Informasi penting
Amerika Serikat: Pendaftaran Universitas

Pendidikan Sarjana (S1)

1126

Pendidikan program S1 di AS secara garis besar berbasis pada filsafat seni liberal. Ini berarti bahwa tanpa menghiraukan jalur kuliah Anda, Anda akan dihadapkan pada beraneka ragam mata kuliah dalam ilmu pengetahuan sosial, budaya, bahasa dan ilmu pengetahuan alam.

Pada umumnya, gelar sarjana di AS disebut Bachelor Degree. Gelar ini sangat fleksibel dan memungkinkan Anda untuk menentukan jalur kuliah Anda sendiri. Gelar Bachelor diberikan saat Anda menerima angka kredit tertentu, yang biasanya memakan waktu empat tahun untuk menyelesaikannya. Masing-masing mata kuliah mendapatkan angka kredit berdasarkan jumlah jam kuliah, biasanya antara 3 atau 4. Untuk mendapatkan Gelar Bachelor Anda akan memerlukan 130 sampai 180 kredit.

Sebagian besar program gelar bachelor terdiri dari empat jenis program kuliah. Mata kuliah pokok adalah mata kuliah wajib yang ditetapkan oleh institusi pendidikan dan biasanya mencakup beraneka ragam mata kuliah ilmu budaya, ilmu pengetahuan sosial dan matematika. Mata kuliah utama Anda dikonsentrasikan pada mata kuliah yang Anda pilih dan mewakili antara 25 sampai 50 persen dari seluruh jumlah mata kuliah pada gelar bachelor Anda. Mata kuliah tambahan (minor) Anda adalah konsentrasi kedua terbesar dari program kuliah. Biasanya merupakan setengah dari jumlah kredit jurusan utama (major) Anda. Mata kuliah pilihan dapat dipilih dari jurusan apa pun dan akan melengkapi sisa kredit yang diperlukan untuk lulus.

Kriteria Kelayakan
• Sertifikat Sekolah Menengah Atas/ Diploma IB
Mahasiswa internasional diwajibkan untuk menamatkan 12 tahun pendidikan dasar dan menengah sebelum mendaftar ke community college di AS.

• Kemampuan Bahasa Inggris
Anda juga diwajibkan untuk menyerahkan hasil TOEFL (Test of English as a Foreign Language) Anda. Beberapa universitas dapat menerima alternatif ujian Bahasa Inggris seperti IELTS. Pastikan untuk memeriksa pada universitas yang dituju, kualifikasi Bahasa Inggris mana yang mereka terima sebelum Anda mendaftar.

• Tes standar lainnya.
Beberapa universitas mengharuskan mahasiswa internasional untuk menjalani tes penerimaan. Ada tiga tes utama untuk memasuki program gelar bachelor: SAT I (Scholastic Assessment Test I), SAT II Subject Tests, dan ACT (American College Testing). Ini adalah tes berbentuk pilihan ganda dan mengukur keterampilan yang diperlukan untuk memasuki program S1. Periksalah pada universitas yang Anda minati tentang tes penerimaan yang mana (jika ada) yang dipersyaratkan.

Proses pendaftaran program sarjana S1
Anda sudah harus memulai proses pendaftaran antara 12 sampai 18 bulan sebelum tanggal kuliah yang Anda tuju agar dapat meneliti institusi pendidikan yang berbeda-beda dan melengkapi tes apa pun yang diperlukan. Saat sudah membuat daftar singkat dari institusi pendidikan yang ingin Anda daftar, Anda harus menyiapkan aplikasi Anda.
Masing-masing institusi pendidikan menentukan batas waktu pendaftaran sendiri. Ini biasanya antara Januari dan Maret, meskipun bisa saja lebih awal atau lebih lambat. Sebaiknya Anda mengajukan pendaftaran selekas mungkin.

Aplikasi ditujukan langsung ke institusi pendidikan, dan biasanya mencakup
• Formulir pendaftaran
• Biaya pendaftaran
• Kredensial akademis, biasanya dinamakan transkrip.
• Nilai tes (TOEFL, SAT I, SAT II)
• Pernyataan pribadi di mana Anda wajib memberikan garis besar secara jelas tentang tujuan dan pencapaian ambisi akademis Anda
• Surat rekomendasi, biasanya dari guru atau pemberi kerja yang dapat menulis tentang pekerjaan dan potensi Anda.
• Beberapa universitas mungkin mensyaratkan Laporan Keuangan untuk mengkonfirmasikan bahwa Anda memiliki dana cukup untuk membiayai pendidikan program S1 Anda.
Biasanya Anda akan menerima surat penawaran sekitar pertengahan April untuk kuliah yang akan dimulai pada September.

Proses penerimaan di community college
Masing-masing institusi pendidikan menentukan batas waktu pendaftaran sendiri. Ini biasanya antara Januari dan Maret, meskipun bisa saja lebih awal atau lebih lambat. Sebaiknya Anda mengajukan pendaftaran selekas mungkin.
Aplikasi ditujukan langsung ke institusi pendidikan, dan biasanya mencakup
• Formulir pendaftaran
• Biaya pendaftaran
• Kredensial akademis, biasanya disebut transkrip.
• Tes kemahiran Bahasa Inggris (TOEFL)
• Beberapa community college mungkin mensyaratkan laporan keuangan sebagai konfirmasi.

Mencari jurusan

Amerika Serikat
Sarjana
TENTANG PENULIS

Hotcourses Editor is the mysterious, faceless force made up of all our different contributors over the years. From masters in their field to top notch journos, take a peek at some of the talent we’ve had the pleasure of working with.

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.