Informasi penting
Inggris: Pendaftaran Universitas

Ingin pengalaman kuliah yang menyenangkan? Kuliah di University of Kent!

359

Dalam National Student Survey (NSS) 2014, University of Kent menempati peringkat ke-3 di Inggris untuk kepuasan mahasiswa, bersama dengan universitas-universitas ternama lainnya seperti Cambridge, Durham, Essex, Glasgow, Oxford dan Surrey. Kent meraih nilai 91%,  5% lebih tinggi dari nilai rata-rata universitas di Inggris, yaitu 86%.

 

Banyak jurusan Kent yang juga mendapatkan penilaian tinggi dari mahasiswanya. Di antaranya adalah ArsitekturSeniBiosainsEkonomiTeknik & Seni Digital, Kebudayaan Eropa dan Bahasa (Klasik, Perancis, Spanyol, Literatur Komparatif, Filsafat, Studi Keagamaan, Linguistik, Arkeologi) dan Kebijakan Sosial, Sosiologi dan Penelitian Sosial menerima tingkat ‘kepuasan keseluruhan’ antara 90% dan 100%.

 

Fakultas-fakultas dari University of Kent seperti fakultas HukumBahasa Inggris, Politik dan Antropologi menempati posisi 20 besar untuk kepuasan mahasiswa.

 

 

 

 

 

Survei NSS telah dijalankan sejak 2005. Survei ini menilai Pendidikan Tinggi di Inggris, Wales, Irlandia Utara dan Skotlandia. Terdapat 23 aspek yang dinilai, berikut adalah beberapa diantaranya: pengalaman belajar mahasiswa, penyampaian pelajaran, penilaian dan tanggapan dosen, dukungan akademik, organisasi dan pengelolaan universitas, sumber daya pembelajaran, pengembangan pribadi, kepuasan keseluruhan dan serikat mahasiswa.

 

Seperti apa pengalaman kuliah di University of Kent, mahasiswa asal Indonesia, Gianeddo A Putra yang sedang menjalani jurusan hukum tahun kedua di Kent berbagi cerita:

 

Mengapa memilih Kent?


Saya memilih Kent karena banyak hal. Pertama, fakultas hukumnya memiliki reputasi yang bagus, lingkungan kampus juga menyenangkan, terletak di kota pelajar, dekat dengan london dan cuaca yang bersahabat, karena berlokasi di Inggris Tenggara.

 


 

Apa yang menarik dari jurusan kamu?


Perkuliahan di sini sangat menarik dan penuh tantangan. Hukumnya memang berbeda dengan hukum di Indonesia, di sini saya mempelajari tentang hukum Inggris, dan hukum yang lebih luas dalam konteks universal. Seperti yang kita ketahui, Hukum Inggris lebih banyak dipakai dan diterapkan di negara-negara persemakmuran, dan juga merupakan dasar dari prinsip-prinsip hukum, terutama untuk hukum internasional, maritim dan hukum bisnis.  Di Kent, saya bisa memilih beberapa wild module, dan  belajar dari pendekatan kritikal yang diadopsi oleh fakultas hukum.

 

Lihat pilihan modul yang tersedia di University of Kent.

 


 

Seperti apa sih rasanya tiba di universitas di luar negeri yang berbeda dengan negara asal & bagaimana kamu menyesuaikan diri?


Sebelumnya saya belajar di sebuah kolese di Cambridge, jadi tidak terlalu susah bagi saya untuk menyesuaikan diri dengan pendidikan di Inggris.


Menurut saya, siapapun akan gampang menyesuaikan diri di sini, bahkan bagi mahasiswa yang belum punya pengalaman tinggal di luar negeri sekalipun. Warga-warga disini sangat ramah dengan mahasiswa internasional. Terlebih lagi guru dan para staf di universitas, mereka sangat membantu. Dan lingkungan di sini sangat nyaman dan menyenangkan.

 



 

Kegiatan ekstra kurikuler apa yang kamu ikuti?


Saya tidak mengikuti kegiatan eks-kul, tetapi saya sering mendaftar untuk kegiatan olahraga. Sewaktu tahun pertama, saya sering main bulu tangkis. Saat ini, saya menikmati waktu saya di gym. Tahun depan mungkin saya mau mencoba berkuda. Saya juga bergabung dengan Perkumpulan Fakultas Hukum (Kent Law School Law Society).

 


Apa manfaat dari kuliah di Kent untuk tumbuh kembang akademik, kehidupan sosial dan pribadi?


Secara akademik, saya merasa saya semakin siap untuk mamasuki dunia karir. Saya tidak pernah menyesali kuliah hukum, walau banyak tantangan yang dihadapi, dan tugas-tugas yang menumpuk. Semua itu membawa manfaat. Saya merasa beruntung bisa kuliah hukum sebagai mahasiswa internasional di Kent. Ini membuat saya lebih percaya diri untuk praktik hukum di masa depan.  

 

Dari segi kehidupan sosial, saya berteman dengan mahasiswa dari berbagai negara, yang memiliki latar belakang, budaya dan kepribadian yang berbeda. Rata-rata mereka semua menyenangkan. Dengan bergaul dengan mereka, sudut pandang saya lebih luas, terutama dalam filsafat dan politik internasional, begitu juga dengan agama. Bukan dalam hal membandingkan satu sama lain, tetapi dalam menerima dan mengerti perbedaan dan keunikan dari satu sama lain.

 

 

Secara pribadi, saya mempelajari banyak ilmu, keahlian, perspektif dan bagaimana cara membawa diri di masyarakat, terutama dalam konteks internasional. Sekarang saya lebih percaya diri untuk bekerja atau bersaing dari orang dari seluruh dunia, saya rasa saya tidak akan mempelajari ini jika saya tetap kuliah di negara asal.

 


Apakah kamu akan merekomendasikan Kent kepada orang lain? Mengapa?


TENTU SAJA, mutu pembelajaran disini tidak perlu diragukan. Dari segi tempat tinggal, Kent adalah tempat yang nyaman. Kampus jauh dari kota, sehingga lingkungan belajar lebih tenang. Kita menghabiskan lebih banyak waktu untuk bergaul dengan sesama mahasiswa, atau berolahraga. Canterbury adalah kota yang indah. Ada banyak situs-situs bersejarah, walau kota ini tidak besar, tetapi sangat cocok untuk pelajar.

 

 

Selain itu, di Kent, kita bisa mendaftar untuk studi ke luar negeri di  salah satu universitas rekanan Kent, yang tersebar di Eropa dan di banyak negara. Perpustakaan kampus, Templeman library sangatlah luar biasa, dan di kampus ada banyak bar dan restoran mahasiswa.

 

 

Wah, jadi penasaran Ingin melihat seperti apa kampus-kampus di University of Kent ya. Ikuti virtual tour ini yuk! Kamu bisa melihat kampus, perpustakaan, akomodasi, kantin, kafe, dan fasilitas lainnya langsung di layar komputer kamu (klik gambar di bawah ini):

 

 

 

Tertarik untuk mendaftar ke University of Kent? Klik gambar di bawah ini untuk info lengkap mengenai persyaratan masuk dan pendaftaran:

 

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.