Informasi penting
Inggris: Pendaftaran Universitas

Pendidikan Sarjana (S1) di Inggris

9082

Program Persiapan menuju sarjana

Program Akses atau Dasar berguna untuk menjembatani kesenjangan antara kualifikasi yang telah Anda miliki dengan persyaratan yang diminta oleh kolese atau universitas yang Anda pilih di Inggris Raya. Kesenjangan ini terjadi karena sejumlah negara membutuhkan waktu selama 12 tahun untuk menyelesaikan pendidikan sebelum akhirnya memulai jenjang universitas. Namun, di Inggris, Irlandia Utara dan Wales perlu waktu selama 13 tahun.

Program International Foundation Year (IFY) yang diadakan oleh beberapa kolese di Inggris Raya menghasilkan kualifikasi pra-universitas yang diakui secara internasional seperti Level A atau BTEC Nationals. Program yang berlangsung selama satu tahun ini, selaras dengan program pendidikan akademis satu tahun di Inggris Raya, selain juga memberikan pengajaran bahasa. Untuk mengikuti program ini, minimal Anda harus berumur 17 tahun, memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik (umumnya IELTS 5.0) dan sudah harus menyelesaikan pendidikan standar sekolah. Banyak kolese pendidikan lanjutan memiliki perjanjian kerjasama dengan program gelar sarjana dengan universitas setempat, oleh karena itu, periksalah apakah hal ini juga berlaku pada kolese yang Anda pilih. Banyak Universitas di Inggris Raya juga menyelenggarakan sendiri program IFY sehingga dapat langsung masuk dalam program sarjana S1.

Beberapa mahasiswa asing juga memanfaatkan program pendidikan lanjutan seperti HND/HNC, Foundation Degrees atau DipHE dengan tujuan dapat melanjutkan ke program jenjang sarjana S1.
 

Program Sarjana S1

Di Inggris Raya, gelar sarjana S1 biasanya merupakan gelar pertama setelah sekolah atau pendidikan lanjutan. Gelar bachelor merupakan pilihan yang paling disukai untuk kualifikasi sarjana, namun terdapat beberapa pilihan seperti HND/HNC, Foundation Degrees dan DipHE, yang dapat digunakan sebagai akses ke tahun-tahun terakhir program gelar sarjana.

Gelar Sarjana S1 (Bachelor)
Di Inggris, Irlandia Utara dan Wales, program gelar sarjana atau bachelor biasanya ditempuh dalam kurun waktu tiga tahun untuk meraih gelar honours (seperti BA Media atau BSc Business). Di Skotlandia, membutuhkan waktu tiga tahun untuk menamatkan program sarjana biasa dan empat tahun untuk gelar sarjana honours. Penyelesaian program sarjana di Skotlandia, kadang dianugerahi gelar master (MA, MSc atau MEng dll), tergantung pada tradisi pemberian gelar oleh institusi yang memberikan.

Dalam banyak program gelar sarjana, hasil ujian pada tahun pertama kuliah Anda, tidak akan diperhitungkan untuk mendapatkan klasifikasi gelar akhir. Hasil penilaian tahun kedua dan ketiga ditambah dengan nilai skripsi (sebuah esai lengkap yang mungkin wajib Anda tulis pada tahun ke tiga) yang menentukan nilai akhir. Sering kali Anda harus memilih serangkaian modul -beberapa di antaranya ada yang wajib dan pilihan -yang harus Anda pelajari dalam masa perkuliahan. Namun demikian, program perkuliahan akan berbeda-beda tergantung pada riwayat sejarah universitas atau kolese tempat Anda belajar.

Mayoritas institusi penididikan yang menawarkan program gelar sarjana, menawarkan kesempatan untuk mempelajari dua bidang atau lebih dalam sebuah program gelar gabungan (.joint honours degree). Sebuah program gelar ganda akan melibatkan berbagai mata kuliah yang belum tentu memiliki bobot yang sama (misalnya BA Business dengan Bahasa Prancis). Program sandwich sama dengan program sarjana lainnya, tapi memerlukan tambahan waktu satu tahun bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja praktik yang terkait dengan bidang studi. Hal ini berarti program ini membutukan waktu selama empat tahun alih-alih tiga tahun.

• HND atau HNC
HND (Higher National Diploma) adalah program kualifikasi dua tahun penuh yang menggabungkan persiapan kerja dengan kualifikasi yang dibutuhkan. HNC (Higher National Certificate) adalah program yang setara dengan HND, tapi biasanya HNC dilakukan secara paruh waktu. HNC dan HND dapat juga memberi kesempatan bagi Anda untuk bergabung dalam tahun kedua atau ketiga program sarjana. Kedua program itu dapat diambil di kolese pendidikan lanjutan atau universitas-universitas yang ada di Inggris, Irlandia Utara dan Wales.

Di Skotlandia, HNC adalah program purnawaktu satu tahun penuh. HNC disetarakan dengan tahun pertama masa kuliah program gelar sarjana, sedangkan HND disetarakan dengan tahun kedua. Dalam banyak kasus, terdapat kemungkinan bagi pemegang HNC untuk meneruskan langsung ke tahun kedua program sarjana, dan bagi pemegang HND dapat langsung meneruskan ke tahun ketiga program sarjana.

