Informasi penting
Amerika Serikat: Akomodasi Pelajar

HOMESTAY DI AMERIKA

3089

PERUSAHAAN HOMESTAY AMERIKA MENJAWAB PERTANYAAN PALING POPULER YANG SERING DIUTARAKAN OLEH MAHASISWA TENTANG HOMESTAY DI LUAR NEGERI, TERMASUK BAGAIMANA TUAN RUMAH HOMESTAY DISELEKSI, PERATURAN YANG HARUS DITAATI MAHASISWA, DAN APA YANG DILAKUKAN UNTUK MENYELESAIKAN SEGALA SENGKETA.

 

Jika tidak mendapatkan tempat di akomodasi dalam kampus...

Mahasiswa disarankan untuk memilih homestay atau tinggal di asrama luar kampus karena faktor keamanan yang lebih terjamin, dan juga dengan demikian mahasiswa akan lebih dapat merasakan kebudayaan dan kehidupan warga setempat. Pertama kalinya hidup di negara asing, tentunya wajar saja jika mahasiswa menghadapi banyak kebingungan atau pertanyaan. Dengan homestay, tuan rumah senantiasa dapat menjadi tempat mahasiswa bertanya atau bahkan curhat.

Tidak sembarang tuan rumah dapat menawarkan homestay. Universitas memberikan daftar tuan rumah homestay yang bereputasi baik, yang sudah biasa menerima mahasiswa internasional, sehingga mereka lebih dapat mengerti ‘anak’ mereka dengan baik, misalnya mengerti keterbatasan Bahasa Inggris, lebih sabar dalam menjelaskan sesuatu, menghibur ‘anak’ yang kesulitan beradaptasi atau homesick dan lain-lain.

Sara’s Homestay adalah perusahaan Amerika yang membantu mahasiswa asing mendapatkan homestay dan asrama di Amerika maupun luar negeri. Presiden dan pemilik – Michael Grodinsky, menjawab beberapa pertanyaan populer seputar homestay:

 

Banyak mahasiswa internasional yang memilih akomodasi didalam kampus, terutama pada tahun pertama mereka. Dapatkah Anda menjelaskan kepada kami beberapa keuntungan untuk tinggal di luar kampus bagi mereka yang ragu untuk tinggal jauh dari kampus?

‘Ada beberapa alasan mengapa banyak mahasiswa yang memilih homestay di luar kampus:

  • Lingkungan kekeluargaan; sebuah rumah yang jauh dari keluarga;
  • Meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris;
  • Membantu mahasiswa membiasakan diri terhadap kebudayaan atau kota setempat;
  • Beberapa mahasiswa akan memilih homestay untuk tahun pertama atau kedua untuk membantu mereka menyesuaikan diri dengan kehidupan di Amerika, dan kemudian pindah ke apartemen sendiri atau bersama dengan teman;
  • Kurangnya ketersediaan tempat tinggal di dalam kampus;
  • Homestay biasanya lebih murah dibanding dengan tinggal di dalam kampus.

 

Bagaimana mahasiswa dapat memutuskan jika mereka lebih cocok untuk homestay atau asrama?

'Mahasiswa yang memilih homestay datang dari beragam latar belakang sosial. Kebanyakan memilih homestay karena ingin meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mereka dan mempelajari kebudayaan Amerika. Merayakan Thanksgiving dengan keluarga Amerika tentunya berbeda dengan merayakan bersama teman-teman di kampus.

Menurut Michael, kebanyakan dari mahasiswa yang memilih untuk tinggal di asrama adalah mahasiswa jurusan program DanceDrama Studies, Pembuatan Film, dan program ESL. Mereka lebih memilih untuk tinggal di Asrama dikarenakan lokasinya lebih memudahkan mereka untuk sampai ke kelas mereka.

 

Apasaja peraturan Homestay yang harus ditaati?

Kami menyarankan mahasiswa untuk menghargai tuan rumah dan keluarga mereka. Peraturan yang ditentukan oleh tuan rumah harus ditaati. Misalnya aturan tentang jam malam, larangan untuk merokok, atau membawa teman untuk menginap.

 

Bagaimana kalian (Sara’s Homestay) menyelesaikan masalah yang timbul antara mahasiswa dan tuan rumah homestay mereka?

‘Menurut pengalaman kami, sebenarnya masalah timbul hanya dikarenakan perbedaan budaya yang mengakibatkan salah paham. Misalnya tuan rumah menganggap mahasiswa “tidak sopan atau kasar”, padahal sebenarnya mereka tidaklah bermaksud demikikan. Sebagai contohnya, mahasiswa dari negara-negara tertentu tidak selalu mengucapkan ‘Thank You’ karena itu bukan hal yang umum di negara mereka, sedangkan di Amerika, ini adalah bagian dari etika.

