Informasi penting
Inggris: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

IELTS - Tes Kemahiran Berbahasa Inggris

12977

Jika ingin belajar di negara berbahasa Inggris, Anda perlu membuktikan kemampuan dalam memahami dan berkomunikasi dengan bahasa Inggris sebelum memulai kuliah. Hotcourses sadar akan kepentingan tes IELTS dan TOEFL, dan kali ini memberitakan semua informasi yang perlu Anda ketahui...

Ada banyak institusi yang mengisyaratkan Anda untuk membuktikan tingkat kompetensi tertentu dalam berbahasa Inggris, dan tes IELTS atau TOEFL adalah cara untuk menunjukkan kemahiran Anda. IELTS dan TOEFL adalah tes yang diakui secara global untuk menguji kemampuan Anda berbahasa Inggris.

Apa itu IELTS?
IELTS adalah sebuah tes kemahiran bahasa Inggris yang membuktikan Anda memiliki standar tertentu dalam bahasa Inggris, baik untuk tujuan bekerja atau belajar. Tes ini mengkaji seluruh empat keterampilan bahasa: mendengarkan, membaca, berbicara dan menulis.

Siapa yang mengakui IELTS?
Institusi-institusi pendidikan di Inggris, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Hong Kong, Irlandia, Afrika Selatan dan sejumlah badan profesional di seluruh dunia termasuk Dinas Imigrasi Selandia Baru dan Dewan Medis Inggris. IELTS diterima oleh lebih dari 6.000 organisasi di seluruh dunia.

Siapa yang menjamin kualitas tes IELTS?
IELTS dikelola bersama oleh British Council, IDP: IELTS Australia dan Cambridge ESOL, yang memastikan bahwa tes tersebut berlaku untuk semua kewarganegaraan. Isi dari tes bahasa Inggris diproduksi dan diperiksa secara internasional, sehingga tidak ada budaya atau bahasa tertentu yang akan merasa dirugikan.

IELTS tersedia dalam dua format: Akademik dan Pelatihan Umum:

Tes Akademik (academic test) adalah untuk siswa internasional yang ingin belajar di institusi pendidikan tinggi di negara berbahasa Inggris.

Tes Pelatihan Umum (general training) sesuai bagi mereka yang ingin bermigrasi ke negara berbahasa Inggris atau bekerja untuk sebuah organisasi profesional.

Isi dari uji kemampuan bagian Mendengarkan dan Berbicara dalam IELTS sama dalam kedua tes di atas, tetapi bagian Membaca dan Menulis disesuaikan masing-masing untuk keterampilan akademik atau keterampilan umum.


Komponen tes bahasa Inggris IELTS - semua yang perlu Anda ketahui

Tes Mendengarkan
: 30 menit, 4 bagian, 40 pertanyaan
Anda akan diuji pada pemahaman spesifik dan keseluruhan bahasa Inggris dalam berbagai konteks dan format.

Tes Membaca untuk Akademik atau Umum: 60 menit, 3 bagian, 40 pertanyaan
Anda perlu memahami teks secara rinci dan menunjukkan bahwa Anda memahami informasi rumit yang disediakan.

Tes Menulis untuk Akademik atau Umum: 60 menit, 2 tugas
Anda akan diharapkan untuk menggunakan bahasa Inggris untuk berbagai tujuan dan menunjukkan kemampuan Anda dalam menyesuaikan cara tulis untuk topik dan konteks yang berbeda. Struktur kalimat, kosa kata, penggunaan tata bahasa dan gaya akan dinilai.

Tes Berbicara: 11-14 menit, 3 bagian
Kandidat untuk Akademik dan Pelatihan Umum akan mendapatkan bentuk tes yang sama. Ini melibatkan wawancara individu dengan seorang guru dan mencakup berbagai topik dan konteks. Anda harus dapat membicarakan topik pribadi, memberikan pembicaraan singkat tanpa bantuan pada topik yang dipilih dan berkontribusi pada diskusi dua arah mengenai isu-isu yang lebih abstrak.

IELTS BANDS - apa artinya?
Setelah tes bahasa Inggris, Anda akan dinilai dan diberi "band score" - berikut ini adalah cara mereka mendefinisikan masing-masing dari sembilan "band score".

9 - pengguna ahli
8 - pengguna yang baik sangat
7 - pengguna yang baik
6 - pengguna kompeten
5 - pengguna sederhana
4 - pengguna terbatas
3 - pengguna sangat terbatas
2 - pengguna intermiten (hanya mengetahui informasi yang sangat mendasar)
1 - tidak memiliki kemampuan bahasa Inggris

Berapa biaya tes IELTS?
Untuk saat ini biaya tes IELTS sekitar £115. Untuk mencari tahu biaya dalam Rupiah, Anda dapat mengunjungi situs IELTS.

Berapa skor yang diperlukan untuk dapat masuk ke universitas di Inggris?
Jika Anda bertujuan untuk belajar di sebuah institusi di Amerika Serikat, Kanada, Inggris atau Australia, skor IETLS yang harus dicapai pada umumnya adalah 6 - 6.5. Jika ingin memasukkan profesi seperti medis, maka persyaratan skor dapat berupa IELTS 7 ke atas. Ada baiknya Anda selalu mengecek dengan institusi atau organisasi terkait.

Bagaimana dengan tes TOEFL?
TOEFL juga dapat digunakan dengan cara yang sama - untuk membuktikan kemampuan bahasa Inggris ketika mendaftar sebuah program akademis. TOFEL terkadang diakui oleh universitas di Inggris sebagai alternatif untuk IELTS. TOEFL adalah tes kemahiran berbahasa Inggris dari Amerika yang menggunakan bahasa Inggris Amerika, bukan Inggris (British) sehingga lebih diakui oleh universitas di Amerika Serikat.

Link Berguna
Kelas persiapan IELTS menurut negara
Program IELTS di Australia
Program IELTS di Malaysia 
Program IELTS di Selandia Baru
Program IELTS di Singapura 
Program IELTS di London dan Inggris

Kelas persiapan TOEFL menurut negara
Program TOEFL di Australia
Program TOEFL di Malaysia
Program TOEFL di Selandia Baru 
Program TOEFL di Singapura
Program TOEFL di London dan Inggris
Program TOEFL di Amerika Serikat 

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.