• Gelar Kejuruan
Gelar kejuruan merupakan kualifikasi terkait pada keahlian kerja, kerap untuk pengembangan profesional dalam ragam luas bidang kejuruan. Walaupun kualifikasi ini berasal dari Inggris, kualifikasi tersebut memberi Anda kesempatan untuk meneruskan ke tahun ketiga atau kedua program sarjana. Gelar Kejuruan, pada umumnya memerlukan masa studi dua tahun purnawaktu.

• Diploma of Higher Education (DipHE)
Sebuah gelar DipHE adalah kualifikasi mandiri, yang diberikan setelah belajar selama dua tahun di sebuah institusi pendidikan tinggi Inggris Raya. Namun, juga memungkinkan mahasiswa untuk langsung meneruskan ke program kuliah setingkat sarjana pada sebuah universitas di Inggris Raya. Sebuah DipHE biasanya menjamin diterimanya mahasiswa ke tahun kedua atau ketiga dari program gelar sarjana S1 (undergraduate degree). Melalui cara ini, mahasiswa dapat menyelesaikan program Diploma, lalu melongkap tahun-tahun awal program gelar honours, dan meningkatkan DipHe yang telah diraih menjadi kualifikasi setingkat sarjana S1(bachelor).
 

Kriteria kelayakan memasuki program Sarjana S1

• Ijazah Sekolah Menengah / IB Diploma
Mahasiswa internasional diwajibkan untuk telah menyelesaikan 12 tahun pendidikan dasar dan menengah sebelum mendaftar ke universitas di Inggris Raya. Tanyakanlah kepada lembaga pendidikan Anda mengenai persyaratan yang diperlukan untuk langsung dapat masuk ke program sarjana.

Kemampuan berbahasa Inggris
Apabila Anda ingin mendaftar untuk belajar di Inggris Raya dan bahasa ibu Anda bukan bahasa Inggris, Anda diwajibkan untuk mencapai skor standar IELTS (International English Language Testing System) yang diminta sebelum mulai kuliah. Biasanya skor yang diperlukan adalah sekitar 4.0 sampai 5.0 untuk access course, 5.0 sampai 6.0 untuk program sarjana dan skor 6.5 sampai 7.0 untuk program pascasarjana. Beberapa universitas menerima bentuk ujian Bahasa Inggris alternatif seperti TOEFL. Tanyakanlah pada universitas tujuan, ujian kualifikasi bahasa Inggris manakah yang mereka terima sebelum Anda mendaftar.

Proses pendaftaran program sarjana S1
Pendaftaran program sarjana purnawaktu diproses di UCAS, sebuah organisasi sentral tempat mahasiswa mendaftar untuk pendidikan tinggi. Anda sebaiknya memulai proses aplikasi 12 atau 18 bulan sebelum waktu perkuliahan yang diinginkan, agar memiliki cukup waktu untuk memeriksa dan memilih lembaga serta lamanya masa perkuliahan, selain melengkapi dan menyerahkan aplikasi. Tiap tahunnya UCAS menangani lebih dari setengah juta aplikasi termasuk 50.000 lebih aplikasi yang berasal dari mahasiswa internasional.

Sebelum Anda mendaftar, periksalah apakah Anda sudah mendapatkan (atau akan mendapatkan) persyaratan minimum pendaftaran di lembaga pendidikan yang Anda pilih. Anda dapat menemukan informasi mengenai ini di website UCAS - walaupun pemenuhan persyaratan minimum, bukan jaminan Anda akan diterima. Anda dapat mendaftar untuk lebih dari lima program pendidikan dalam satu kali pendaftaran di UCAS.

Sistem Pendaftaran UCAS memungkinkan Anda untuk langsung mendaftar pada laman UCAS. Banyak sekali keuntungan yang didapat dengan memanfaatkan sistem ini, yaitu: pemeriksaan otomatis yang memastikan akurasi, Anda dapat mengubah serta memperbarui aplikasi kapan pun saja sebelum Anda mengirimkannya. Anda akan diminta untuk memberikan informasi berkenaan dengan kualifikasi yang kini sudah dimiliki (atau yang ingin diraih), sebuah pernyataan pribadi, referensi dan pengalaman kerja yang mungkin Anda miliki.

Penyerahan berkas pendaftaran UCAS dapat dilakukan dari bulan September setahun sebelum masa perkuliahan Anda dimulai, dan harus sudah lengkap pada tanggal15 Januari. Yang dikecualikan adalah bidang kedokteran, kedokteran gigi dan kedokteran hewan, serta aplikasi ke Universitas Cambridge dan Oxford. Berkas aplikasi untuk lembaga-lembaga itu harus sudah diselesaikan pada bulan Oktober. UCAS akan meneruskan aplikasi Anda pada lembaga terkait, yang kemudian lembaga itu akan menghubungi Anda secara langsung jika lamaran Anda disetujui atau tidak.

 

Link berguna

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.