Informasi penting
Inggris: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

Waspadailah beasiswa tipuan

13604
Untuk menarik para mahasiswa yang berprestasi,  banyak universitas, organisasi dan perusahaan yang memberikan beasiswa dan dermasiswa.  Di era global ini, aplikasi beasiswa seringkali dilakukan online. Walau terdengar praktis, tetapi ternyata banyak yang memanfaatkan kesempatan ini untuk melakukan penipuan.
 
Menurut U.S. News & World Report , terdapat kerugian sejumlah $1 juta dolar setiap tahunnya di Amerika akibat penipuan yang berkedok sebagai penyalur beasiswa. Oleh karena itu para pelajar diminta untuk teliti dalam mengajukan permohonan beasiswa secara online. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri yang harus Anda waspadai:
 
Mengharuskan Anda untuk membayar
Beasiswa yang resmi tidak akan pernah menghendaki Anda untuk membayar biaya apapun. Oleh karena itu berhati-hatilah jika Anda diminta untuk membayar uang pendaftaran atau melakukan pembayaran terlebih dahulu sebelum pengajuan beasiswa Anda diproses.  
 
Logo situs
Biasanya situs penipuan akan mencantumkan logo universitas, bank, institusi dan lain-lain untuk meyakinkan status mereka. Anda bisa mencari di internet mengenati logo yang dicantumkan di situs tersebut. Carilah alamat email yang bisa tersebut untuk memastikan apakah situs tersebut merupakan situs yang mereka tunjuk untuk menerima permohonan beasiswa.. 
 
Meminta informasi keuangan Anda
Beasiswa resmi akan meminta data-data pribadi Anda tetapi tidak akan pernah meminta informasi keuangan Anda, seperti rekening bank, nomor kartu kredit dan terlebih lagi nomor PIN Anda. Jika Anda diminta untuk mengisi informasi mengenai data-data keuangan, bisa dipastikan bahwa situs tersebut adalah situs penipuan.
 
Kesempatan istimewa
Jika Anda menerima email yang menyatakan Anda diberikan kesempatan istimewa untuk mendapatkan beasiswa, ada baiknya Anda menelusuri dengan lebih lanjut dan jangan langsung percaya. Biasanya kesempatan beasiswa diberikan bagi semua orang yang memenuhi kriteria dan tidak ada yang ‘diistimewakan’.

 

 

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.