Informasi penting
Inggris: Visa

VISA KERJA UNTUK MAHASISWA INTERNASIONAL YANG KULIAH DI INGGRIS

1425
Tergantung kondisi visa Anda, Anda dapat bekerja sambilan sewaktu berkuliah di Inggris. Akan tetapi, perlu diingat bahwa penghasilan dari bekerja sambilan hanya dapat meringankan sebagian biaya hidup Anda, dan tidak dapat menutup semua biaya Anda di Inggris, jadi Anda tetap perlu mempersiapkan dana yang cukup untuk biaya kuliah dan biaya hidup.   
 
VISA APA YANG DIBUTUHKAN? 
 
Tergantung durasi program kuliah Anda, Anda membutuhkan Student Visitor visa atau Tier 4 (General) Student Visa untuk dapat berkuliah di Inggris.
 
Student Visitor Visa diperuntukkan bagi mereka yang mengambil program yang berdurasi selama atau kurang dari 6 bulan. Visa ini tidak mengijinkan mahasiswa untuk bekerja, dan visa ini tidak dapat diperpanjang.
 
Jika program kuliah Anda berlangsung lebih dari 6 bulan, maka Anda membutuhkan Tier 4(general) Student visa. Visa ini mengijinkan mahasiswa untuk bekerja sambilan dengan mematuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan.
 
Tier 4 (general) student visa
 
Dengan memiliki visa ini, Anda dapat bekerja JIKA institusi tempat Anda kuliah masuk dalam daftar sponsor UKBA dan ‘recognized bodies/badan-badan yang diakui’, dan JIKA stiker di paspor Anda tidak menyatakan ‘no work’ atau ‘work prohibited’, yang artinya ‘dilarang bekerja’.
 
Syarat dan ketentuan untuk bekerja sambilan ditentukan oleh program kuliah Anda. Mahasiswa program gelar (Bachelor atau Masters) dan program Fondasi dapat bekerja sambilan tanpa melebihi 20 jam kerja per minggu pada masa perkuliahan. Sedangkan pada masa liburan, Anda dapat bekerja penuh waktu.
 
Mahasiswa yang mengambil program di bawah program gelar (kecuali program Fondasi), dapat bekerja tanpa melebihi 10 jam kerja per minggu semasa kuliah, dan dapat bekerja penuh waktu selama liburan.  
 
Anda diperkenankan untuk bekerja dalam semua profesi kecuali:
  • Berwirausaha sendiri
  • Pelatih olahraga atau binaraga
  • Entertainer profesional
  • Pekerjaan permanen dan professional penuh waktu
  • Dokter dan dokter gigi yang mengikuti pelatihan, kecuali tercantum dalam program Fondasi Anda.
 
Jika visa Anda mengijinkan Anda untuk bekerja sambilan, maka Anda harus memperoleh National Insurance Number (NIN) terlebih dahulu, dan bisa saja diharuskan untuk membayar pajak.
 
NIN DAN PAJAK PENGHASILAN
 
Jika penghasilan Anda melebihi rata-rata yang ditentukan, maka Anda diwajibkan untuk membayar pajak.
 
Anda tidak memerlukan NIN untuk mencari pekerjaan, tetapi begitu Anda telah diterima untuk bekerja, Anda harus memiliki NIN. NIN adalah nomor yang digunakan pemerintah Inggris untuk mencatat kontribusi Anda terhadap National Insurance, yang digunakan untuk mendanai pension dan dana kesejahteraan lainnya.
 
Anda dapat mendaftar untuk NIN secara online atau dengan membuat janji temu dengan Jobcentre Plus yang terdekat dengan lokasi Anda. Untuk mendaftar, Anda harus membawa paspor, visa pelajar dan bukti identitas lainnya untuk mengikuti wawancara.
 
 
visa setelah wisuda
 
Semua mahasiswa internasional yang ingin tinggal di Inggris setelah wisuda untuk bekerja memerlukan salah satu dari visa di bawah ini:
 
Tier 2(General) Visa
 
Lulus dengan gelar Bachelor, Masters atau PhD dari universitas Inggris yang diakui university dan telah diterima bekerja oleh perusahaan yang memiliki ijin yang bersedia memberikan gaji lebih dari £20,300 (US$ 33,643) per tahun, perlu mendapatkan visa ini.
 
Tier 1 (Graduate Entrepreneur) Visa
 
Mahasiswa yang ingin berwiraswasta, bisa mengajukan pendanaan dari universitas, yang akan menilai potensi dari ide dan kesuksesan mereka di Inggris.
 
Tier 4(Student) Visa
 
Visa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan perkuliahan doktorat mereka di pendidikan tinggi Inggris. Mahasiswa yang memiliki visa ini harus disponsor oleh universitas mereka, dan dapat tinggal di Inggris dengan hak kerja tanpa batas selama 12 bulan setelah wisuda.
 
Tier 5 Youth Mobility Scheme Visa
 
Mahasiswa dengan kebangsaan tertentu dapat mengajukan Tier 5 Youth Mobility Scheme visa. Visa ini mengijinkan Anda untuk tinggal dan bekerja di Inggris selama 2 tahun setelah wisuda.
 
 

Mencari jurusan

Inggris
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Inggris'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Inggris dalam satu buku digital praktis.