Informasi penting
Inggris: Pendaftaran Universitas - Wajib dibaca

Tips Menulis 'Personal Statement'

11542

Sebagai bagian dari proses aplikasi, banyak universitas akan meminta Anda untuk menyediakan personal statement atau surat pernyataan pribadi. Dengan begitu banyak pelamar  yang bersaing memperebutkan bangku kuliah yang terbatas, surat ini merupakan kesempatan yang berharga untuk menunjukkan keunikan dan potensi pribadi Anda. Artikel kali ini, Editor mahasiswa Hotcourses - Nooraini Indrana – memberikan tips seputar penulisan personal statement.

Personal statement Anda akan menjelaskan universitas mengapa mereka perlu menerima Anda sebagai siswa. Selain wawancara, surat ini adalah kesempatan yang dapat menguntungkan Anda dalam memberikan kesan positf. Maka sangatlah penting bagi Anda untuk menghasilkan personal statement yang baik dan meyakinkan – saking pentingnya, langkah ini bisa menentukan keberhasilan atau kegagalan Anda dalam proses pendaftaran.

Sebagai mahasiswa internasional, Anda perlu memberikan alasan kenapa ingin kuliah di negera pilihan Anda dan bagaimana pengalaman belajar tersebut dapat membantu Anda delam mencapai kesuksesan di masa depan. Tentunya pada saat menulis surat ini Anda perlu menunjukkan kemampuan berbahasa Inggris yang baik.

Berikut ini panduan langkah-demi-langkah dalam menulis sebuah personal statement.

First thing’s first:
Pertama, ketahuilah bahwa sebuah personal statement harus berisi pesan positif tentang diri Anda. Gunakan bahasa yang menunjukkan keunikan pribadi dan rasa antusias Anda terhadap kesempatan kuliah di perguruan tinggi tersebut. Gaya penulisan personal statement setiap orang berbeda, ada yang menggunakan metode menulis esai, atau dengan membagi-bagikan bagian dalam bentuk paragraf.
Mulailah dengan menulis paragraf pengantar yang baik untuk menarik perhatian pembaca.

  • Jangan copy-paste atau menjiplak personal statement orang lain. Plagiarisme dianggap sebagai hal yang sangat serius dalam dunia akademis dan melakukan pelanggaran ini pada tahap pendaftaran tentu akan merugikan aplikasi Anda.
     
  • Jangan berbohong tentang kemampuan dan prestasi Anda. Ingat untuk berkata jujur dan berusalah untuk mencari keseimbangan, dimana Anda  mampu mempromosikan diri dan menjelaskan potensial Anda tanpa terkesan arogan.
     
  • Jangan menyertakan informasi yang tidak relevan dalam tulisan Anda. Ingatlah bahwa universitas hanya tertarik pada Anda sebagai seorang mahasiswa. Mereka berharap untuk mengetahui bagaimana kepribadian Anda dan apakah bisa menyesuaikan diri dengan kehidupan akademik.
     
  • Jangan menulis ulang informasi yang sudah tercantum dalam formulir aplikasi Anda. Kedua dokumen ini harus saling melengkapi, dengan campuran prestasi dan karakter pribadi yang meyakinkan.  

Program kuliah pilihan Anda – Berikan alasan terbaik mengapa Anda ingin mempelajari jurusan kuliah yang Anda pilih. Jelaskan juga pemahaman Anda tentang apa saja yang diperlukan dalam pembelajaran program tersebut dan mengapa Anda adalah kandidat yang cocok. Jika satu personal statement Anda akan diajukan untuk beberapa program kuliah berbeda, carilah kesamaan mereka dan keterampilan yang dibutuhkan.

Keterampilan dan prestasi – Sangatlah menguntungkan jika Anda mencantumkan informasi tentang jenis keterampilan dan prestasi yang Anda miliki karena akan menunjukkan keaktifan Anda dalam kegiatan akademis maupun non-akademk. Cobalah untuk menghubungkan bakat Anda dengan apa yang dibutuhkan oleh program kuliah pilihan.

Hobi – Ini dapat berupa kegiatan olahraga, kemampuan Anda berbahasa asing, alat musik yang Anda mainkan dan lainnya. Pikirkan bagaimana hobi Anda tersebut dapat dihubungkan dengan program pilihan atau keterampilan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan gelar.

Pengalaman kerja – Sertakan informasi pengalaman kerja yang menurut Anda relevan dengan program kuliah pilihan. Kaitkan keterampilan Anda dalam pekerjaan tersebut dengan persyaratan pendaftaran unversitas.    

Rencana masa depan – Tunjukkan pada universitas bahwa Anda bermotivasi. Ini dapat dicapai dengan menjelaskan bagaimana Anda akan menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh saat lulus nanti untuk mencapai cita-cita di masa depan.
 
...dan satu hal lagi 
Setelah selesai menulis draf pertama, periksalah lagi untuk setiap kesalahan seperti tata bahasa, ejaan dan tanda baca. Baca lagi untuk memastikan personal statement Anda ditulis dalam gaya bahasa yang jelas dan ringkas. Sebuah personal statement dengan kesalahan tentu saja tidak akan memberikan kesan yang baik. Tunjukkan draf Anda ke teman, keluarga, atau guru untuk mendapat bantuan dan masukkan me

Personal statement bukan sekedar kesempatan bagi universitas untuk mengenal Anda, tapi dapat juga menguntungkan Anda untuk mengetahui dengan jelas pikiran dan ambisi pribadi, dan yang paling penting, bagaimana Anda bermaksud untuk mencapai cita-cita Anda. Kunci utama dalam penulisan personal statement adalah kejujuran – jika Anda benar-benar ingin mempelajari program yang Anda pilih pasti akan terbukti dalam tulisan Anda.

Good luck!

 


Link berguna

Cari tahu informasi mengenai universitas, program kuliah dan kehidupan di Australia, Amerika, Inggris, Belanda, Swedia, Irlandia, Singapura, Malaysia dan Selandia Baru

 

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.