Informasi penting
Amerika Serikat: Essentials - Wajib dibaca

Kebudayaan Amerika

35746

Perbedaan budaya dapat membingungkan setiap orang. Apalagi bagi para mahasiswa Asia yang kuliah ke Amerika Serikat, dimana terdapat perbedaan yang besar antara budaya barat dan timur. Akan tetapi, jika dipelajari dahulu, Anda bisa mepersiapkan diri untuk beradaptasi dengan kehidupan Amerika dengan lebih baik.

Menghadapi perbedaan budaya

Cobalah untuk mendengarkan pengalaman teman ataupun saudara Anda yang pernah berkunjung ke Amerika Serikat untuk mengenal lebih jelas kebudayaan disana agar tidak membingungkan Anda nantinya.

Amerika Serikat adalah negara majemuk yang terdiri dari banyak suku bangsa sehingga kebudayaan disana begitu bervariasi. Mayoritas penduduk disana memiliki nenek moyang yang berasal dari negara lain.

Walaupun Anda tidak seharusnya mempercayai yang Anda tonton di televisi, tetapi Anda bisa mendapatkan gambaran umum tentang budaya penduduk disana yang cenderung lebih santai dan informal. Terkadang Anda bisa mengobrol panjang dengan orang yang Anda tidak kenal sewaktu berdiri di antrian panjang, dimana hal ini merupakan kejadiaan yang tidak biasa di timur.

Mengucapkan salam

Mengucapkan salam di Amerika Serikat cenderung informal, pastikan Anda tersenyum dan memanggil seseorang dengan menggunakan nama pertama mereka. Jika Anda sedang bersama teman-teman Anda jangan lupa untuk saling memperkenalkan mereka. Jabat tangan merupakan hal yang umum dan ucapan "Hello" umum dipergunakan untuk memulai percakapan. Orang Amerika cenderung berbicara terbuka apa adanya. Jangan tersinggung dengan ucapan mereka, karena mereka pada dasarnya tidak menyukai obrolan yang sekedar basa basi.

Etika

Acara makan malam di Amerika Serikat cenderung santai dan informal sehingga janganlah kaget bila Anda menghadiri suatu perjamuan makan malam dimana para hadirin berpakaian santai. Yang harus diingat disana adalah mulailah makan Anda ketika sudah dipersilahkan oleh sang Tuan Rumah.

Pakaian

Penduduk di bagian timur cenderung berpakaian lebih formal dibanding di daerah barat. Mahasiswa disana cenderung untuk memakai sesuatu yang nyaman dan cenderung kasual. Bila Anda menghadiri interview, tentunya Anda tetap harus hadir dalam pakaian yang lebih formal.

Kehidupan kampus

Kehidupan kampus di Amerika Serikat sangat berbeda dengan yang biasa Anda rasakan. Disana suasana belajar cenderung santai dan informal. Di Amerika, Anda tidak perlu malu untuk bertanya. Para staf kampus cukup dekat dengan para mahasiswa, dimana para mahasiswa selalu didorong untuk datang ke kantor dan mendiskusikan apa saja, dari kesulitan dalam belajar hingga masalah pribadi. Mayoritas kampus juga menyediakan perkumpulan mahasiswa dan pelayanan khusus untuk mahasiswa internasional.

Budaya Amerika

Amerika terkenal akan banyak hal, tetapi olahraga, musik dan seni memegang peranan penting dalam kebudayaan disana. Olahraga yang paling populer di amerika adalah American Football, baseball, bola basket dan ice hockey. Amerika Serikat telah banyak memenangkan medali emas dan meraih berbagai penghargaan di pertandingan Olimpiade. Olahraga college juga berperan penting dalam kebudayaan olahraga di Amerika.

Unsur multikultuur di Amerika memberikan sumbangan yang besar dalam industri musiknya, dari pop, rock, jazz, hingga blues. Industri musik di Amerika merupakan industri musik kedua terbesar di dunia.

Selain musik, seni juga memainkan peranan besar dalam kebudayaan Amerika. Anda bisa menemukan berbagai teater musik, tarian, pertunjukan seni, fesyen hingga fotografi di Amerika. Terutama Kota New York, yang terkenal sebagai pusat mode di dunia. Di New York Juga terdapat Broadway, yang terkenal akan produksi teaternya, yang selalu mengadakan tur keliling kota. Jadi , dimana pun Anda kuliah di Amerika, Anda bisa saja menikmati seni teater Broadway.

Mengalami culture shock (kejutan budaya) merupakan hal yang normal bagi setiap mahasiswa internasional. apalagi yang berasal dari budaya Asia. Tetapi, jika Anda telah tinggal di Amerika untuk sementara waktu, Anda akan menemukan bahwa tidaklah sulit untuk beradaptasi dengan kehidupan disana. Anda bahkan akan menikmati kehidupan baru Anda di Amerika Serikat.

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.