Informasi penting
Amerika Serikat: Pendaftaran Universitas

Pendidikan Tinggi di Amerika Serikat

2747

Pendidikan tinggi di Amerika Serikat dikenal baik untuk kualitasnya yang prima, aksesibilitasnya yang mudah, dan fleksibilitasnya. Pendidikan tinggi di Amerika umumnya merupakan perpaduan antara institusi pemerintah dan swasta, beberapa di antaranya merupakan institusi yang berdiri sendiri secara otonom.

Universitas Negara Bagian

Universitas negara bagian didirikan dan disubsidi oleh pemerintah. Biaya kuliah umumnya lebih rendah daripada universitas swasta, dan penduduk yang tinggal di negara bagian tersebut membayar biaya pendidikan yang lebih murah daripada penduduk dari luar negara bagian tersebut. Universitas negara bagian umumnya menerima lebih dari 20.000 mahasiswa. Mahasiswa internasional termasuk dalam klasifikasi penduduk luar negara bagian dan umumnya harus memenuhi persyaratan pendaftaran yang lebih ketat daripada mahasiswa yang tinggal di dalam negara bagian tersebut.
 

Institusi Swasta

Institusi swasta mendapatkan pembiayaan dari uang kuliah, dana hibah dan donasi yang didapatkan dari mahasiswa dan alumninya sendiri. Biaya kuliah cenderung lebih tinggi daripada universitas negara bagian dan tidak ada perbedaan biaya kuliah antara penduduk dalam atau luar negara bagian. Institusi-institusi ini cenderung menerima lebih sedikit mahasiswa jika dibandingkan dengan universitas negara bagian. Institusi keagamaan umumnya juga merupakan institusi swasta.


Kolese Teknis dan Kejuruan

Kolese teknis dan kejuruan menawarkan program jangka pendek untuk melatih mahasiswa dalam bidang kejuruan tertentu serta mengajarkan keterampilan spesifik. Waktu kuliah umumnya adalah 2 tahun.

 

Community College

Community college menawarkan program associate degree dua tahun serta program teknis atau kejuruan. Community college bisa saja dibiayai pemerintah ataupun didirakan secara swasta dan umumnya memiliki tautan yang kuat dengan organisasi yang membiayainya. Biaya kuliah di community college pada umumnya lebih rendah dan kebanyakan kolese tersebut memiliki hubungan kerjasama dengan universitas agar mahasiswa dapat transfer ke universitas partner pada tahun ketiga program S1.


Bagi sebagian besar mahasiswa internasional, community college selama dua tahun atau junior college merupakan jalur persiapan menuju pendidikan universitas. Setelah kuliah dua tahun di junior college, mahasiswa kemudian transfer ke universitas atau four-year college di tahun ketiga. Mahasiswa internasional membayar biaya kuliah penuh jika kuliah di community college, namun biaya tersebut umumnya tetap lebih murah daripada biaya kuliah universitas atau college selama empat tahun di daerah yang sama.

Berikut adalah syarat umum pendaftaran community college:

• Sertifikat Sekolah Menengah Atas/ Diploma IB
Mahasiswa internasional diwajibkan untuk tamat 12 tahun pendidikan dasar dan menengah sebelum mendaftar ke community college di Amerika. Harap menghubungi langsung institusi pendidikan untuk syarat pendaftaran untuk masuk langsung ke program gelar S1.

• Kemampuan Bahasa Inggris
Anda juga diwajibkan untuk menyertakan hasil test TOEFL (Test of English as a Foreign Language) sebagai bukti kemampuan bahasa Inggris. Persyaratan TOEFL untuk community college biasanya lebih rendah daripada institusi pendidikan empat tahun. 

Tahun ajaran universitas di Amerika Serikat dimulai pada bulan September dan berakhir di bulan Mei. Umumnya tahun ajaran dibagi menjadi dua semester dan juga termasuk semester pendek intensif pada musim panas. Semester pendek memungkinkan mahasiswa untuk menyebar beban jumlah program kuliah mereka dan juga menyelesaikan program S1 mereka dalam waktu yang lebih singkat.

 

Link berguna dan bacaan terkait

  • Cari tahu informasi lainnya mengenai universitas dan program kuliah di halaman kuliah di Amerika.

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.