Tentang UTAR

Universiti Tunku Abdul Rahman (UTAR) adalah salah satu universitas swasta terkemuka di Malaysia. Universitas ini dimiliki oleh lembaga pendidikan dan didanai oleh sumbangan dari penyokong dana, komunitas, sponsor, perusahaan dan oleh masyarakat. Visi dari Universitas adalah untuk menjadi Universitas Global dengan pendidikan bermutu tinggi yang mempengaruhi perubahan lingkungan. 

Dengan gelombang pertama yang hanya berisikan 411 orang mahasiswa di satu kampus bulan Juni tahun 2002, saat ini pendaftaran universitas telah mencapai lebih dari 26,000 orang mahasiswa dengan kampus-kampus yang berlokasi di Bandar Sungai Long, Selangor dan Kampar, Perak.

UTAR telah menghasilkan lebih dari 40,000 orang Lulusan sejak pertemuan perdananya pada tahun 2005. Di antara para alumni tersebut adalah para wirausahawan dan pemimpin yang sukses dalam perusahaan multinasional, yang berkembang pesat dalam karir mereka.

Saat ini universitas menawarkan lebih dari 110 program akademis di kesembilan fakultas, 3 pusat dan tiga institutnya. Program-program yang ditawarkan sangat beragam, mulai dari program Fondasi, Bachelor, Master hingga PhD dalam bidang Teknik dan Lingkungan Buatan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Ilmu Kehidupan dan Fisika, Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, Ilmu Agrikultur dan Pangan, Ilmu Aktuaria, Matematika dan Manajemen Proses, Akuntansi, Bisnis dan Ekonomi, Seni, Ilmu Sosial dan Pendidikan, dan Industri Kreatif dan Desain.

Universitas berkomitmen untuk menggalakkan penelitian dan pengembangan ilmiah dalam berbagai bidang melalui agenda Penelitian, Pengembangan dan Komersialisasi (Research, Development and Commercialisation/RDC), yang akan memajukan misinya untuk menjadi universitas utama dalam keunggulan pengajaran dan penelitian. Hal ini juga dibuktikan dengan didirikannya 27 pusat penelitian di universitas, dan pembentukan Jaringan Penelitian Global (Global Research Network ) UTAR – sebuah platform bagi tenaga pengajar UTAR untuk membentuk jaringan demi kepentingan penelitian, dengan para akademisi, peneliti dan ahli teknologi yang diundang dari seluruh dunia. Skema Penelitian Sarjana (Undergraduate Research Scheme/URS) UTAR juga dimulai untuk mengijinkan para mahasiswa sarjana UTAR untuk dapat menjalankan program terstruktur secara sistematis, yang didesain untuk mengekspos dan melatih mereka dalam berbagai aspek implementasi proyek penelitian.

Universitas telah membentuk sembilan pimpinan guru besar pengelola, untuk menciptakan kolaborasi yang erat dengan industri-industri perbankan dan keuangan, teknik lingkungan dan teknologi hijau, industri kreatif, manajemen konstruksi, kedokteran, ekonomi, teknik sipil, ilmu agrikultur dan kimia.

Hingga saat ini, universitas telah membangun kolaborasi formal untuk memfasilitasi pertukaran internasional, penelitian dan pelatihan dengan lebih dari 200 institusi/organisasi yang terdiri dari institusi pendidikan tinggi dan mitra-mitra industri, baik lokal maupun luar negeri.

Advertisement