Informasi penting
Amerika Serikat: Pendaftaran Universitas

Aplikasi pendaftaran dan penerimaan

2124

Tes penerimaan - TOEFL, SAT, GMAT, IELTS, GRE

Tergantung pada jenis program kuliah yang Anda minati, Anda akan diwajibkan untuk melakukan satu atau lebih tes penerimaan standar.
Karena semua sekolah memiliki persyaratan berbeda, sistem penilaian dan standar, nilai atau transkrip biasanya bukan yang terbaik untuk mengukur kemampuan mahasiswa. Tes standar memungkinkan kantor pendaftaran membuat keputusan yang lebih terinformasi dan lebih adil karena tes ini dirancang untuk mengukur keterampilan mahasiswa seperti pemecahan persoalan dan pemikiran kreatif, daripada hanya pengetahuan mereka akan suatu subjek.

TOEFL (Test of English as a Foreign Language):
Jika Anda merencanakan untuk belajar di AS, Anda akan diminta untuk melakukan tes TOEFL untuk memperlihatkan kemahiran Anda berbahasa Inggris. Setiap kolese atau universitas memiliki persyaratan nilai yang perlu Anda capai untuk dapaat diterima pada institusi tersebut. (Nilai minimum bagi banyak jurusan adalah 213 atau lebih) TOEFL berbasis komputer di sebagian besar negara-negara, namun di beberapa tempat Anda dapat diberi tes berbasis kertas. Ujian terdiri dari pertanyaan pilihan ganda dan pertanyaan esai. Bagian-bagian ini dijelaskan di bawah:

Mendengarkan - Bagian ini akan mengukur kemampuan Anda untuk mengerti bahasa Inggris Amerika. Anda akan mendengar pembicaraan melalui headphone dan menjawab pertanyaan tentang dialog tersebut.

Struktur - bagian ini akan mengukur kemampuan Anda untuk mengerti tulisan dalam bahasa Inggris. Bagian ini mencakup teks bahasa Inggris resmi daripada pembicaraan santai yang digunakan pada bagian mendengarkan.

Membaca - Bagian ini adalah pemahaman bacaan dan kosakata yang menguji pemahaman Anda akan alinea-alinea dalam naskah.

Menulis - Bagian ini mencakup satu pertanyaan esai. Ini akan mengukur kemampuan Anda untuk mengatur dan mendukung suatu argumentasi dengan menulis esai.
Sangat disarankan Anda turut serta dalam kelas persiapan TOEFL atau berlatih dengan sarana belajar TOEFL sebelum menjalani ujian ini.

SAT (Scholastic Aptitude Test):
SAT diperlukan dari seluruh mahasiswa AS yang mendaftar untuk program sarjana di kolese atau universitas AS. Ujian ini diwajibkan untuk semua warga negara AS dan mungkin diperlukan dari mahasiswa internasional juga, tergantung kolese atau program yang Anda ingin diterima. Ujian ini memiliki bagian matematika dan tes verbal dengan pertanyaan yang sebagian besar berupa pilihan ganda. Bagian matematika akan mencakup pertanyaan tentang aritmatika, aljabar, geometri, probabilitas dan bilangan cacah dan lain-lain. Bagian verbal memiliki kategori yang mencakup:

Analogi - ini akan mengukur kemampuan Anda untuk memahami kata-kata dan hubungan antara kata-kata.
Menyelesaikan kalimat - bagian ini akan mengukur kemampuan Anda untuk menyelesaikan kalimat melalui logika.

Membaca secara kritis - bagian ini akan mengukur kemampuan Anda untuk membaca teks dan berpikir kritis tentang isinya.

GMAT (Graduate Management Admission Test):
GMAT dipandu oleh Graduate Management Admission Council (GMAC) yang terdiri dari 131 fakultas yang memiliki program MBA. GMAT telah di desain untuk mengukur keterampilan verbal, angka, analisa dari mahasiswa yang berencana untuk mendaftarkan diri di kolese untuk program studi MBA dan mata kuliah terkait. Tes ini adalah berbasis komputer dan merupakan pilihan ganda serta pertanyaan esai. Seperti dengan ujian lainnya, lebih daripada sekadar mengukur jumlah pengetahuan yang Anda miliki, tes ini mengukur kemampuan Anda untuk menggunakan pengetahuan yang Anda miliki melalui pemecahan persoalan dan pemikiran kreatif.

