Informasi penting
Amerika Serikat: Prospek Karir

KULIAH & BEKERJA – MAHASISWA INTERNASIONAL DI AMERIKA

1428

Kuliah di Amerika cukup mahal. Bekerja sambilan dapat meringankan sebagian biaya hidup disana. Dan juga dapat menambah pengalaman kerja dan nilai plus untuk CV Anda, Apasaja yang perlu diketahui sebelum mencari pekerjaan sambilan?

 

Dapatkah Saya Bekerja?

Kesempatan bekerja di Amerika cukup banyak. Akan tetapi peraturan yang ditetapkan oleh US Citizenship and Immigration Services (USCIS) sangat ketat.

Anda perlu memiliki visa F1. Dengan visa tersebut, Anda diijinkan untuk bekerja 20 jam per minggu pada masa perkuliahan, dan mahasiswa tahun pertama hanya dapat bekerja dalam kampus, misalnya sebagai staf di toko buku, perpustakaan, kantin dan tempat lain di dalam kampus.

Anda juga dapat bekerja di luar kampus, akan tetapi pekerjaan tersebut haruslah merupakan bagian dari program kuliah Anda, misalnya magang atau penempatan kerja.

 

Tahun Pertama

Visa pelajar F1 Those on an F1 hanya mengijinkan mahasiswa bekerja 20 jam per minggu pada masa perkuliahan, dan pekerjaan tersebut haruslah dalam kampus. Walau terdengar sangat terbatas, Anda tidak perlu khawatir. Kampus di Amerika sangatlah besar, sehingga terdapat cukup banyak lowongan kerja, baik itu di took buku, kafe, took, gymnasium, restoran, kantor kampus dan lainnya.

Di Amerika, umur di bawah 21 tahun tidak diijinkan untuk minum minuman keras, sehingga jika Anda berumur di bawah 21 tahun, Anda tidak diijinkan untuk bekerja di bar atau pekerjaan yang menangani alkohol.

 

Setelah Tahun Pertama

Setelah tahun pertama, Anda dapat mendaftar ke USCIS untuk dapat bekerja di luar kampus. Dengan demikian kesempatan kerja Anda lebih luas.  

Mahasiswa pascasarjana dapat bekerja di bidang yang lebih berfokus pada akademis, seperti asisten dosen atau professor, atau asisten penelitian untuk penelitian dan proyek. Untuk dapat bekerja di bidang ini, mahasiswa harus memiliki tingkat keahlian berbahasa Inggris yang tinggi. Keuntungan dari bekerja di bidang ini adalah pengalaman kerja ini dapat menambah pengalaman dan nilai plus bagi Anda, terutama jika Anda ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat Doktorat atau ingin mengejar karir dalam bidang akademis.

Jika Anda mengalami kesulitan keuangan untuk menyelesaikan kuliah, Anda dapat mengajukan permohonan untuk mendapatkan ijin kerja.

 

Yang Perlu Diperhatikan

Anda harus mempelajari kondisi visa Anda sedetil mungkin mengenai peraturan dan hak kerja. Majikan di Amerika tidak bertanggung jawab atas visa Anda. Banyak juga majikan yang memperkerjakan mahasiswa internasional secara illegal. Oleh karena itu, berhati-hatilah. Anda dapat mengkonfirmasikan dengan kantor universitas terlebih dahulu sebelum menerima pekerjaan.

 

Cara Mencari Kerja?

Universitas adalah tempat terbaik untuk mulai mencari kerja. Jika ternyata kondisi visa Anda belum memungkinkan, universitas dapat mengarahkan Anda untuk mendapatkan pekerjaan magang atau pengalaman kerja yang memenuhin persyaratan yang ditentukan oleh visa Anda.

Selain universitas, Anda juga dapat mencoba mencari di surat kabar, situs-situs online seperti Craig's List.

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.