Informasi penting
Study abroad: Before you leave

GAMBARAN UMUM KULIAH DI BIDANG KESEHATAN DAN KEDOKTERAN

GAMBARAN UMUM KULIAH DI BIDANG KESEHATAN DAN KEDOKTERAN

Apakah jurusan kesehatan dan kedokteran?

 

Kesehatan dan kedokteram mengacu pada bidang diagnosis, pengobatan, rehabilitasi dan pencegahan penyakit dan kondisi yang mempengaruhi dan membahayakan kesehatan dan kesejahteraan kita. Banyak ya pilihannya...

 

 

 

 

Mengapa mempelajari kesehatan dan kedokteran?

 

Mempelajari bidang seperti kesehatan dan pengobatan yang membantu orang lain saat mereka berada dalam kondisi paling lemah dan paling rentan adalah profesi yang sangat dihormati dan dicari. Bayangkan perasaan saat kamu telah berhasil meningkatkan kualitas hidup berbagai individu adalah hal yang luar biasa. Meskipun tidak semua skenario berhasil dengan akhir yang bahagia, skenario yang berhasil dapat memperkuat keyakinanmu pada kemanusiaan dan kehidupan itu sendiri.

 

Manusia (sayangnya) jatuh sakit, sehingga mereka yang bekerja di bidang medis selalu diminati, di seluruh dunia. Bidang ini memberikan fleksibilitas yang besar kemanapun karier yang kamu inginkan; ditambah, kamu boleh merasa aman karena mengetahui bahwa kemanapun kehidupan membawamu, kamu dapat selalu menemukan pekerjaan.

 

Tubuh manusia adalah sistem kompleks yang terdiri dari banyak organ, tulang, dan proses yang berbeda. Jadi, selain bekerja di bidang umum, kamu bisa mencari fokus sebagai spesialis di bidang tertentu seperti Kardiologi.

 

Beberapa peran seperti dokter dan ahli bedah dapat menghasilkan uang yang sangat banyak, terutama jika kamu pindah ke praktik swasta atau menjadi kepala departemen di rumah sakit. Merupakan hal yang umum bagi banyak dokter dan dokter gigi untuk menghasilkan enam digit sebelum mereka pensiun.

 

 

 

 

 

Siapa yang cocok belajar di jurusan kesehatan dan kedokteran?

 

Mereka yang memiliki keinginan untuk membuat perbedaan nyata dalam kehidupan biasanya akan menemukan panggilan di bidang kesehatan dan kedokteran. Demikian karena mereka cenderung terlibat dengan individu saat mereka berada di titik terendah, sikap lembut dan baik hati itu penting. 

 

Mengobati suatu kondisi dan merawat pasien adalah dua hal yang sangat berbeda; mengobati dapat dipelajari semua dari buku, sedangkan merawat membutuhkan keterampilan interpersonal untuk membawa kenyamanan dan kepastian kepada pasien ketika mereka takut, cemas atau memiliki banyak pertanyaan.

 

Ada banyak sekali pengetahuan untuk dipelajari dari jurusan kesehatan dan kedokteran. Oleh karena itu, kamu akan diminta untuk belajar sangat keras untuk lulus tugas dan ujian yang diperlukan. Kamu akan memperlakukan individu sungguhan yang akan menyerahkan nyawa mereka di tanganmu sehingga kamu tidak dapat membuat kesalahan.

 

Mereka yang bergerak di bidang kesehatan dan kedokteran seringkali diharuskan bekerja berjam-jam yang jauh dari konvensional. Banyak yang bisa 'siap dihubungi' yang mungkin perlu menyerahkan semuanya untuk melihat keadaan darurat atau jika ada kekurangan staf. Karenanya, menggabungkan kehidupan pribadi dengan pekerjaan bisa jadi sangat sulit, terutama di tahun-tahun pertama karirmu nanti. Ini adalah sesuatu yang harus dipertimbangkan siswa sebelum mengambil jalur ini.

 

 

 

Apa kriteria untuk mempelajari kursus kesehatan dan kedokteran?

 

Hal ini tergantung pada universitas tempatmu mendaftar, kamu mungkin diminta untuk mengikuti tes penerimaan yang khusus untuk pelamar kedokteran seperti BMAT atau UKCAT.

 

 

 

Jurusan khusus apa yang bisa saya pelajari?


 

Konseling

 

Untuk menjadi seorang konselor, kamu dapat mempelajari gelar konseling di tingkat sarjana dan / atau pascasarjana. Namun, saat mengambil kursus ini, kamu mungkin menemukan bahwa istilah terkait seperti psikoterapi atau terapi. Khususnya di tingkat pascasarjana, terdapat berbagai program studi khusus yang dapat dipelajari untuk lebih mengembangkan minatmu. Misalnya, kamu mungkin memiliki keinginan khusus untuk fokus pada terapi perilaku kognitif, yang dapat  dipilih untuk difokuskan di tingkat master.