IELTS (International English Language Testing System):
Ada dua jenis ujian IELTS; akademis dan umum. Untuk pendidikan tinggi, ujian akademis IELTS lebih disukai dan mungkin dipersyaratkan oleh beberapa universitas di samping TOEFL. Nilai yang lebih disukai oleh banyak kolese dan universitas adalah 6.0 atau lebih tinggi. Nilainya mungkin bervariasi bagi negara asal pelamar dan persyaratan dari kolese.
 
GRE (Graduate Record Examination):
Tes ini dipersyaratkan bagi mahasiswa yang ingin mendaftarkan diri pada program sarjana atau pascasarjana dalam subjek kajian sosial, kajian rekayasa teknis dan banyak lagi. GRE memiliki dua format: satu umum, satu tes subjek dan salah satunya harus dilakukan oleh mahasiswa yang telah memiliki gelar sarjana S1 atau telah melakukan pelatihan pada mata kuliah utama atau subjek tertentu. Ujian umum berlaku untuk semua program dan subjek. Tes subjek di lain pihak, dirancang khusus untuk 8 gelar pascasarjana termasuk biokimia, biologi, kimia, ilmu komputer, sastra Inggris, matematika, fisika dan psikologi.

Program kuliah dalam jaringan (online)
Program kuliah dalam jaringan menyatukan beragam metode penyampaian dan banyak program dapat dipelajari seluruhnya di negara Anda sendiri. Dengan demikian Anda dapat melengkapi seluruh program kuliah tanpa melakukan perjalanan ke Australia, Singapura atau Inggris dan AS untuk lokakarya dan seminar, sementara lainnya dapat mensyaratkan beberapa bentuk kehadiran di negara-negara tersebut atau pada institusi pendidikan mitra setempat. Periksalah dengan lembaga pendidikan pilihan Anda untuk mencari tahu apakah program kuliah 100% dalam jaringan atau juga memerlukan kehadiran Anda.

Pilihan belajar purna waktu dan paruh waktu biasanya tersedia pula. Dengan keduanya Anda dapat didukung melalui beragam media termasuk materi studi tercetak dan internet, dan Anda akan berkomunikasi dengan pembimbing Anda dan mahasiswa lainnya melalui surat, email atau dalam jaringan melalui konferensi video dan fasilitas chatting.
Anda dapat mempelajari program kuliah pada setiap tingkat termasuk: sertifikat program S1, diploma dan gelar; pascasarjana Master dan MBA serta kualifikasi profesional melalui pembelajaran dalam jaringan (online).

Kelayakan
Persyaratan penerimaan untuk menjalani program studi dalam jaringan akan bervariasi tergantung pada institusi dan kualifikasi yang ingin Anda peroleh. Persyaratan ini dirancang untuk memastikan bahwa saat Anda diterima pada program kuliah, Anda dapat mengatur pelajaran Anda dengan sukses. Sebagian besar institusi akan mensyaratkan standar bahasa Inggris yang baik, karena cara penyampaian materi program kuliah dan cara pekerjaan Anda akan dinilai.
 

Peringkat universitas

Ada banyak peringkat universitas dan kolese yang mengkualifikasi institusi pada setiap rentang faktor dari penelitian akademis, kinerja mahasiswa, penelusuran terhadap para pendidik dan mahasiswa yang ada/calon mahasiswa. Tabel peringkat lainnya dan daftar peringkat secara spesifik memberi kualifikasi atas program akademis atau jurusan.

Peringkat institusi pendidikan biasanya berperan penting dalam proses pengambilan keputusan dari calon mahasiswa, namun demikian adalah sangat penting untuk berhati-hati jika peringkat memiliki masukan atau dukungan dari institusi itu sendiri.

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.