Informasi penting
Amerika Serikat: Pendaftaran Universitas

Mendaftar ke Universitas di Amerika

5677

Amerika Serikat merupakan negara yang paling diminati pelajar internasional untuk meneruskan pendidikan mereka. Hal ini membuat persaingan untuk diterima di universitas Amerika semakin ketat baik antara pelajar asing dari berbagai negara maupun antara pelajar asal Amerika sendiri. Oleh karenanya, kamu harus cerdik memilih universitas agar kemungkinan untuk diterima dan kuliah di Amerika semakin besar. Ada beberapa langkah yang sebaiknya kamu lakukan bila berniat untuk kuliah di Amerika:
 

Kunjungi situs universitas

Internet merupakan sarana yang sangat bermanfaat untuk mencari informasi mengenai universitas tujuan kamu. Kunjungi situs resmi universitas untuk mencari tahu persyaratan pendaftaran, beberapa universitas memiliki persyaratan yang lebih banyak dibandingkan dengan kampus lain. Informasi di situs resmi universitas umumnya paling akurat. Perhatikan baik-baik tanggal batas akhir pendaftaran. Universitas-universitas favorit umumnya memiliki batas akhir pendaftaran yang lebih cepat dibandingkan dengan universitas lainnya.

Bila ada informasi yang tidak jelas, jangan sungkan untuk menghubungi langsung pihak universitas melalui alamat email yang disediakan. Staf universitas umumnya akan dengan senang hati menjawab pertanyaan kamu. Kamu juga bisa minta brosur gratis yang biasanya akan dikirimkan ke alamat rumah atau melalui email.

Menurut sistem pendidikan di Amerika, kalender pendidikan dibagi menjadi dua, Fall dan Spring semester. Fall semester dimulai pada akhir bulan Agustus atau awal September, sementara Spring semester dimulai pada bulan Februari. Mahasiswa baru umumnya lebih banyak memulai di Fall semester.
 

Mendaftar paling sedikit di tiga kampus

Kalau kamu hanya memasukkan aplikasi pendaftaran ke satu kampus saja dan kemudian ditolak, maka buyarlah mimpi kamu untuk melanjutkan kuliah di Amerika. Untuk amannya, kamu perlu mengirimkan aplikasi ke tiga atau lebih kampus pilihan kamu. Dengan begitu, kemungkinan diterima akan lebih besar.

Ada pedoman yang bisa kamu terapkan dalam memilih kampus tujuan selain tentunya dengan melihat kemampuan dan prestasi belajar kamu. Pilihan pertama, pilih kampus terbaik dari jurusan yang kamu inginkan. Misalnya kamu ingin mengambil jurusan bisnis dan pilihan pertama kamu adalah Harvard University. Sedikit ambisius tetapi kalau kemampuan kamu memadai, kenapa tidak dicoba. Pilihan kedua, pilih kampus yang menurut kamu kemungkinan diterima atau ditolak sama besarnya. Sedangkan untuk pilihan ketiga, pilih kampus yang kamu yakin memiliki kesempatan untuk diterima hampir 100%. Begitu seterusnya, tergantung jumlah aplikasi yang ingin kamu kirimkan.

Proses aplikasi tiap universitas berbeda-beda namun umumnya tidak susah. Saat ini sudah banyak universitas yang menggunakan sistem aplikasi online. Kamu bisa mengisi formulir pendaftaran langsung secara online dan mengirimkan dokumen yang sudah di-scan. Namun ada juga universitas yang meminta kamu untuk mengirimkan dokumen yang diminta lewat pos.
 

Siapkan dokumen persyaratan pendaftaran sejak dini

Karena kamu akan mendaftar ke banyak universitas, maka dokumen untuk memenuhi persyaratan pendaftaran yang harus disiapkan juga lebih banyak ditambah lagi setiap universitas memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Ada beberapa persyaratan umum yang biasanya diminta:

  • Nilai GRE/GMAT (untuk program pascasarjana)
  • Nilai TOEFL
  • Transkrip nilai dan/atau ijazah terakhir
  • Surat rekomendasi (umumnya diminta 3 rekomendasi)
  • Statement of Purpose (esai karangan pendek menjelaskan mengapa kamu ingin mendaftar di universitas tersebut)

Mengurus dokumen persyaratan akan memakan waktu dan tenaga, jadi sebaiknya kamu siapkan dari jauh hari. Perlu kamu ketahui bahwa biaya pendaftaran setiap universitas berkisar antara $100 - $200.

Setelah mengirim semua aplikasi pendaftaran beserta dokumen yang diminta, maka kamu tinggal menunggu jawaban dari pihak universitas. Lama waktu pemberian jawaban apakah diterima atau ditolak dari setiap universitas berbeda-beda. Untuk pastinya bisa kamu lihat di situs universitas tersebut. Informasi mengenai hasil pendaftaran akan dikirimkan melalui email atau lewat pos.

 

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.