Informasi penting
Amerika Serikat: Pendaftaran Universitas

Peringkat Universitas di Amerika Serikat

2597

Hadapi saja; memilih universitas memang sebuah keputusan besar – tetapi bukan berarti Anda perlu menentukannya dengan kesulitan. Yang terpenting, ingatlah bahwa ini adalah pilihan positif – di institusi manapun Anda pasti dapat menkimati masa-masa kuliah! Disamping itu ada banyak sumber di luar sana yang bisa membantu Anda menentukan pilihan yang tepat. Salah satu cara  populer adalah dengan menggunakan tabel liga universitas. Artikel kali ini editor Hotcourses Alejandra menjelaskan bagaimana sistem pemeringkatan ini bekerja untuk universitas di Amerika Serikat.

Dengan begitu banyak universitas dan kolese yang menyatakan merekalah pilihan yang tepat, bagaimana Anda bisa menentukan keputusan?

Langkah pertama, ada baiknya Anda mengetahui faktor terbesar apa yang akan mempengaruhi pilihan Anda. Apakah itu untuk mencari program kuliah yang sesuai, negara tujuan atau faktor keuangan.

Amerika Serikat, misalnya, menawarkan banyak cara untuk melangsungkan kuliah Anda, maka menentukan jalur pendidikan di negara Paman Sam ini bisa menyenangkan dan membingungkan! Jika kuliah di AS menarik perhatian Anda, cari tahu lebih dahulu seputar sistem pendidikan mereka dan perbedaan di antara universitas dan kolese. Di sinilah kegunaan tabel liga institusi dapat digunakan!
 

Peringkat Kolese dan Universitas U.S. News & World Report

Disusun sejak tahun 1983 oleh U.S. News & World Report, laporan pemeringkatan ini dianggap luas sebagai yang paling berpengaruh. Sejumlah kriteria penilaian termasuk:

• Reputasi institusi yang bersangkutan oleh presiden, rektor, dan dekan dari institusi lain

• Reputasi institusi menurut survei dari sekitar 1,800 konselor sekolah menengah atas

• Nilai ujian siswa yang diterima, proposi siswa yang diterima dengan nilai tinggi di SMA

• Fasilitas fakultas: ukuran kelas, gaji pengajar, tingkat kemampuan pengajar, perbandingan jumlah mahasiswa dengan pengajar, proporsi pengajar purna waktu

• Pengeluaran keuangan bagi setiap mahasiswa

• Prestasi lulusan

• Kontribusi alumni


Washington Monthly

Didirikan pada tahun 1969, majalah ini mulai mengeluarkan laporan prestasi universitas dan kolese nasional sejak tahun 2005 dan menerbitkannya setiap tahun. Institusi pendidikan dinilai berdasarkan kontribusi mereka terhadap masyarakat dalam tiga kategori:

  • Mobilitas Sosial: menerima mahasiswa berpendapatan rendah dan keberhasilan mereka untuk lulus
  • Penelitian: menghasilkan beasiswa dan program Doktor yang mutakhir
  • Layanan: mendorong mahasiswa untuk menghasilkan sesuatu untuk negara mereka

 

The Top American Research Universities

The Centre for Measuring University Performance telah memperingkatkan universitas Amerika pada the Top American Research Universities sejak tahun 2000. Penilaian mereka berdasarkan data sebagai berikut:

  • Publikasi penelitian
  • Kutipan dari makalah yang diterbitkan
  • Pengakuan dan pendanaan
  • Kualitas akademis sarjana (skor SAT)

 

American Council of Trustees and Alumni Report

The American Council of Trustees adalah organisasi nirlaba yang memiliki misi untuk mendukung pendidikan seni liberal dan pemikiran filosofis. Karena itu, kriteria penilaian mereka dibagi menurut tujuh bagian seni dan pemikiran liberal untuk menentukan kesuksesan kurikulum sebuah institusi. Tujuh bagian tersebut adalah:

 

  • Komposisi: Kelas menulis kolese yang fokus kepada tata bahasa, gaya, kejelasan, dan argumen.
  • Sastra: Survei program atau perkenalan untuk bidang yang luas
  • Bahasa Asing: Kemampuan menguasai gramatika pada tingkat menengah
  • Pemerintah AS atau Sejarah
  • Ekonomi: prinsip dasar ekonomi, sebaiknya program pengantar mikro atau makro-ekonomi
  • Matematika: Program untuk tingkat perguruan tinggi. Ilmu alam atau fisik.

