Informasi penting
Inggris: Pendaftaran Universitas

Cara menguasai bahasa Inggris

Oleh
3986

Belajar bahasa asing tidak mudah, tetapi ada banyak cara untuk dapat meningkatkan keterampilan Anda berbahasa Inggris dan untuk beradaptasi dengan kehidupan di Inggris. Editor Hotcourses kami, Judy Lam, memberikan Anda tips cara menguasai bahasa baru...
 

1. Gunakan semua kesempatan untuk belajar
Jika sedang berbelanja di supermarket, misalnya, perhatikan nama-nama barang yang dijual, lalu cobalah untuk membacanya. Pada umumnya supermarket di Inggris cukup besar dan menyediakan berbagai macam produk. Anda dapat belajar mengenal nama-nama sayuran, buah-buahan, cemilan kesukaan dan masih banyak lagi. Mungkin terdengar aneh, tetapi cara kecil ini dapat meningkatkan kosakata Anda.

2. Temukan atmosfir Inggris
Ketika sedang menyantap makanan di pub atau restoran, coba pelajari kata-kata baru di menu dan rasakan sedikit budaya Inggris. Anda akan menemukan beberapa nama makanan baru, seperti Sunday Roast, fry-up, mixed grill dan English tea. Jangan malu untuk bertanya kepada orang lokal jika ada yang tidak Anda mengerti. Pengetahuan dan pemahaman seputar kehidupan sehari-hari bukanlah pelajaran yang Anda dapatkan dari kelas atau buku. Penting untuk Anda hadapi sendiri.

3. Kantongi kamus kecil
Melatih dengan kamus – kemampuan untuk menggunakan sumber ini secara cepat dan efisien sangat bermanfaat. Membawa kamus kecil kemana-mana juga ide yang baik. Dengan ini Anda dapat menge-cek ulang kata-kata sulit yang meragukan.

Saat belajar kata-kata baru, coba gabungkan mereka dengan kata-kata yang memiliki kemiripan arti yang sudah Anda ketahui dalam bahasa Inggris, bukan bahasa Indonesia. Misalnya, difficult = not easy, delayed = late, delicious = tasty dan sebagainya. Dalam waktu yang singkat Anda akan sadar bahwa kosakata bahasa Inggris Anda meningkat dan Anda dapat mengekspresikan diri secara lebih bebas.

4. Dapatkan dukungan bahasa jika Anda kesulitan
Kebanyakan sekolah dan universitas di Inggris menyediakan kelas khusu untuk membantu mahasiswa internasional dalam berbahasa Inggris. Kelas-kelas ini dikenal dengan EFL (English as a Foreign Language). Kelas ini merupakan kursus bahasa Inggris tambahan yang merangkap pengetahuan dasar cara menulis akademik dan sebuah esai. Selain itu, Anda juga akan belajar untuk berbicara, yang memberikan Anda kesadaran untuk memiliki tatabahasa yang baik.

Jangan lupa bahwa dukungan bahasa adalah cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan Anda berbahasa Inggris, tetapi juga sebagai kesempatan baik untuk berkenalan dengan teman baru. Kelas dukungan bahasa Inggris dan EFL pada umumnya gratis biaya. Namun ada baiknya untuk menghubungi staf institusi pendidikan Anda terlebih dahulu.


Jangan takut untuk melibatkan diri Anda dalam percakapan, apa lagi berbuat kesalahan – ini adalah cara terbaik untuk belajar sesuatu yang baru!
 

Baca lebih banyak seputar Bahasa Inggris...

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.