan sebelum perkuliahan Anda dimulai. Periksalah apakah Anda memenuhi persyaratan minimum untuk penerimaan untuk jurusan yang Anda pilih.
 
Sebelum mendaftar ke program sarjana, Anda mungkin bisa mempertimbangkan program fondasi atau jalur menuju program sarjana, yang akan membantu meningkatkan kelancaran berbahasa Inggris Anda.
 
Sistem UCAS memungkinkan Anda untuk mendaftarkan diri secara online melalui situs mereka. Ada banyak keuntungan dari mendaftar melalui sistem UCAS, yaitu Anda bisa memonitor perkembangan pendaftaran Anda dan sejauh mana pendaftaran Anda telah diproses.
 
Untuk mendaftar melalui UCAS, Anda perlu menyediakan data-data sebagai berikut::
  • Data-data pribadi
  • Data keuangan: bagaimana Anda mendanai kuliah Anda
  • Jurusan-jurusan yang Anda pilih: Anda bisa memilih lebih dari 5 jurusan (kecuali untuk area kedokteran, kedokteran gigim dan ilmu kedokteran hewan dimana Anda hanya diijinkan untuk memilih 4 jurusan).
  • Pendidikan terakhir
  • Pengalaman kerja
  • Pernyataan pribadi: Anda perlu memberikan alasan untuk jurusan-jurusan yang Anda pilih
  • Referensi akademis:bisa ditulis oleh guru Anda.
  • Deklarasi Final
 
Anda bisa mulai mendaftar di UCAS mulai bulan September setahun sebelum perkuliahan Anda dimulai. Pendaftaran Anda sudah harus lengkap di bulan Januari. Untuk program di jurusan kedokteran, kedokteran gigi dan kedokteran hewan, serta pendaftaran untuk Universitas Cambridge dan Oxford, pendaftaran harus dilengkapi di bulan Oktober. UCAS akan mengirimkan pendaftaran Anda ke institusi yang terkait yang akan memberitahukan Anda mengenai status pendaftaran Anda.
 
Berapa biayanya?
Jika Anda mendaftar untuk lebih dari satu jurusan, Anda akan dikenakan biaya £23 GBP. Jika Anda mendaftar untuk satu jurusan, Anda akan dikenakan  £12 GBP (untuk pendaftaran tahun 2013).
 

 

 

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.