Informasi penting
Amerika Serikat: Pendaftaran Universitas

Pendidikan Pascasarjana (S2/S3)

2097

Tertarik untuk kuliah di AS? Ada baiknya Anda ketahui dua jenis kualifikasi kelulusan yang ditawarkan di AS: Gelar master dan doktoral.

Gelar master
- Gelar master akademis
Master of Arts (MA) atau Master of Science (MSc) biasanya diberikan setelah dua tahun melakukan kombinasi program kuliah dan penelitian. Program kuliah yang diperlukan adalah antara 30 dan 60 kredit, serta tesis dan/atau tes lisan. Ini dapat mengarah langsung pada kajian tingkat doktoral.

- Gelar master profesional
Gelar ini biasanya mengarah ke suatu profesi tertentu dan bukan kajian doktoral. Ini mencakup gelar MBA (Master of Business Administration), MEd (Master of Education), MSW (Master of Social Work), MFA (Master of Fine Arts), dan lain-lain. Biasanya memerlukan 36 sampai 48 jam kredit kuliah dan tidak memerlukan tesis.

Gelar doktoral
PhD adalah gelar doktoral yang paling umum, yang mengharuskan mahasiswa menghasilkan sebuah penelitian asli yang signifikan, menulis disertasi dan berhasil mempertahankan hasil kerja mereka di hadapan panel. Kelengkapan siklus kerja doktoral dapat memakan waktu sekitar lima sampai delapan tahun. Gelar doktoral profesional, termasuk EdD (Doctor of Education) dari DBA (Doctor of Business Administration) melibatkan gabungan program kuliah dan penelitian.

Kriteria Kelayakan
Gelar Sarjana (S1) 
Anda biasanya akan diminta untuk menyelesaikan gelar program S1 (sarjana S1) selama empat tahun lamanya sebelum memasuki program master.

• Tes penerimaan
Pada tingkat master dan doktoral, beberapa jurusan dapat mensyaratkan Anda untuk mengambil GRE (Graduate Recruitment Test) atau GMAT (Graduate Management Admission Test). Tes lainnya seperti MAT (Miller Analogy Test) - Tes Analogi Miller untuk belajar di bidang pendidikan atau psikologi mungkin diperlukan. Ujian mata kuliah spesifik lainnya mungkin diperlukan, misalnya untuk belajar kedokteran, hukum dan kedokteran gigi. Periksalah dengan institusi pendidikan Anda ujian pendaftaran yang mana yang mereka syaratkan.
Anda juga akan diminta untuk membuktikan kemampuan berbahasa Inggris yang cukup dengan menyediakan nilai TOEFL atau tes bahasa Inggris lainnya yang disetujui.

Proses pendaftaran program pascasarjana
Anda sudah harus mulai proses pendaftaran antara 12 sampai 18 bulan sebelum tanggal mulainya pelajaran di tempat yang Anda tuju agar dapat melihat-lihat institusi pendidikan yang berbeda dan melengkapi tes apapun yang diperlukan serta untuk mencari informasi mengenai pendanaan dan peluang mendapatkan beasiswa. Saat sudah membuat daftar singkat dari institusi pendidikan yang ingin Anda daftar, Anda harus menyiapkan aplikasi Anda.

Masing-masing institusi pendidikan menentukan batas waktu pendaftaran sendiri. Pada umunya antara bulan Januari dan Maret, meskipun bisa saja lebih awal atau lebih lambat. Ada baiknya Anda mengajukan pendaftaran selekas mungkin.

Aplikasi dibuat langsung ke institusi pendidikan yang di tuju, dan biasanya mencakup

• Formulir pendaftaran
• Biaya pendaftaran
• Kredensial akademis: foto kopi diploma asli, gelar atau gelar profesional dan transkrip universitas (nilai yang diberikan) yang disertifikasi/disahkan
• Nilai tes (GRE, GMAT, MAT, TOEFL atau lainnya)
• Pernyataan pribadi di mana Anda wajib memberikan garis besar yang jelas tentang tujuan dan pencapaian ambisi akademis Anda.
• Surat rekomendasi, biasanya dari guru atau pemberi kerja yang dapat menulis tentang pekerjaan dan potensi Anda.
• Beberapa universitas mungkin mensyaratkan laporan keuangan untuk mengkonfirmasikan bahwa Anda memiliki dana cukup untuk membiayai pendidikan program S1 Anda.
• Beberapa universitas, khususnya sekolah bisnis, akan mewawancarai calon secara internasional. Staf universitas atau alumni dapat melakukan wawancara ini.

Biasanya Anda akan menerima surat penawaran sekitar pertengahan April untuk program kuliah yang akan dimulai pada bulan September.

Mencari jurusan

Amerika Serikat
Pascasarjana
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.