Informasi penting
Amerika Serikat: Prospek Karir

BEKERJA SETELAH LULUS DI AMERIKA

7458

Seperti apa pasar kerja di Amerika?

Sebagai negara dengan perekonomian terkuat di dunia, pasar kerja di Amerika tidak pernah sepi. Walau sempat menurun di tahun-tahun sebelumnya, di tahun 2014 merupakan tahun dengan perkembangan terbaik sejak resesi tahun 2009, dengan perkembangan 3.2% pada tahun 2013.

 

Amerika memiliki industri yang kuat dalam sektor ekonomi, keuangan dan perbankan, serta media, dengan 35% dari perusahaan-perusahaan tersebut menambahkan lowongan kerja baru pada tahun 2014, seperti analisis keuangan, penasihat keuangan, akuntansi dan auditing.

 

Selain itu industri Media juga telah menunjukkan perkembangan tahunan sebesar 6.1% sejak 2009-2014.

 

 

 

Dapatkah saya menetap di Amerika?

OPT atau Visa Kerja

Lulusan yang ingin menetap di Amerika setelah kuliah memiliki 2 pilihan: mendaftar untuk Optional Practical Training Programme (OPT) atau mengajukan permohonan visa kerja.

 

Masa Tenggang

Setelah visa pelajar Anda berakhir, Anda akan memasuki masa tenggang atau ‘grace period’ untuk meninggalkan Amerika, memperpanjang visa atau memohon visa baru. Seberapa lama Anda bisa tinggal sebelum meninggalkan Amerika tergantung jenis visa plejar Anda: pemegang visa F-1 diijinkan untuk tinggal selama 60 hari, sedangkan pemegang visa M-1 dan J-1 hanya diijinkan untuk tinggal selama 30 hari.

 

 

 

OPT

Pemegang visa F1 diperkenankan untuk menyelesaikan pekerjaan sementara selama 1 tahun dalam bidang yang berhubungan dengan bidang kuliah. Ijin ini berlaku satu kali untuk setiap tingkatan kuliah. Misalnya, Anda akan menerima 1 kali ijin OPT begitu menyelesaikan gelar Bachelor, dan 1 kali lagi setelah menyelesaikan gelar Masters

 

Pengajuan OPT

Anda perlu mengumpulkan formulir OPT I-20 ke international di universitas Anda. Jika diterima, maka universitas akan mengurus Student and Exchange Visitor System (SEVIS). Anda kemudian akan menerima dokumen imigrasi baru yang diperlukan untuk mendapatkan OPT dengan cara mengirimkannya ke imigrasi Amerika.

 

Pelajari lebih lanjut mengenai OPT di artikel lain: Visa Untuk Bekerja Sambil Kuliah Di Amerika

 

Visa Kerja

Jenis visa kerja paling umum yang dapat diperoleh mahasiswa internasional adalah Temporary Working Visa (H-1B). Dengan visa ini, Anda dapat menetap di Amerika selama 3 tahun, dan dapat diperpanjang hingga 6 tahun. Untuk keterangan lebih lanjut silahkan kunjungi situs US Bureau of Consular Affairs.

 

Proses Pengajuan Visa Kerja

Lulusan internasional tidak dapat mengajukan permohonan visa ini secara pribadi. Mereka harus telah mendapatkan penawaran kerja terlebih dahulu, dan majikan merekalah yang akan mengajukan visa tersebut.

 

Untuk mendapatkan visa ini, Anda harus terlebih dahulu mempunyai gelar sarjana. 

 

Green Card

Jika Anda ingin menetap secara permanen di Amerika, Anda memerlukan ‘Green Card’. Setelah mendapatkan visa kerja, Anda dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan Green Card. Sama halnya dengan visa kerja, majikan Andalah yang harus mengajukan permohonan ini untuk Anda.

 

Pelajari lebih persyaratan untuk Green Card di situs US Department of Homeland Security.

 

 

 

Cara mencari  kerja?

Ada dua istilah untuk tempat mencari kerja di Amerika: ‘hidden’ market dan ‘open’ market.

 

Hidden Market

Pekerjaan-pekerjaan di hidden market tidak diiklankan secara umum, dan biasanya disabarkan lewat koneksi, misalnya universitas Anda. Banyak universitas yang mengadakan career fair, dan ini adalah kesempatan bagus untuk membangun koneksi. Di kesempatan tersebut, Anda dapat berbincang-bincang, meminta kartu nama, ataupun bocoran mengenai posisi yang sedang kosong atau akan dibuka di perusahaan yang berpartisipasi dalam career fair.

 

Ada baiknya jika sebelum lulus Anda mulai melihat-lihat perusahaan mana yang Anda minati. Anda dapat mengikuti media sosial mereka, mendaftar untuk newsletter, dimana sering diumumkan adanya lowongan kerja yang tidak diumumkan secara umum.

 

Selain itu bergabung dengan banyak organisasi atau perkumpulan yang relevan dengan bidang studi Anda juga sangat membantu untuk mencari tahu mengenai lowongan pekerjaan yang tersedia.

 

 

Open Market

Open market mengumumkan lowongan kosong secara umum. Anda dapat menemukannya di banyak situs seperti IdeaListUSA Jobs atau American Job Centre.

 

Banyak juga sumber lokal seperti Los Angeles Times job board atau Boston Jobs Today yang mengumumkan ketersediaan lowongan kerja.

 

 

 

Dapatkah universitas membantu?

Dibandingkan dengan negara lain, unviersitas Amerika sangat suportif dalam membantu mahasiswa mereka menemukan pekerjaan.

 

Setiap universitas Amerika yang menerima mahasiswa internasional diharuskan oleh hukum negara untuk memiliki setidaknya satu kantor Designated School Official (DSO) yang memberikan bantuan dan panduan bagi mahasiswa internasional. Disini mereka mengatur janji temu dengan penasihat, memberikan gambaran tentang budaya kerja Amerika, dan membantu mahasiswa untuk memulai karir. Misalnya, Cornell University menyediakan booklet yang dapat Anda unduh, yang memberikan panduan mengenai cara mencari pekerjaan bagi mahasiswa internasional, termasuk sumber dimana mereka dapat mencari kerja, tips-tips menghadiri wawancara, informasi tentang ijin kerja dan etika bisnis Amerika.

 

 

 

 

 

Sekarang, setelah mengetahui universitas Amerika sangat suportif dalam membantu mahasiswa internasional untuk menemukan pekerjaan setelah lulus kuliah, jangan ragu untuk mulai mencari program kuliah di Amerika yang cocok untuk Anda. 

 

Baca juga:

Visa Untuk Bekerja Sambil Kuliah Di Amerika

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.