Informasi penting
Amerika Serikat: Pendaftaran Universitas

Suka Duka Kuliah di Amerika - CInta Laura

1069

“Carilah ilmu kemana saja, walau harus ke Negeri Cina”, Tampaknya pepatah ini mengilhami beberapa artis muda Indonesia. Sehingga, mereka tidak ragu untuk meninggalkan karir yang sedang menanjak demi pendidikan di luar negeri.

 

Mengapa harus kuliah ke luar negeri? Alasannya tentu saja bukan karena meragukan kualitas pendidikan dalam negeri. Tetapi, selagi masih muda, tak ada salahnya mencari berbagai pengalaman yang bisa memperkaya wawasan dan membuka pikiran. Ya nggak?

 

Cinta Laura bisa dibilang artis muda pertama yang merintis kuliah ke luar negeri di tengah karirnya yang sedang gemilang.

 

 

 

Seperti apa sih kuliah di luar negeri ala artis tenar?

 

Ternyata Cinta hidup mandiri dan sederhana di New York. Mahasiswi Columbia University itu tinggal di kamar asrama berukuran 4x2 meter. "Isinya kasur, meja belajar, lemari pakaian, itu doang," tuturnya dalam wawancara khusus dengan VIVAlife.

“Aku juga berbagi kamar mandi dengan sepuluh orang. Dua toilet digunakan bersama, mencuci baju sendiri, membersihkan kamar sendiri, dan kadang juga memasak sendiri.” cerita bintang film Oh Baby ini.

 

Walau harus melakukan semua sendiri, ternyata Cinta nggak merasa kesulitan tuh. “Aku justru pengen banget tinggal di asrama, dari dulu aku sudah bisa melakukan aktivitas rumah tangga, jadi ngga perlu belajar”, kata Cinta. Kemandirian Cinta Laura memang patut ditiru ya teman-teman.

 

 

Apa saja kesulitan yang dihadapi sewaktu kuliah di luar negeri?

 

Cinta cukup PD dengan keahlian bergaul dia, toh sebelumnya juga lulusan dari sekolah internasional di Jakarta, yang notabene pelajar-pelajar di sana banyak berasal dari mancanegara.

 

“Tapi aku sempat grogi juga pas hari pertama kuliah. Pasti tuntutan belajar di sini lebih tinggi daripada waktu SMU. Takut tidak bisa menuhin. Tapi setelah ikut kelas kuliah, ternyata dosennya sangat baik dan memotivasi banget. Aku jadi lebih tenang.” Ungkap Cinta.

 

 

 

Cinta berkata tidak perlu khawatir atau merasa takut. Karena di Amerika ada program orientasi, dimana mahasiswa internasional akan dikenalkan dengan kampus dan sekitarnya, para dosen, staf dan mahasiswa lain. Informasi yang diberikan komplit banget. “Dan plus, orang-orang di sini sangat ramah.” jelas Cinta.

 

 

Apa saran dari Cinta Laura untuk teman-teman yang berencana untuk kuliah ke luar negeri?

 

 

1. Mendaftarlah ke banyak universitas

 

“Aku daftar ke banyak universitas. Ada 7 malah. Enggak ada tujuan utama. Jaman sekarang susah masuk universitas yang bagus, karena banyak orang pintar. Aku enggak bisa terlalu percaya diri juga. Jadi kalau enggak diterima di satu universitas, ada cadangannya,” tutur Cinta.

 

Tapi, ternyata Cinta Laura sukses diterima di 7 Universitas di Amerika lho! 3 di antaranya adalah Columbia University (Universitas 5 besar terbaik di dunia), University Of California Berkeley (Universitas 10 besar terbaik di dunia), Ivy League (Fakultas bergengsi di Amerika). Cinta akhirnya memilih Columbia University di New York karena peringkat universitas yang masuk dalam 5 besar terbaik di dunia. Cinta boleh bangga, karena di angkatannya, dia adalah satu-satunya orang Indonesia yang diterima di Columbia University!

 

 

2. Masuk ke universitas terkenal tidak bisa hanya mengandalkan prestasi akademik (a.k.a. nilai rapor)

 

“Untuk bisa diterima di sini (Columbia University), selain pintar juga harus punya keahlian di luar bidang akademik, misalnya olahraga, sosial dan kesenian”, jelas Cinta.

 

 

Ini tidaklah menjadi halangan bagi Cinta, karena sejak SMU dulu, Cinta memang aktif berorganisasi, dan berkarir di dunia hiburan.

 

Jadi teman-teman, kalau kalian ingin mengikuti jejak Cinta, ingat untuk aktif ikut kegiatan sejak SMU ya, baik itu kegiatan organisasi atau ekskul di sekolah, atau kegiatan di luar sekolah.

 

 

 

3. Kuliah jurusan apa? Tentukan Cita-citamu dulu!

 

Kata Cinta, untuk menentukan jurusan dan arah kuliah, kamu bisa mulai memikirkan apa yang ingin kamu lakukan di masa depan. Baik itu suatu pekerjaan, atau apa yang ingin kamu perbaiki dari kehidupan sekarang.

 

Cinta memilih jurusan psikologi dan politik. Alasannya apa sih Cinta?

