Informasi penting
Amerika Serikat: Before you leave

KULIAH DI AMERIKA TIDAK MENAKUTKAN

2927

Sesungguhnya, Kolese dan Universitas Amerika memberikan layanan mahasiswa yang sangat baik, bahkan lebih menyeluruh daripada yang diharapkan oleh mahasiswa internasional, terutama pada saat pertama kali tiba di kampus.Walau demikian, pengalaman pertama kuliah ke luar negeri, tetap saja akan diawali dengan rasa khawatir, canggung dan bingung.

 

APASAJA YANG DIANGGAP SULIT OLEH MAHASISWA INTERNASIONAL BARU?

 

1. BUDAYA

Belajar di negara asing adalah tantangan yang besar. Selain belajar dan berkomunikasi dengan bahasa asing, mahasiswa juga harus beradaptasi dengan budaya berbeda – baik budaya wilayah juga budaya akademis yang baru.

Baca lebih lanjut tentang ‘Kebudayaan Amerika

Solusi:

Berkenalan dengan orang baru, terutama jika ada kendala bahasa, memang bisa membuat kita canggung, takut salah bicara, dan lain sebagainya. Universitas sangat menyadari hal ini. Oleh karena itu di Amerika terdapat Students Union, yang menyediakan banyak klub dan perkumpulan, juga acara yang memberi kesempatan bagi para mahasiswa baru untuk bersosialisasi.

Sebenarnya sebagian mahasiswa baru merasakan hal yang sama: tidak tahu harus berbicara apa dengan orang baru, belum lancar dalam Bahasa Inggris, canggung untuk memulai pembicaraan, dan lain-lain. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir. Ikutilah salah satu klub yang sesuai dengan minat Anda. Berkumpul dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama tentunya lebih gampang memulai pembicaraan bukan?

 

2. STRUKTUR AKADEMIS

Struktur Akademis Amerika tentu saja sangat berbeda dengan Indonesia. Bagi mahasiswa yang belum terbiasa, tentu akan merasa panik. Perbedaan apa saja yang sangat terasa?

 

Partisipasi dalam kelas

Banyak mahasiswa internasional yang kaget bila ditanya pendapat mereka tentang persoalan akademis oleh dosen mereka. Perlu diketahui, sistem pendidikan Amerika sangat mendorong mahasiswa untuk mengutarakan pikiran dan pendapat mereka, ketimbang hanya menyerap apa yang dijelaskan oleh dosen.

Mahasiswa diharapkan untuk berpartisipasi dalam diskusi kelas. Partisipasi mahasiswa akan dinilai dan menentukan nilai akhir mereka nanti. Hal ini juga merupakan salah satu hal menakutkan mahasiswa yang tidak berbahasa Inggris sebagai bahasa pengantar utama.

Solusi:

Yang membuat mahasiswa internasional tidak terbiasa adalah kendala bahasa, dan untuk sebagian orang adalah rasa kurang percaya diri.

Untuk hal ini, Anda tidak perlu khawatir, karena di universitas tersedia kelas Bahasa Inggris untuk membantu mahasiswa yang belum lancar, dan juga terdapat banyak workshop yang melatih cara berpresentasi, berbicara di depan umum, dan kiat-kiat melatih kepercayaan diri. Percayalah, dengan banyak berlatih dan menghadapi rasa takut, Anda secara tidak sadar akan terbiasa, dan tidak lagi canggung untuk tampil di depan umum. Ini adalah salah satu kelebihan dari kuliah di Amerika, yang ‘memaksa’ Anda untuk keluar dari zona nyaman Anda.

 

Sistem Penilaian dan Tugas

Ujian akhir adalah yang paling menentukan nilai akhir mahasiswa. Banyak yang tidak terbiasa dengan banyaknya tugas, penilaian sepanjang semester, yang padahal sudah merupakan hal biasa di institusi pendidikan di Amerika. 

Salah satu yang menjadi khas kuliah di Amerika adalah, mahasiswa dituntut untuk mandiri, mencari bahan sendiri untuk tugas, atau bahkan mencari materi pelajaran tambahan.

Solusi:

Walau demikian, tidak berarti dosen tidak memperdulikan mahasiswanya. Malah sebaliknya dosen sangat antusias memberikan dukungan bagi mahasiswa mereka. Jangan takut untuk mendekati dosen jika terdapat kesulitan dalam belajar atau mengerjakan tugas.

Selain itu banyak juga universitas yang menyediakan pusat pembelajaran, atau mentor (pembimbing) yang melatih  mahasiswa internasional mengenai keahlian dalam mencari bahan untuk mengerjakan tugas, teknik-teknik menulis makalah, membuat catatan dan bahkan persiapan ujian.

 

Kuliah di Amerika sudah tidak terdengar menakutkan bukan? Segera mulai cari program kuliah di Amerika di Hotcourses!

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.