Informasi penting
Inggris: Pendaftaran Universitas

Peringkat Universitas Dunia TIMES

1342

The Times Higher Education Rankings, salah satu tabel liga universitas terpandang telah diterbitkan minggu lalu membawa banyak kejutan untuk pemeringkatan universitas-universitas unggulan di dunia. Pemeringkatan internasional menawarkan semacam panduan untuk universitas bertaraf global, membantu jutaan mahasiswa internasional menentukan pilihan mereka setiap tahunnya. Pada artikel kali ini, Hotcourses ingin memberikan Anda pandangan umum seputar hasil terbaru dan para universitas yang tersorot dalam pemeringkatan tahun 2011-2012.

Tahun ini, The California Institute of Technology duduk di peringkat pertama dengan nilai keseluruhan sebanyak 94.8% untuk keunggulan dalam kriteria mengajar, penelitian, kepuasan mahasiswa, dan pendapatan industri. The California Institute of Technology – yang juga dikenal dengan Caltech – menyusuk Harvard dengan nilai yang sedikit lebih baik untuk “penelitian – jumlah, pendapatan dan reputasi”, pengaruh penelitian (dinilai oleh kutipan pada karya tulis) dan pendapatan yang diperoleh dari industri luar.

Sedangkan di Inggris, para universitas tua  seperti Oxford dan Cambridge tetap menduduki peringkat 10. Namun, institusi lainnya telah menunjukkan kemajuan dalam prestasi mereka. King’s College London naik dari peringkat 77 ke 56 dan University of Bristol berhasil menempati peringkat 66.

Penemuan ini disambut hangat oleh Russell Group, yang mewakili 20 universitas berfokus penelitian terbesar di Inggris, tetapi memperingkatkan bahwa kebijakan pemerintah untuk menunda dana penelitian selama empat tahun dapat beresiko besar bagi mereka dalam tabel liga internasional.

Disamping Inggris dan Amerika Serikat, pemeringkatan tahun ini menunjukkan kehadiran universitas-universitas Australia dan Belanda yang lebih banyak di Top 200. University of Melbourne dan University of Sydney di Australia menaklukkan posisi 37 dan 58, dan Belanda menonjol dengan prestasi nasionalnya dalam tabel liga tahun ini. Dengan 12 institusi dalam Top 200, termasuk Utrecht University di peringkat 68, universitas Belanda sedang menunjukkan kemampuan mereka untuk menjadi pilihan terbaik untuk pendidikan tinggi di Eropa.

Metode penilaian

Karena sulitnya untuk mencerna data terpercaya yang membandingkan keseluruhan kinerja universitas, tabel liga seperti ini menawarkan semacam panduan untuk universitas bertaraf global, membantu jutaan mahasiswa internasional menentukan pilihan mereka setiap tahunnya.

Pemeringkatan ini bermaksud untuk meneliti semua misi pokok sebuah universitas global – penelitian, mengajar, kemampuan mentransfer pengetahuan dan aktivitas internasional yang mencerminkan keunikan setiap institusi di seluruh indikator kinerja.

Selain itu, salah satu hal baru dari Pemeringkatan Universitas THE tahun ini adalah kategori yang mempertimbangkan pandangan internasional. Tahun lalu, katogeri ini hanya berdasarkan menurut proporsi staff internasional dan mahasiswa yang dimilikinya pada tiap bidang.

Namun, kriteria penilaian ini telah ditingkatkan dengan indikator yang meneliti proporsi karya tulis setiap institusi dengan setidaknya ditulis bersama dengan mahasiswa internasional.  Ini adalah penghargaan yang ditujukan untuk kepentingan kontribusi oleh mahasiswa internasional dan peneliti dalam penilaian secara keseluruhan untuk universitas di dunia.
 

Informasi lanjutan

Cari tahu lebih banyak tentang Kuliah di Inggris dan Kuliah di Amerika denan mengikuti link.

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.