 

“Aku dari dulu sangat tertarik dengan perilaku manusia. Manusia itu kan punya tingkat kompleksitas yang tinggi dengan segala kemampuannya yang unik. Jadi aku mau tau semuanya. Aku ingin nantinya berguna untuk membantu orang lain. Apalagi kalau khusus untuk anak-anak remaja. Aku sendiri sebagai anak muda paham betul gejolak yang ada, permasalahan dalam hidup yang rumit dan tidak bisa di mengerti, kadang bisa membuat mereka cepat frustasi dan depresi. 

Nah aku ingin mencegah mereka melakukan hal-hal yang negatif. Banyak kan yang akhirnya memilih jalan pintas dengan bunuh diri. Aku ingin bisa berperan untuk mencegah hal itu terjadi. Itulah yang bikin aku merasa perlu dan tertarik untuk belajar psikologi.

Sedangkan politik adalah ilmu yang wajib untuk di pelajari. Kita jadi memahami berbagai sistem politik pemerintahan yang berlaku di berbagai negara. Ini juga banyak untungnya. Salah satunya biar bisa jadi modal untuk siap bekerja di PBB. Ha ha ha...”, cerita Cinta panjang lebar. Wah mulia sekali ya cita-cita Cinta.

 

 

 

 

4. Bikin rencana kedepan

 

“Setelah lulus S1, S2 aku maunya di Harvard, aku pengen jadi Duta PBB, kerja di World Bank atau jadi Minister Ekonomi Indonesia. Pendidikan sangat penting untuk mendapatkan sesuatu yang baik juga," jelas Cinta.

 

Setelah memikirkan cita-cita dan rencana ke depan, kamu akan lebih punya gambaran untuk merancang jalan yang akan kamu tempuh.

 

Misalnya seperti Cinta Laura, supaya bisa cepat melanjutkan kuliah S2 ke Harvard, doski mengejar 7 kelas dalam 1 semester (mahasiswa biasanya hanya mengambil 5 kelas per semester).  “Intinya, aku harus belajar ekstra lebih keras. Kalau semester kemarin, walaupun jadwal kelasku padat dan banyak tugas, aku masih sempat nonton, jalan-jalan nyoba restaurant baru sama teman-teman. Nah kayanya semester ini aku engga punya banyak waktu luang karena jauh lebih padat. Tapi ya engga apalah , ini memang tugas yang harus kulakukan kan? Belajar!” ucap pelantun Cinta atau Uang ini.

 

 

5. Prestasi itu penting, tetapi juga harus didukung oleh pengalaman kerja nyata

 

Cinta juga bercita-cita untuk menjadi artis Hollywood terkenal seperti Angelina Jolie, yang menjalankan banyak kegiatan sosial di dunia, atau bekerja di PBB.

 

Cita-cita tentunya tidak akan tercapai jika hanya diangan-angankan. Setelah memiliki cita-cita, kita harus membuat rencana untuk mencapai cita-cita tersebut.

 

Untuk dapat mencapai cita-citanya, Cinta Laura tidak hanya berusaha berprestasi secara akademik. Di sela-sela jadwal kuliah yang padat, Cinta juga meluangkan waktu untuk menjalani karir entertainment. Di sana, Cinta berhasil mendapatkan kesempatan untuk rekaman single. Single internasional pertamanya itu digarap di studio bertaraf internasional. “Ya, music director-nya juga bertaraf internasional. Penciptanya hebat, sama dengan yang ciptain lagu buat JLo, Christina Aguilera, dan lain-lain,” terangnya.

 

Cinta menjadi model video klip penyanyi Amerika - Cody Jay

 

 

Tak hanya itu, Cinta juga mengikuti casting beberapa film Hollywood. Cinta kemudian bergabung dengan Luber Roklin Entertainment.

“Aku bergabung di sini karena mereka mengerti kemauanku. Mereka tahu kalau prioritas utamaku adalah kuliah. Beberapa bulan yang lalu, aku ikut casting salah satu judul film. Tetapi, saingannya berat-berat. Artis Hollywood semua. Kesempatanku nggak begitu besar. Dan, yang dapat perannya adalah Amanda Seyfried. Ya, aku nggak apa-apa kok. Anyway, I try my best,” curhatnya.

 

Wah, berarti Cinta sebelum lulus kuliah pun sudah punya pengalaman di Hollywood ya. Salut deh sama kegigihan Cinta, tidak hanya lulus dengan predikat Cum Laude tapi juga punya jejak di Hollywood.

 

 

 

Apakah kamu juga ingin kuliah ke Amerika seperti Cinta? Mengapa tidak mulai mencari program kuliah di sini.

 

Hotcourses Indonesia juga menyediakan e-book GRATIS berisikan panduan lengkap untuk kuliah ke Amerika. Informasi-informasi penting seperti biaya kuliah, biaya hidup, bagaimana cara mendaftar, pengajuan visa pelajar, hingga pemilihan akomodasi (asrama) bisa kamu dapatkan hanya dengan satu klik:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber:

http://life.viva.co.id/news/read/432405-suka-duka-artis-belajar-di-luar-negeri

http://cah-mblitar.blogspot.co.id/2012/01/kuliah-di-amerika-cinta-laura-akan.html

http://clklifestyleofficial.blogspot.co.id/2012/01/cerita-cinta-laura-di-amerika.html

https://loverzcintalaura.wordpress.com/2012/02/06/cerita-cinta-laura-selama-di-amerika/

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.