Informasi penting
Amerika Serikat: Essentials - Wajib dibaca

Berhemat di Amerika Serikat

2358

Selain belajar, bersosialisasi dan bersenang-senang juga penting bagi para mahasiswa. Tetapi tentu saja semua ini harus disesuaikan dengan anggaran keuangan, terutama jika Anda ingin menghindari hutang. Maka berikut ini kami akan memberikan beberapa petunjuk yang bisa membantu Anda untuk menghemat pengeluaran.

Rekening Tabungan Anda

Sebagai mahasiswa internasional, Anda memiliki dua pilihan: Anda bisa tetap menggunakan rekening dari bank negara asal Anda yang mempunyai cabang di Amerika (misalnya HSBC), atau membuka rekening baru di bank Amerika. Kebanyakan mahasiswa memilih pilihan yang kedua, karena dengan demikian rekening Anda akan lebih mudah di atur dan bisa menghindari penundaan-penundaan yang tidak perlu.

Bukalah rekening baru sesegera Anda tiba di Amerika. Walau tersedia fasilitas pembukaan rekening online, sebaiknya Anda mengunjungi bank tersebut secara langsung. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih jelas, yang diterangkan langsung oleh customer service disana.

Anda perlu memikirkan pelayanan seperti apa yang Anda butuhkan dari bank. Karena biasanya setiap pelayanan dikenakan biaya. Jadi pilihlah pelayanan yang benar-benar Anda butuhkan. Misalnya apakah Anda memerlukan fasilitas online banking, atau rekening tabungan, atau Anda cukup hanya memanfaatkan rekening yang direkomendasikan oleh universitas Anda?

Jika Anda merasa lebih nyaman tetap menggunakan bank di negara asal Anda dan mengaksesnya di Australia, hubungilah bank Anda, dan diskusikanlah seberapa mungkin hal ini untuk dilaksanakan.

Telekomunikasi

Berkat perkembangan teknologi, telekomunikasi menjadi semakin mudah dengan biaya semakin terjangkau. Jika Anda memiliki smartphone, ada banyak aplikasi yang bisa Anda unduh untuk tetap bisa berkomunikasi dengan keluarga dan teman Anda. Misalnya Whatsapp dan Blackberry Messenger. Jika Anda lebih suka menggunakan telepon seluler, gunakanlah provider dari Amerika, karena provider internasional akan jauh lebih mahal.

Tentu saja Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Flickr, instagram atau Twitter yang gampang digunakan. Anda juga bisa membuat video call menggunakan aplikasi skype yang bisa Anda unduh di smartphone atau laptop Anda.

Pajak dan Hak Kerja

Bekerja sampingan bisa membantu Anda meringankan beban finansial Anda. Para mahasiswa internasional diijinkan untuk bekerja tanpa melebihi 20 jam per minggu semasa kuliah dan harus bekerja dalam kampus.

Kerja dalam kampus bisa berupa kerjaan-kerjaan yang tersedia di lingkungan kampus ataus memberikan pelayanan pendidikan bagi para mahasiswa pedidikan jarak jauh. Para mahasiswa internasional diijinkan untuk bekerja lebih lama disaat liburan. Para mahasiswa dengan visa F1 atau J1 harus memiliki nomor sekuritas yang mencatat pendapatan mereka.

Salah satu kelebihan dari kerja sambilan adalah Anda bisa mendapatkan diskon khusus karyawan. Misalnya Anda bekerja di toko elektronik, biasanya karyawan toko akan diberikan diskon jika mereka beberlanja di toko tersebut. Atau ada beberapa restoran tertentu yang menanggung makan karyawan mereka semasa jam kerja. Dengan bekerja di restoran Anda juga bisa mendapatkan tips dari tamu-tamu restoran yang puas dengan pelayanan Anda.

Pekerjaan dalam kampus digaji sedikit lebih rendah dari upah minimum $7.25 per jam, sedangkan di negara bagian lain, seperti Washington, mempunyai gaji minimum yang lebih tinggi yaitu $9.19 per jam.

Menghemat Pengeluaran Harian

Banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk menghemat pengeluaran Anda di Amerika. Salah satunya adalah dengan ISE card, terutama jika Anda ingin menjelajahi Amerika. Kartu ini dapat memberikan potongan harga untuk berbagai tempat wisata serta biaya perjalanan. 

Jika Anda tinggal di akomodasi bersama, Anda dapat mengajak teman-teman sekamar atau separtemen untuk membeli dalam jumlah banyak. Banyak supermarket yang memberikan tawaran "beli satu gratis satu", baik untuk makanan ataupun keperluan sehari-hari lainnya. Memasak dengan sayuran dan buah segar lebih sehat, selain itu juga bisa lebih murah daripada makanan cepat saji. 

Salah satu cara yang paling sering digunakan untuk berhemat di Amerika adalah penggunaan kupon. Kupon dapat digunakan untuk mendapatkan potongan harga. Kupon-kupon tersebut dapat diperoleh di situs-situs seperti Retail Me Not, Current Codes dan Coupon Cabin.

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.