Informasi penting
Inggris: Pendaftaran Universitas

Perubahan Sektor S2 di Inggris

716

Dunia perkuliahan S2 di Inggris sedang mengalami perubahan dan pelajar yang ingin mengambil langkah ini perlu mempertimbangkan bagaimana keadaan ini akan mempengaruhi mereka sebelum, selama dan sesudah masa kuliah mereka. Hotcourses berbicara dengan Joanna Newman, Kepala Pendidikan Tinggi di British Library, tentang masa depan pendidikan pascasarjana di Inggris.


T. Apakah Anda melihat perubahan yang signifikan pada sektor pascasarjana dalam lima tahun terakhir ini?

Ada beberapa tren menarik yang muncul di sektor pascasarjana selama lima tahun terakhir. Pertumbuhan masyarakat pascasarjana internasional, peningkatan jumlah wanita yang mengambil program pascasarjana dan dampak dari faktor-faktor tersebut pada pasar kerja di Inggris hanya beberapa contoh bagaimana dunia pendidikan pascasarjana sedang mengalamani perubahan yang pesat.

T. Apa yang telah menjadi pendorong terbesar bagi pertumbuhan sektor pascasarjana?

Temuan dari laporan terbaru British Library bersama Higher Education Policy Institute, 'Pendidikan Pascasarjana di Inggris' menunjukkan bahwa faktor terbesar adalah peningkatan jumlah mahasiswa pascasarjana internasional di Inggris. Temuan kami menunjukkan bahwa sejak 2002-03, ketika sektor ini terakhir diperiksa, 50% dari mahasiswa Masters dan 44% dari mahasiswa Doktoral datang dari luar negeri, dimana mahasiswa pascasarjana yang resmi tinggal di Inggris hanya mengalamai peningkatan sebesar 3%.

T. Apa saja tantangan utama yang dihadapi mahasiswa pascasarjana baru di Inggris?

Mahasiswa pascasarjana akan terus menghadapi berbagai tantangan di tahun-tahun mendatang; walaupun sektor ini secara keseluruhan menunjukkan pertumbuhan signifikan yang juga telah membantu terciptanya sebuah pasar internasional bagi siswa penelitian untuk berkolaborasi, ini juga menimbulkan masalah dan tantangan baru bagi sektor ini. Seperti kenaikan biara, jaminan standar program dan apakah tingkat konsentrasi penelitian mahasiswa pascasarjana tersebut memang tepat.

T. Mahasiswa yang memutuskan untuk belajar di tingkat pascasarjana dihadapi dengan biaya yang lebih tinggi dan pasar kerja yang semakin kompetitif pada akhir kelulusan mereka. Apakah mahasiswa masih dapat memperoleh gaji yang lebih baik?

Ada bukti jelas bahwa pendidikan pascasarjana dapat memberi manfaat berjangka panjang. Mahasiswa pascasarjana tetap akan menerima gaji yang lebih tinggi pada akhir kelulusan mereka. Gaji premium secara keseluruhan sedikit menurun, dengan perbedaan gaji siswa lulusan S1 semakin dekat dengan mereka yang memiliki gelar S2.

Pendidikan pascasarjana sangat penting untuk tetap ekonomis jika kebijakan yang ditujukan adalah untuk memperluas akses terhadap profesi tingkat atas kepada mereka yang berasal dari latar belakang ekonomi yang kurang mampu.

T. Apa manfaat penelitian pascasarjana di Inggris?

British Library bekerja sama dengan komunitas pascasarjana dan banyak dari mereka melakukan riset menggunakan fasilitas penelitian kami, secara fisik maupun online. Melalui laporan dan hasil pekerjaan kami lainnya, kami telah menemukan bahwa hasil penelitian sektor pascasarjana memberikan kontribusi besar terhadap penelitian Inggris dalam bidang pengetahuan dan kemajuan budaya ekonomi, serta inovasi di Inggris.

T. Menurut Anda kenapa tingkat pertumbuhan siswa pascasarjana domestik jauh lebih rendah daripada siswa internasional?

Ini merupakan fakta yang menarik terutama dengan kenaikan aplikasi untuk gelar sarjana
yang terus meningkat secara substansial. Masalah biaya dan pendanaan tentu saja merupakan faktor penentuan untuk melanjutkan kuliah pascasarjana atau tidak. Namun laporan kami juga menunjukan bahwa mahasiswa yang berbasis di Inggris mungkin tidak cukup mendapat dorongan untuk melanjutkan studi doktoral.

T. Apa saja bidang yang populer bagi mahasiswa pascasarjana?

Mata pelajaran yang paling populer diajarkan pada tingkat pascasarjana adalah bisnis dan administrasi, diikuti oleh ilmu sosial. Pengambilan bidang Sains, Teknologi, Rekayasa (engineering) dan Matematika (STEM) dan mata pelajaran non-STEM belum berubah secara dramatis dalam lima tahun terakhir. Walaupun demikian, pada tingkat penelitian, bidang Sains telah mulai mendominasi, dengan fokus terutama pada rekayasa dan teknologi, ilmu pengetahuan bioscience dan fisika.

T. Seberapa mudah bagi siswa untuk mendapatkan bantuan pendanaan pascasarjana?

Pada tingkat Master, pilihan ini sangat sedikit - sejumlah Dana Hibah Penelitian dan beasiswa universitas yang dapat meringankan biaya. Beberapa siswa mungkin dapat memperoleh pinjaman dana dari bank untuk menutupi biaya kuliah mereka, namun biaya keseharian dan akomodasi menjadi keprihatinan bagi banyak siswa. Dana bantuan pada saat ini tidak tersedia dalam jumlah besar yang mungkin menjadi alasan mengapa banyak dari mahasiswa pascasarjana memilih program paruh-waktu. Mahasiswa penelitian dapat mengajukan pendaftaran kepata dewan penelitian dan universitas untuk beasiswa, namun sebagian besar dari mahasiswa pascasarjana di Inggris membiayai dana kuliah secara pribadi dan paruh-waktu.

T. Apa saran Anda untuk siswa yang masih meragukan keputusan mereka untuk mengambil gelar pascasarjana atau tidak?

Pendidikan pascasarjana mungkin tidak untuk semua orang, namun dengan melanjutkan studi pada tingkat pascasarjana, ini akan memperkaya pengalaman siswa dan pastinya akan sangat bermanfaat bagi mereka. Mahasiswa yang mengambil gelar ini sering menemukan bahwa mereka mulai menjadi spesialis dalam daerah-daerah tertentu. Tentunya ini dapat membuka pintu ke bidang ketenagakerjaan, pendidikan dan penelitian lebih lanjut.

T. Apakah pandangan Anda mengenai perubahan situasi dan nasib mahasiswa pascasarjana selama beberapa tahun ke depan?

Keadaan dalam sektor ini akan terus berubah, namun yang sangat jelas adalah perubahan besar dalam Web 2.0 dan alat-alat penelitian digital. Laporan seperti ini dan laporan terbaru lainnya oleh British Library dengan pola-pola penelitian digital akademisi Generasi Y membantu menunjukkan peralihan sektor pendidikan tinggi dan mencari cara untuk tetap mendukung kebutuhan masa depan masyarakat pascasarjana.
 

Link berguna

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.