Informasi penting
Amerika Serikat: Before you leave

MASA ORIENTASI DI AMERIKA

2082

APA ITU ORIENTASI?

Semua universitas menyelenggarakan program orientasi sebelum perkuliahan dimulai. Bahkan sebagian universitas mengadakan orientasi khusus bagi mahasiswa internasional.

Tujuan program ini adalah membantu mahasiswa menyesuaikan diri dengan kehidupan universitas dan di Amerika. Mahasiswa akan dikenalkan dengan para dosen, staf, layanan dukungan serta fasilitas yang tersedia, bahkan mengadakan perjalanan ke kota, untuk supaya mahasiswa mengenal kampus, kota tempat tinggal dan sekitarnya.

 

ORIENTASI PENTING GAK YA?

Tentu saja penting. Terutama jika ini adalah pengalaman pertama Anda berkuliah di Amerika. Dengan mengikuti program ini, Anda akan mendapatkan banyak sekali informasi berguna untuk memperlancar kuliah serta memaksimalkan pengalaman Anda di universitas.

Selain penting, orientasi juga sangat menarik, jadi sayang sekali melewatkan program orientasi. Universitas sangat memahami bahwa banyak mahasiswa yang mungkin masih sulit untuk menyesuaikan diri dengan kehidupan baru di universitas, dan mungkin masih canggung untuk berkenalan dengan orang baru. Sehingga, pada saat orientasi biasanya diadakan banyak acara dan permainan untuk membantu mahasiswa baru berbaur dengan dosen, staf universitas dan sesama mahasiswa baru lainnya.

 

INFORMASI PENTING YANG DIBERIKAN SAAT ORIENTASI

1. KAMPUS DAN ISINYA

Kampus di Amerika sangat besar, butuh waktu untuk mengenal dang mengingat letak tiap ruangan dan fasilitas. Pastikan Anda tahu dimana ruang kuliah Anda berada, dan beberapa fasilitas penting seperti perpustakaan, laboratorium komputer, kantin, toko buku dan tempat lain yang mungkin akan sering Anda kunjungi.

 

2. INFO SEPUTAR KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Informasi ini mencakup cara praktis menggunakan handphone dan layanannya di Amerika, info tentang lokasi bank, dan transportasi umum.

 

3. CULTURE SHOCK DAN SOLUSINYA

Universitas memiliki Academic Success Centre yang mendiskusikan perbedaan budaya yang mungkin dapat Anda rasakan di ruang kelas, kampus, dan sekitarnya.

Jawaban dari pertanyaan seperti "Mengapa orang disini melakukan hal tersebut?" "Perlukah Saya memakai ini ke kelas?" dan "Apa yang dimaksud oleh professor ketika Ia mengatakan hal tersebut?” dapat menjadi sangatlah berbeda di luar negeri. Di Amerika, mahasiswa sarjana dapat mengikuti kelas yang membantu mereka memahami perbedaan budaya dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi kehidupan mereka. Tanyakan tentang kelas seperti ini di kampus Anda, karena akan membantu Anda memahami lebih baik dan beradaptasi dengan perbedaan.

Baca tentang Culture Shock dan cara mengatasinya.

 

4. LAYANAN DUKUNGAN BAGI MAHASISWA INTERNASIONAL

Universitas di Amerika menyediakan fasilitas yang sangat lengkap untuk mendukung dan membantu pembelajaran mahasiswa. Banyak workshop, pusat layanan (misalnya Academic Success Centre) dan fasilitas yang tersedia untuk mengasah keahlian mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan, seperti keahlian membuat catatan sambil mendengarkan kuliah dari dosen, teknik menulis makalah, menyusun tugas dan lain sebagainya. Pastikan Anda mengetahui tempat yang perlu Anda tuju di saat menemukan kesulitan dalam mengikuti perkuliahan.

 

Jangan malu untuk bertanya pada masa orientasi. Pertanyaan mahasiswa internasional akan dilayani dengan baik. Jika merasa perlu untuk mencatat, lakukanlah. Atau Anda dapat memanfaatkan handphone untuk mencatat dan merekam pada saat Anda membutuhkan.

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.