Informasi penting
Inggris: Pendaftaran Universitas

LSE – UNIVERSITAS TERMAHAL DI INGGRIS

3084
Penelitian terbaru yang membandingkan 20 universitas terbaik di Inggris, mengungkap biaya hidup pelajar yang tertinggi dan terendah.
 
London School of Economics terpilih menjadi universitas termahal di Inggris pada survei terbaru yang dilakukan oleh perusahaan penyedia layanan transfer uang, Ukash.
 
Mahasiswa LSE diketahui membutuhkan £19,717 untuk biaya hidup dan kuliah tiap tahun, keseluruhan totalnya £59,152 untuk 3 tahun perkuliahan program sarjana. Angka ini cukup tinggi mengingat beberapa kenaikan pada biaya sewa tempat tinggal (£8,710), asuransi mobil (£1,054), dan biaya masuk acara-acara pelajar (£120).
 
Sembilan biaya hidup utama diperhitungkan dalam penelitian, terdapat beberapa elemen nyata yang merupakan bagian dari hidup mahasiswa, mulai dari asuransi mobil sampai harga minum di kampus. Tidak mengejutkan, universitas-universitas peringkat tertinggi di Inggris ternyata juga termahal. University College London berada di peringkat kedua dengan perkiraan biaya hidup dan kuliah 3 tahun sebesar £53,954. Imperial College London di peringkat ketiga dengan £53,822, sementara Oxford dan Cambridge di peringkat keempat dan kelima dengan £50,540 dan  £47,997.
 
Bahkan harga  sweater lengan panjang bertudung mahasiswa di LSE berharga £34.99, serta pada Imperial dan University Colleges London’s berharga £21. Untuk atasan bertudung di Oxford, Anda hanya memerlukan £15.
 
Seorang Juru bicara LSE bereaksi melawan hasil survei tersebut, pernyataannya di The London Evening Standard mengatakan bahwa survei itu ‘... bukan merupakan gambaran akurat tentang biaya perkuliahan di LSE. Hal itu tidak mencakup beasiswa berlimpah yang diterima oleh sepertiga dari mahasiswa program sarjana kami.’
‘Dan lagi, memasukkan biaya asuransi mobil di universitas London pusat ke dalam perhitungan, sangatlah tidak tepat.’
 
Survei itu menemukan bahwa biaya sewa tempat tinggal tahunan untuk universitas yang berlokasi di London berkisar lebih dari £7,000, sedangkan di Cambridge dan Oxford berkisar £5,000. Saat ditanyai, lebih dari 78% responden mengatakan bahwa mereka berpikir Oxford dan Cambridge adalah yang paling mahal.
 
Ukash, sebuah penyedia layanan pembayaran cash online, membandingkan biaya hidup di 20 universitas terbaik Inggris sebelum waktu pendaftaran UCAS tahun ini ditutup, untuk membantu mahasiswa mengambil keputusan yang tepat. ‘Kami melakukan penelitian perbandingan biaya bagi mahasiswa yang berencana berkuliah di universitas terbaik, namun dengan biaya yang tidak terlalu tinggi,’ ujar Direktur pemasaran Ukash, Miranda McLean. ‘Kami cukup tercengang dengan hasil penelitian yang menunjukkan perbedaan biaya yang signifikan.’
 
Universitas Edinburgh Heriot-Watt, Edinburgh, dan St. Andrews merupakan universitas dengan biaya hidup paling rendah, dimana mahasiswa hanya membayar £9,587 per tahun. Hal ini bukan hanya berarti terdapat perbedaan besar, yaitu lebih murah sebanyak £10,000 dari universitas yang termahal, namun ditambah dengan fasilitas mahasiswa yang berbiaya lebih murah jauh, seperti acara-acara mahasiswa gratis, dan biaya keanggotaan gym tahunan berkisar £96, dibandingkan dengan di LSE yaitu £160. Bagi calon mahasiswa, ada baiknya Anda mencoba berkunjung melihat-lihat sekitar kampus.

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.