Informasi penting
Amerika Serikat: Info Jurusan

5 Top Universitas di Amerika untuk menjadi Penulis

1992
Apakah kamu hobi mengarang? Menulis cerita dan novel? Teman-teman memuji ide tulisan kamu menarik? Bahkan pernah juara kompetisi mengarang cerpen di majalah? Kamu mungkin cocok mengambil jurusan menulis (creative writing) sebagai pilihan kuliah. 5 top universitas di Amerika ini pantas kamu pertimbangkan…

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
sumber: berkuliah.com
 

1. Emory University (Atlanta, Georgia)

 

 

Didirikan pada 1836, Emory Univeristy terkenal secara internasional karena fakultas seni liberalnya yang fenomenal. Emory University dikenal sebagai universitas terbaik bagi kamu yang ingin menjadi seorang penulis. Kampus ini memberikan fleksibilitas bagi mahasiswanya untuk memilih program-program yang diminati. Mahasiswa jurusan Bahasa Inggris diwajibkan untuk mengambil satu mata kuliah, yaitu menulis puisi. Beberapa jurusan penulisan yang ditawarkan adalah: puisi, fiksi, non-fiksi, menulis naskah drama , dan  naskah.

 
Seperti apa kampus Emory Univeristy?
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

2. Johns Hopkins University (Baltimore, Maryland)

 

John Hopkins University memiliki sejarah panjang dalam ilmu penulisan. Universitas ini telah menghasilkan  para penulis yang kompetitif dan berkualitas di bidangnya dan siap bersaing di dunia internasional. Johns Hopkins University menyediakan beberapa program penulisan seperti creative writing, namun saat ini Universitas Johns Hopkins berfokus pada program yang meningkatkan kemampuan menulis, seperti penulisan sastra, analisis kritis dan pendidikan sastra.

 
 

3. Massachusetts Institute of Technology (Cambridge, Massachusetts)

 

Program pendidikan di perguruan tinggi ini identik dengan program yang berhubungan dengan teknik, teknologi, dan ilmu Komputer. Namun, Massachusetts Institute of Technology juga menawarkan program menulis ekstensif dan unik. Program ini terkenal karena menghasilkan penulis yang dapat menghadapi persaingan di dunia kerja .

 
Seperti apa kampus MIT?
 
 
 

4. Hamilton College (Clinton, New York)

 

 

Hamilton College tidak hanya terkenal sebagai universitas berkualitas tinggi, tetapi juga memiliki pusat penulisan yang telah diakui secara nasional.
Hamilton College juga menyediakan bantuan finansial bagi mahasiswa.
 
 
 

5. University of Washington (St. Louis, Missouri)

 

 

Yang popular dari universitas ini adalah program Wash U's creative writing. Program ini menawarkan beberapa jenis kursus penulisan. Selain kursus penulisan puisi dan fiksi, Wash U's creative writing juga menawarkan topik spesial yang dinamakan The Short-Short, Sudden Fiction dan Microfiction, Literary Journalism, dan Suburb Stories.

 

Mencari jurusan

Amerika Serikat
Pascasarjana
TENTANG PENULIS

Hotcourses Indonesia menyediakan informasi dan membantu proses melamar kuliah di luar negeri.

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.

Coba lihat...