Informasi penting
Amerika Serikat: Pendaftaran Universitas

Tes GRE: wajib sebelum daftar S2 di AS

8860

Besarnya persaingan di dunia pendidikan, universitas perlu menerapkan kriteria ketat untuk menyaring mahasiswa yang pantas dan sesuai untuk memenuhi bangku mereka. Ujian GRE (Revised General  Test) dirancang khusus untuk mencerminkan gaya pikir yang akan diharapkan dari Anda saat melanjutkan pendidikan pascasarjana. Artikel kali ini, Hotcourses memberikan informasi seputar GRE dan tips yang dapat Anda terapkan saat mengikuti ujian ini.

Apa itu GRE?

Ujian GRE dirancang untuk mengukur tingkat kemampuan siswa dalam memahami bacaan rumit dan menganalisa informasi kuantitatif. Ujian ini diikuti oleh kandidat mahasiswa yang berencana untuk mengikuti program S2 / S3 mereka, pada umumnya di Amerika Serikat dan negara berbahasa Inggris lainnya.

Ujian in terdiri dari beberapa bagian berikut ini:

Verbal Reasoning

Bagian ini mengevaluasi kemampuan Anda menelusuri makna keseluruhan sebuah teks atau untuk membedakan poin-poin penting. Disamping itu, Anda akan diuji dalam kemampuan menganalisa teks, menyusun kesimpulan, menemukan kekurangan dari tulisan tersebut , dan mengidentifikasikan argument-argumen. Bagian ini terdiri dari dua kategori:

  • Pemahaman bacaan

Yang akan diuji adalah kemampuan Anda dalam menganalisa bacaan tertulis dan menggabungkan sejumlah pengertian dari teks dan menyimpulkan ide baru.

  • Pemahaman kalimat

Pertanyaan-pertanyaan pada bagian ini akan meminta Anda untuk menemukan dan menganalisa hubungan di antara kata, kalimat dan konsep. Kata-kata penting dari bacaan akan dihapus dan Anda akan diminta untuk mengisi spasi kosong dengan kata yang sesuai untuk menghasilkan kalimat-kalimat yang logis dan bermakna.

Analytical Writing

Bagian ini menguji keterampilan Anda dalam berpikir kritis dan menulis analitis. Dua hal ini sangat penting untuk kesuksesan Anda pada program pascasarjana. Anda perlu mengartikulasi dan mendukung ide-ide rumit, menyusun dan mengevaluasi argument, dan menerapkan diskusi yang fokus dan jelas. Bagian ini terdiri dari dua kategori:

  • Mengembangkan argumen sendiri: Anda akan diberikan opini terhadapat suatu permasalahan yang bersifat umum. Anda akan diminta untuk mengevaluasi isu tersebut, mempertimbangkan kerumitannya dan mengembangkan sejumlah argumen konkret dan contoh untuk mendukung pandangan Anda.
  • Menganalisa argumen orang lain: Anda akan diberikan sebuah argumen yang nantinya akan Anda evaluasi sesuai perintah yang diberikan. Anda perlu teliti dan mengupasnya dengan kritis.

Tips untuk menjawab bagian ini:

  • Selalu baca petunjuk sebelum menjawab soal: pastikan Anda teliti.
  • Coba bedakan argumen yang sang penulis tekankan hingga argumen yang bersifat spekulatif. Identifikasikan juga gaya keseluruhan bacaan, bagaimana penulis mengembangkan dan menghubungkan argumen-argumennya.
  • Selalu baca setiap jawaban pada pilihan ganda sebelum Anda menentukan keputusan. Selalu ingat bahwa Anda akan dinilai berdasarkan informasi yang tersedia dari bacaan.
  • Jawaban yang benar adalah yang paling tepat menjawab pertanyaan sesuai dengan bacaan yang diberikan. Jangan sampai pilihan-pilihan pada pertanyaan menipu Anda.
  • Pada tes menulis analitis, ada baiknya Anda memerhatikan dan menetapkan waktu kerja: misalnya, 30 menit pada setiap soal akan memberikan Anda waktu yang cukup untuk perpikir, menyusun argumen, menulisnya, dan memeriksa kembali tulisan Anda.
  • Ingat bahwa ujian berbasis komputer tidak memiliki fungsi untuk mengecek penulisan dan tatabahasa Anda. Pastikan Anda membaca ulang tulisan Anda sebelum mengumpulkan.

Quantitative Reasoning Measure

Bagian ini menguji pengetahuan matematika dasar Anda, seperti memecahkan sebuah soal dengan metode kuantitatif berupa aritmatika, aljabar, geometri, serta menganalisa data. Soal-soal dirancang sesuai tingkat SMA.

Sejumlah pertanyaan dalam bagian ini diambil dari permasalahan sehari-hari, namun terdapat juga yang bersifat murni matematika.

Tips untuk menjawab bagian ini:

  • Ingat bahwa jawaban Anda sudah berada di daftar (pilihan ganda). Jika jawaban Anda tidak sesuai dengan piilhan yang tersedia, coba pikirkan ulang metode Anda.
  • Hindari kalkulasi yang membutuhkan waktu yang panjang.
  • Saat Anda membaca sebuah data, fokus kepada informasi yang penting saja, bukan semua informasi yang diberikan

 

Nilai

  • Verbal Reasoning
  • Quantitative Reasoning
  • Analytical Writing

Nilai-nilai di atas mengikuti versi baru ujian GRE yang diterapkan sejak 1 Agustus 2011. Ujian berbasis komputer memiliki jenis pertanyaan baru dan fitur baru, seperti kalkulator dan editor.

 

Informasi lain

Ada sekitar 700 pusat ujian GRE di lebih dari 160 negara. Cek pusat GRE lokal Anda untuk informasi terbaru seputar biaya dan tanggal ujian.

Jika Anda memerlukan bantuan ujian semacam GRE, IELTS atau TOEFL,  Anda dapat mengikuti program persiapan.

Lihat daftar kami untuk program pascasarjana di Amerika Serikat dan cari tahu tentang aplikasi dan pendaftaran mahasiswa di AS.

 

Mencari jurusan

Amerika Serikat
Pascasarjana
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.