Informasi penting
Inggris: Pendaftaran Universitas

OXBRIDGE

1395

APAKAH KAMU BERCITA-CITA UNTUK KULIAH DI OXBRIDGE? BACA DULU PROSES PENDAFTARAN, TES-TES MASUK DAN WAWANCARA DI OXBRIDGE...

Oxbridge adalah universitas-universitas yang menjadi bagian dari Oxford dan Cambridge, yang merupakan dua universitas elit di Inggris dan di dunia. Keduanya telah memiliki sejarah lebih dari 800 tahun dan masih menjadi institusi pendidikan tinggi terdepan di Inggris.

Jika Anda bercita-cita untuk menjadi mahasiswa Oxbridge, Anda harus siap untuk berjuang – karena persaingan masuk ke kedua universitas bergensi tersebut sangatlah keras. Semua kandidat yang mendaftarkan diri ke Oxbridge sudah pasti memiliki prestasi akademis yang luar biasa. Oleh karena itu, untuk terlihat lebih unggul dari yang lain, nilai yang bagus saja tidaklah cukup. Keahlian lain, kegiatan ekstrakurikuler atau kontribusi lainnya lah yang dapat membuat Anda berbeda dari kandidat lain.

Pastikan Anda telah membaca Tips Mengisi Formulir Pendaftara ke Luar negeri sebelum memulai pendaftaran Anda.

 

Mahasiswa Internasional di Oxbridge

Mayoritas mahasiswa pascasarjana Oxford (63%) berasal dari luar Inggris dan lebih dari satu dari 10 mahasiswa sarjana berasal dari luar negeri. Sebagian kecil dari badan mahasiswa (10%) Cambridge berasal dari luar Inggris. Jadi mahasiswa internasional tidak akan merasa sendirian sewaktu berkuliah di Oxbridge.  

 

Kelebihan dari Berkuliah di Oxbridge

  • Keduanya adalah universitas bergengsi dengan reputasi yang luar biasa
  • Sebagai alumni Oxbridge, prospek kerja Anda tentu saja sangat terjamin
  • Anda akan bertemu dan berbaur dengan orang-orang cerdas di inggris (dan di dunia) yang tentu saja akan membuka wawasan dan menambah pengalaman Anda
  • Kedua universitas memiliki jaringan yang luar biasa dengan berbagai perusahaan besar di dunia, sehingga mempermudah Anda untuk membangun koneksi, memperkuat persiapan karir Anda
  • Oxbridge menyediakan berbagai fasilitas penelitian terbaik di dunia
  • Keduanya terletak di kota-kota terindah di Inggris

 

Pendaftaran

Pendaftaran ke Oxbridge harus dilakukan paling sedikit tiga bulan lebih awal dari institusi lain.

Dalam satu tahun, pendaftar hanya boleh mendaftar ke salah satu universitas Oxford atau Cambridge, dan tidak diperkenankan untuk mendaftar ke kedua universitas.

Pendaftar harus mempersiapkan transkrip nilai akademis, yang telah diterjemahkan ke Bahasa Inggris oleh penerjemah terakreditasi. Pendaftar juga harus menunjukkan hasil tes kelancaran berbahasa Inggris.

Baca lebih lengkap mengenai Cara Mendaftar ke Program Sarjana di Inggris (dan jangan lupa batas pendaftaran untuk Oxbridge berakhir lebih cepat dibandingkan dengan universitas lain).



Mendaftar ke Cambridge

Di Inggris, pendaftaran universitas harus melalui UCAS, begitu juga dengan Cambridge. Pendaftar dari luar negara Uni Eropa harus mendaftar melalui Cambridge Online Preliminary Application (COPA). Periksa biaya pendaftaran COPA.

Untuk keduanya, pendaftar harus menerakan pilihan. Terdapat banyak kolese atau institusi pendidikan di Cambridge. Jika Anda memiliki pilihan, Anda wajib menerakannya.

Setelah melengkapi pendaftaran via UCAS dan COPA, Anda akan menerima email dari Cambridge yang akan menuntun Anda untuk melengkapi Supplementary Application Questionnaire (SAQ) atau Pertanyaan Pelengkap Pendaftaran.

 

Mendaftar ke Oxford

Pendaftaran ke Oxford juga harus dilakukan via UCAS.


Wawancara di Oxbridge

Mereka yang berhasil lolos pendaftaran akan diundang untuk mengikuti wawancara. Wawancara tersebut akan dilakuka oleh dosen dari jurusan yang Anda daftar. Untuk mereka yang berada di luar negeri, wawancara biasanya akan dilakukan via telepon atau Skype.

Cambridge

Selain wawancara di Inggris, Cambridge juga mengadakan wawancara di Kanada, Malaysia, Singapura, Hong Kong, China dan India. Terdapat beberapa persyaratan untuk meminta wawancara di negara di luar Inggris, misalnya pendaftar harus telah melengkapi pendaftaran COPA sebelum tanggal tertentu.

Berikut ini adalah video wawancara di Cambridge:

" scrolling="no" src="https://www.youtube.com/watch?v=zzwxQ164FE0" width="450" wmode="opaque">

 

Oxford

Oxford hanya mengadakan wawancara di universitas, yang biasanya diadakan pada bulan Desember. Anda akan menerima email berisikan undangan wawancara beserta detail jadwal. Universitas akan menyediakan akomodasi dan makanan bagi mereka yang menghadiri wawancara secara gratis.

 

Ujian Masuk di Oxbridge

Beberapa ujian yang diterima saat ini adalah BMAT untuk jurusan kedokteran dan kedokteran hewan, ELAT untuk Sastra Inggris, dan LNAT untuk hukum.

Baca lebih lanjut mengenai ujian masuk mana yang diharuskan untuk jurusan pilihan Anda di Oxford dan Cambridge.

Baca tentang Tips Lulus Ujian Masuk Universitas untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.