Kesimpulannya kebanyakan masalah dapat diselesaikan dengan komunikasi dan penjelasan sederhana. Tidak perlu selalu memandang negatif mengenai konflik, karena terkadang konflik dan resolusi adalah aspek penting dalam pembelajaran antar budaya.’

 

Barang bawaan apa yang sering lupa dibawa mahasiswa internasional?

‘Klien kami (tuan rumah homestay) banyak mengeluhkan tentang mahasiswa internasional yang lupa membawa adaptor listrik. Salah satu tuan rumah mengatakan kepada saya bahwa mereka harus keluar larut malam untuk mencarikan mahasiswa adaptor untuk komputernya. Perlu diketahui bahwa adaptor untuk charger tertentu sangat mahal atau bahkan sulit ditemukan.’

 

Bagaimana Sarah’s Homestay menyeleksi tuan rumah homestay? Apakah ada proses khusus untuk memastikan standar yang tinggi agar kebutuhan mahasiswa terpenuhi?

‘Kami mengirimkan representatif kami ke masing-masing rumah yang mendaftar, dan menilai apakah mereka memiliki lingkungan aman, bersih dan terdapat fasilitas umum. Tuan rumah diwawancara mengenai pekerjaan dan aktifitas sosial mereka. Kami juga menjalankan tes terhadap latar belakang setiap orang dewasa yang berada di dalam rumah sewaktu mahasiswa datang. Jika mahasiswa memberikan keluhan ataupun tuan rumah tidak mengikuti standar yang diterapkan, kami akan memindahkan mahasiswa dan mencoret tuan rumah tersebut dari daftar kami. Terkadang kami menolak tuan rumah dan mereka menjadi sangat marah kepada organisasi kami, tetapi kami hanya bisa mengabaikannya, karena mahasiswa ada prioritas utama kami’

 

Dari mana saja klien (mahasiswa) Anda berasal?

‘Tentunya kami menangani mahasiswa internasional. Hingga saat ini kami mayoritas klien kami berasal dari China, dan juga Jepang dan Korea Selatan. Belakangan ini, kami mendapat banyak mahasiswa dari Brazil. Terdapat trend menanjak dari mahasiswa yang berasal dari Amerika Latin, tidak saja dari Brazil, tetapi juga Kolombia dan Chili. Saat ini, kami mulai menyediakan jasa pertama kali untuk Perancis. Banyak negara Eropa yang mengirimkan mahasiswa dan kelompok mahasiswa kepada kami setiap tahunnya. Musim panas adalah yang tersibuk, terutama dengan banyaknya kelompok besar yang datang dari seluruh dunia.’

 

Apa pilihan akomodasi yang Anda tawarkan dan dimanakah lokasinya?

‘Kami menawarkan beberapa pilihan untuk mahasiswa. Pilihan The Executive adalah yang paling eksklusif dari empat alternatif kami. Lokasinya terletak di pusat kota dan juga memiliki satu atau lebih dari fasilitas berikut: bangunan mewah, pengawas penuh waktu, kamar tidur yang beperabot lengkap serta kamar mandi pribadi.

Pilihan Premium atau Superior memastikan Anda memiliki akses mudah ke pusat kota. Rumah yang berperabot lengkap dengan dekorasi, dan terletak di kawasan perumahan mewah. Pilihan ini biasanya termasuk dengan kamar mandi pribadi, dan juga termasuk piano untuk mahasiswa musik.

Pilihan Standard atau apartemen bersama menawarkan kamar tidur pribadi yang berperabot lengkap di lingkungan yang aman, dengan akses mudah ke transportasi umum dan sarapan setiap pagi. Kamar single berarti hanya satu orang saja yang ada di kamar tersebut. Tidak ada orang lain yang bersama di kamar tersebut. Kamar double adalah pilihan untuk dua mahasiswa yang datang bersama dan ingin tinggal di kamar yang sama. Kamar double dapat memiliki dua ranjang twin atau satu ranjang berukuran queen atau king.

Kami juga memiliki bangunan tempat tinggal di pusat kota Manhattan seperti asrama. Kamar memiliki fasilitas ranjang, lemari es, tempat cuci piring, cermin, kamar mandi, meja dan kursi. Bangunan ini memiliki laundry, dapur, ruang tunggu, komputer dan Wi-Fi

Kami menyediakan homestay di berbagai tempat di Amerika mulai dari New York, Miami, Boston, Seattle, Texas, Chicago, Los Angeles, San Francisco, San Diego dan setiap kota besar di Amerika. Kami juga menyediakan lokasi di belahan dunia lain seperti Paris, London, Israel, Spanyol, Australia, Kanada, Irlandia, dan kami sedang mengembangkan untuk wilayah China.’

Apakah kekuatiran Anda tentang akomodasi telah terjawab? Cari program kuliah di Amerika sekarang! Atau cari tahu lebih lanjut tentang Sara's Homestay jika Anda tertarik dengan pilihan Homestay.

 

Baca juga:

Biaya hidup di Amerika

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.