 

Di tingkat sarjana, kursus konseling biasanya akan memakan waktu 3 tahun untuk diselesaikan sedangkan kursus pascasarjana dapat berlangsung hanya 1-2 tahun tergantung pada apakah itu penuh waktu atau paruh waktu.

 

 

 

 

Kedokteran gigi

 

Jika ingin menjadi dokter gigi, kamu harus siap menjalankan komitmen yang besar. Sebagian besar jurusan kedokteran gigi akan memakan waktu 5 tahun untuk diselesaikan dengan tambahan 1-2 tahun lagi sebagai ‘co ass’. Singkatnya, kedokteran gigi melibatkan perawatan pasien dan gigi mereka, mencegah masalah mulut dan gigi. Untuk diterima di kursus kedokteran gigi, kamu memerlukan nilai A-level (atau setara) AAA / ABB tergantung pada persyaratan universitas.

 

Dalam pekerjaan ini, kamu perlu menjadi komunikator yang baik, memiliki perhatian yang sangat baik terhadap detail dan keterampilan interpersonal. Kuliah kedokteran gigi dapat mengikuti jalur yang mirip dengan dokter rumah sakit atau kamu dapat memilih untuk mengkhususkan diri pada bidang tertentu seperti ortodontik atau pediatri.

 

 

 

 

 

Ilmu pengobatan/kedokteran

 

Sebagai salah satu jurusan paling populer, kedokteran juga sangat kompetitif. Popularitasnya bisa jadi karena prospek pekerjaan dan permintaan tinggi akan dokter di seluruh dunia. Alasan lain untuk mempelajari kedokteran mungkin karena kamu memiliki keinginan untuk membantu orang lain dan memberikan perawatan.

 

Untuk diterima di kursus di universitas kedokteran, kamu memerlukan nilai tertinggi (biasanya AAA) di A-level atau yang setara. Universitas biasanya akan mencari pelamar yang telah mencapai nilai ini dalam mata pelajaran yang berhubungan dengan sains seperti biologi, matematika, kimia atau fisika. Jadi, penting untuk mengingat hal ini saat memilih apa yang akan dipelajari sebelum tingkat gelar.

 

Jika kamu tertarik pada kedokteran tetapi tidak yakin apakah ingin menjadi dokter rumah sakit, ada profesi lain dimana keterampilanmu dapat diterapkan. Misalnya, bekerja dalam penelitian, kebijakan, atau pelatihan lebih lanjut untuk menjadi konsultan di bidang kedokteran tertentu.

 

 

 

 

Perawat


 

Karir di bidang keperawatan membutuhkan dedikasi, manajemen waktu, pemikiran kritis dan kasih sayang. Dengan 94% perawat mendapatkan pekerjaan dalam waktu enam bulan setelah kelulusan (UCAS), tidak mengherankan jika ini adalah profesi yang diinginkan.

 

Untuk belajar keperawatan di tingkat sarjana, kamu harus mencapai nilai ABB / BBC di A-level (atau setara). Namun, persyaratan kelas tertentu akan bervariasi tergantung pada universitas, jadi pastikan kamu memeriksa situs web sebelum mendaftar. Sebagian besar institusi juga akan meminta setidaknya satu mata pelajaran yang berhubungan dengan sains di tingkat ini (biologi / kimia). Mata pelajaran lain yang diterima (selain ilmu yang disebutkan di atas) termasuk psikologi, sosiologi, kesehatan dan perawatan sosial, dll. Selama gelar keperawatan, kamu akan mengetahui apa yang paling menarik. Ini akan memungkinkan kamu untuk memikirkan berbagai jenis perawatan yang mungkin kamu sukai seperti kesehatan anak atau mental.

 

 

 

 

Untuk inspirasi lebih lanjut, lihat kursus kesehatan dan kedokteran berikut yang mungkin juga menarik:

 

Kesehatan dan Keselamatan

Kesehatan Tambahan

Kebidanan

Kesehatan dan Nutrisi

Kedokteran Mata

Farmakologi / farmasi

Fisiologi

Fisioterapi

Psikologi

Kesehatan Masyarakat

 

 

Apa lagi karir yang dapat kamu raih dengan kualifikasi kesehatan dan kedokteran?

 

Berikut adalah beberapa kemungkinan pilihan karir lain di bidang kesehatan dan kedokteran, yang semuanya sangat dihormati:

 

Ahli bedah

Konsultan

Fisioterapis

Bidan

Ahli ilmu gizi

Apoteker

Psikolog

 

 

 

 

Baca juga:

KULIAH KEDOKTERAN GRATIS DI LUAR NEGERI

 

Wajib dibaca