 

The Princeton Review

The Princeton Review adalah perusahaan yang menyediakan program persiapan ujian dan konsultan pendidikan. Setiap tahunnya, mereka mempublikasikan buku Best Colleges of USA dan belum lama ini mengeluarkan laporan Best Value Colleges 2011. Beberapa kriteria penilaian mereka adalah:

  • Faktor akademis seperti kualitas mahasiswa yang tertarik dengan institusi dan bagaimana para mahasiswa menilai pengalaman akademis mereka.
  • Biaya pendidikan, ruang kelas, dan dana yang dibutuhkan. Untuk kolese umum, kegunaan dana pemerintah dipertimbangkan.
  • Bantuan keuangan, termasuk hibah penelitian dan beasiswa, atau uang gratis (free-money) yang diberikan kepada mahasiswa, presentase lulusan yang menerima uang pinjaman untuk biaya sekolah, dan hutang rata-rata mereka. Survei juga merangkap kepuasan mahasiswa terhadap bantuan keuangan yang mereka terima.

Untuk membaca laporan lengkap oleh Princeton, silakan kunjungi situs USA TODAY.

 

Shanghai University World Ranking 

The Academic Ranking of World Universities (ARWU), yang pertama kali diterbitkan pada tahun 2003 oleh Shanghai University, menurut The Economist, telah menjadi "peringkat tahunan yang paling banyak digunakan dari universitas riset di dunia”. Lebih dari 1000 universitas diperingkatkan oleh ARWU setiap tahun dan 500 yang terbaik dipublikasikan secara online.

Peringkat ini menggunakan enam indikator objektif untuk menentukan peringkat universitas dunia:

• Jumlah alumni dan staf pemenang Hadiah Nobel dan Medali Fields
• Jumlah peneliti yang dipilih oleh Thomson Scientific
• Jumlah artikel yang dipublikasikan dalam jurnal Nature dan Science
• Jumlah artikel yang terdaftar dalam Science Citation Index
Social Sciences Citation Index
• Kinerja per orang sehubungan dengan ukuran institusi.
 

Walaupun mengevaluasi dan menentukan pilihan universitas melalui tabel liga adalah cara yang berguna, ada baiknya untuk mencari informasi dari berbagai sumber lainnya. Ingat bahwa keputusan yang Anda ambil harus didasarkan kemauan Anda sendiri dan tidak hanya bergantung kepada informasi statistik.

Ada banyak sumber lainnya disamping peringkat liga tabel. Coba baca ulasan mahasiswa untuk mencari tahu ‘sebenarnya’ seperti apa universitas pilihan kamu itu. Ini adalah cara yang baik untuk mendapat cerita pengalaman mahasiswa yang sesungguhnya, bukan saja informasi berdasarkan fakta dan data.

Di Hotcourses Anda juga dapat menemukan kumpulan blog dan artikel seputar kuliah di luar negeri oleh mahasiswa!

Kami juga memiliki satu halaman khusus yang menampilkan semua peringkat universitas utama – termasuk juga hasil keseluruhan dari ulasan mahasiswa kami.


Ikuti link berikut untuk mencari tahu cara mendaftar aplikasi visa pelajar.

Bacaan terkait: Panduan Tabel Liga Universitas dan Peringkat Universitas Dunia TIMES

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

Aspiring journalist and Cambridge University graduate, Londoner 'by adoption'. Tweeting for @hotcourses_Abrd

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.