Informasi penting
Amerika Serikat: Visa

VISA UNTUK BEKERJA SAMBIL KULIAH DI AMERIKA

3523

Bekerja sambil kuliah sangatlah umum di Amerika. Selain dapat meringankan sebagian biaya hidup, kerja sambilan juga memberikan Anda pengalaman kerja yang dapat menambah nilai plus untuk CV Anda nantinya, apalagi jika Anda dapat bekerja sambilan di bidang yang relevan dengan bidang kuliah Anda.

Berikut ini adalah gambaran mengenai peraturan dan ketentuan visa yang perlu Anda ketahui untuk dapat bekerja sambil berkuliah di Amerika:

 

DAPATKAH SAYA BEKERJA?

Ijin kerja ditentukan oleh jenis visa pelajar. Terdapat 3 tipe visa: F-1, M-1, dan J-1. Pemegang visa F-1 dan J-1 dapat bekerja dalam kampus selama maksimal 20 jam per minggu semasa perkuliahan, dan dapat bekerja hingga 40 jam kerja pada masa liburan.

Pemegang visa M-1 tidak diijinkan untuk bekerja.

 

Visa F-1

Mahasiswa yang telah terdaftar untuk program kuliah purna waktu di universitas atau kolese Amerika memerlukan visa F-1.

Visa ini tidak mengijinkan mahasiswa tahun pertama untuk menerima pekerjaan di luar kampus. Setelah tahun pertama, mahasiswa diijinkan untuk bekerja selama 20 jam per minggu pada masa perkuliahan, dan bekerja hingga 40 hari pada masa liburan.

Dalam kondisi tertentu, misalnya terdapat kesulitan finansial, US Citizenship & Immigration Services (USCIS ) dapat memberikan ijin kerja kepada pemegang visa F-1 sehingga pada tahun pertama pun mereka dapat bekerja.

Untuk mendapatkan ijin kerja ini, pemegang visa perlu membuktikan bahwa tidak tersedia lowongan kerja di kampus, dan harus membayar biaya permohonan sebesar US$ 380. Waktu pemrosesan dapat memakan waktu 90 hari, dan ijin kerja ini berlaku selama satu tahun.

Terdapat dua tipe pekerjaan dalam kampus yang tersedia bagi pemegang visa F-1. Mereka dapat bekerja dengan perusahaan-perusahaan yang merupakan mitra kerja universitas, misalnya toko buku kampus, kafe, toko atau lembaga pendidikan lainnya yang bekerjasama dengan universitas. Misalnya mahasiswa dapat bekerja sebagai asisten penelitian profesor, atau mengerjakan pekerjaan yang berhubungan dengan akademis.

Pada tahun pertama perkuliahan, USCIS juga dapat memberikan pemegang visa F-1 ijin untuk mengikuti Curricular Practical Training (CPT) atau Optional Practical Training (OPT) selama 1 tahun.

Pelajari lebih lanjut mengenai ijin kerja (work permit)

 

Curricular Practical Training (CPT)

CPT memberikan pekerjaan sebagai bagian dari perkuliahan, atau memberikan pekerjaan yang telah diakui dan didukung oleh universitas.

Terdapat 2 jenis CPT training:

Academic Programme CPT, dimana mahasiswa wajib mengambil pengalaman kerja untuk memenuhi persyaratan dari program kuliah mereka.

Sedangkan pengalaman kerja dari Non-Required CPT bertujuan untuk melengkapi kredit nilai program kuliah, tetapi tidak wajib.

Mahasiswa yang mengikuti CPT harus mempertahankan kredit nilai yang utuh untuk mempertahankan status visa mereka.

Pelajari lebih lanjut mengenai CPT

 

Optional Practical Training (OPT)

Mahasiswa pemegang visa F-1 dapat mengambil pekerjaan sementara yang berhubungan secara langsung dengan bidang kuliah mereka. Mahasiswa dapat mengajukan ijin satu tahun untuk OPT pada setiap tingkatan pembelajaran. Misalnya mahasiswa dapat menyelesaikan satu tahun OPT sembari menyelesaikan perkuliahan Sarjana, dan menyelesaikan satu lagi semasa menyelesaikan perkuliahan Master.

Mahasiswa dapat bekerja 20 jam OPT semasa perkuliahan, dan hingga 40 jam kerja pada masa liburan.

Jika Anda berkuliah di bidang Science, Technology, Engineering atau Mathematics (STEM), maka Anda bisa mendapatkan ijin kerja mulai dari 1 tahun hingga 17 bulan.

Pelajari lebih lanjut mengenai OPT

Pelajari lebih lanjut tentang STEM-OPT

 

Visa M-1

Visa M-1 ditujukan bagi mahasiswa yang mengambil program Vokasional di Amerika. Pemegang visa M-1 tidak diijinkan bekerja.

Akan tetapi, mahasiswa diijinkan untuk menerima pekerjaan yang merupakan training praktikal yang sesuai dengan bidang kuliah selama hingga 6 bulan setelah program kuliah berakhir.

Mahasiswa M-1 juga dapat mengikuti program OPT. Mahasiswa dapat mengikuti 1 bulan OPT untuk durasi program 4 bulan. Jika durasi program adalah 1 tahun, maka mahasiswa diijinkan untuk mengikuti 3 bulan OPT.

 

Visa J-1

Visa J-1 diperuntukkan bagi mereka yang mengikuti program pertukaran. Mahasiswa dengan visa ini diijinkan untuk bekerja selama 20 jam per minggu pada masa perkuliahan, dan bekerja penuh waktu pada masa liburan JIKA mereka mempertahankan nilai yang bagus, dengan mengambil mata kuliah penuh.

Sama halnya dengan visa F-1, jika terdapat kesulitan finansial, mahasiswa dapat mengajukan ijin kerja untuk bekerja diluar kampus.

Mencari jurusan

Amerika Serikat
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

GRATIS

Ebook 'Kuliah di Amerika'

Suka dengan bacaan ini? Kami telah mengumpulkan topik-topik populer tentang kuliah di Amerika Serikat dalam satu buku digital praktis.