Informasi penting
Amerika Serikat: Essentials - Wajib dibaca

Mengapa Kuliah di Amerika Serikat?

2548

Tahun lalu, terdapat 764,500 orang mahasiswa internasional yang kuliah di Amerika Serikat. Hingga saat ini, Amerika masih menjadi tujuan kuliah terpopuler di dunia.

 

Amerika Serikat terdiri dari 50 negara bagian. Populasi Amerika Serikat yang berjumlah sekitar 315,045,000 orang, merupakan populasi ketiga terbesar di dunia. Dipengaruhi oleh letak dan bentuk geografisnya, Amerika Serikat memiliki iklim yang sangat bervariasi.

 

Pendidikan di Amerika Serikat

Pendidikan di Amerika Serikat merupakan salah satu sistem pendidikan terbaik di dunia. Anda bisa menemukan berbagai institusi dengan berbagai program menarik di Amerika Serikat. Institusi pendidikan tinggi di Amerika Serikat menawarkan banyak program belajar yang fleksibel dan multifungsi yang disesuaikan dengan kebutuhan para mahasiswa internasional.

 

Anda bisa selalu mengubah program Anda untuk menyesuaikan dengan bidang karir yang ingin Anda tekuni, ataupun mengambil kombinasi program untuk menyesuaikan dengan minat Anda. Kuliah di Amerika memberikan banyak kesempatan bagi para pelajar untuk melakukan penelitian, mempraktekkan teknik pengajaran dan pelatihan. Dibandingkan dengan negara-negara lain, Amerika menghasilkan banyak pemimpin dalam bidang medis, teknologi dan sains.

 

Menurut Times Higher Education World University Rankings pada tahun 2012 – 2013, Amerika Serikat memiliki 15 universitas yang memasuki 20 besar universitas terbaik di dunia, dimana California Institute of Technology menempati peringkat pertama dan Stanford University di peringkat kedua.

 

Di Luar Kelas

Disamping mempelajari berbagai teori dan materi belajar di dalam ruang kelas, sistem pendidikan Amerika Serikat sangat mementingkan kualitas hidup sosial para mahasiswanya dengan menawarkan banyak kegiatan ekstra kurikuler di luar kelas. Dari berbagai klub di bidang sosial, kebudayaan hingga olahraga, ada banyak pilihan kegiatan bagi para mahasiswa, dimana mereka berkesempatan untuk bergaul dengan para mahasiswa lainnya.

 

Walau berada dalam satu negara, negara-negara bagian Amerika serikat memiliki pemandangan, warga dan nilai-nilai yang berbeda. Dari Kota New York yang sibuk dan semarak, hingga padang gurun Nevada, dan dari pantai-pantai dan taman-taman bermain di Florida hingga pegunungan Alaska, Amerika Serikat adalah negara yang kaya dengan berbagai macam pemandangan dan gaya hidup. Alangkah baiknya jika Anda memanfaatkan masa kuliah Anda untuk menjelajahi daerah-daerah yang menarik minat Anda.

 

Cuaca

Cuaca di Amerika Serikat sangat bervariasi tergantung dari letak geografis masing-masing daerah.

 

Di timur laut pasifik, seperti Washington dan Oregon adalah tempat terbasah di Amerika. Walau demikian, temperatur disana masih mencapai sekitar 32’C, dan akan lebih panas. Musim dingin disana cukup dingin, Anda harus mempersiapkan pakaian-pakaian hangat.

 

Di bagian tengah atau selatan pasifik seperti California, Wyoming, Colorado, Utah dan Montana, udara akan menjadi sangat kering di saat musim panas. California terkenal akan cuacanya yang bersahabat, Anda bisa membawa pakaian renang Anda. Colorado, Utah dan Nevada terkenal akan permainan ski di musim dingin. Anda perlu mempersiapkan baju hangat Anda saat musim dingin disana.

 

Jika Anda berada di barat daya: Arizona, Texas, Oklahoma dan beberapa bagian dari Louisiana dan Arkansas, maka Anda berada di tempat yang paling panas, dengan curah hujan yang tinggi. Di sini Anda perlu selalu menyiapkan payung dan jas hujan. Musim panas disini sangat panas, dengan temperatur yang hampir selalu di atas 38’C.

 

Di timur laut dan tenggara sering turun hujan sepanjang tahun, dengan iklim yang hangat sewaktu musim panas dan musim gugur. Musim dingin di sini tidak akan berlangsung terlalu lama.

 

Dakotas, Michigan, Wisconsin, Indiana dan Illinois yang berada di tengah barat cenderung beriklim cukup kering. Musim dingin di daerah ini bisa saja sangat dingin, bersalju dan berangin, dengan temperatur rendah hingga -40’C. Disini Anda benar-benar memerlukan jaket tebal dengan lapisan thermal. Musim panas di sini cukup bersahabat dan Anda bisa bersantai dengan pakaian musim panas Anda.

 

Dengan mempelajari iklim tempat kuliah Anda, Anda bisa mempersiapkan pakaian dan bawaan Anda dengan lebih baik.

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.