Informasi penting
Study abroad: Before you leave

INI YANG PERLU DIKETAHUI SEBELUM BELAJAR KESEHATAN & KEDOKTERAN DI LUAR NEGERI

share image

Kedokteran adalah karir global yang memungkinkan kamu untuk membuat dampak positif pada dunia. Meskipun kamu perlu mengikuti kelas inti di ruang kelas dan laboratorium, namun ada banyak manfaat jika kamu belajar kesehatan & kedokteran di luar negeri. Kamu dapat menghabiskan musim panas di Afrika dengan menjadi sukarelawan untuk memeriksa penyakit HIV / AIDS atau melakukan operasi di Meksiko selama rotasi klinis kamu. Dari mendidik anak-anak tentang cara yang tepat untuk mencuci tangan hingga mengatasi berbagai masalah kesehatan, belajar kedokteran di luar negeri memberi kamu kesempatan untuk menerapkan keterampilan kamu.

 

 

Mengapa belajar Kesehatan & Kedokteran di luar negeri?

 

Mengejar karir di bidang kesehatan & kedokteran adalah pilihan karir yang mulia, tetapi membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk belajar dan kerja keras. Sekolah kedokteran membutuhkan studi penuh waktu dengan sedikit fleksibilitas untuk meninggalkan negara tempat kamu belajar. Namun, dalam beberapa tahun terakhir sekolah kedokteran telah menyadari manfaat dari mahasiswa kedokteran yang belajar di luar negeri dan sekarang banyak sekolah kedokteran menawarkan program musim panas dan rotasi klinis bagi siswa yang ingin mencari dan memperkaya pengalaman di salah satu belahan dunia. Menghabiskan musim panas atau mengikuti rotasi klinis mempelajari kesehatan & kedokteran di luar negeri akan memberi kamu perspektif baru tentang sistem perawatan kesehatan di seluruh dunia dan sangat membantu kamu mengembangkan keterampilan komunikasi kamu. Dunia adalah tempat yang semakin beragam, jadi hidup dalam budaya yang berbeda akan membantu kamu di masa depan.

 

 

LOKASI

 

Memilih lokasi untuk belajar kesehatan & kedokteran di luar negeri tidaklah sulit. Namun, penting untuk memilih negara atau wilayah yang menarik minat kamu dan dapat membantu kamu tumbuh sebagai dokter masa depan. Jika kamu tertarik untuk fasih berbahasa lain, pertimbangkan untuk belajar program di tempat yang memungkinkan kamu mengambil kursus bahasa dan mempraktikkan bahasa tersebut dalam kehidupan sehari-hari kamu. Jika kamu tertarik dengan pendidikan kesehatan masyarakat, Afrika dan Amerika Latin adalah rumah bagi banyak peluang untuk belajar kesehatan & kedokteran yang akan memungkinkan kamu untuk terlibat dalam program pendidikan kesehatan.

 

Afrika

 

Afrika adalah wilayah luas yang menawarkan berbagai peluang untuk belajar kesehatan & kedokteran dimana kamu dapat menerapkan keterampilan medis yang baru kamu peroleh di dunia nyata untuk membuat perbedaan dalam kehidupan seseorang. Sementara Afrika penuh dengan kelaparan, penyakit menular, HIV / AIDS, dan banyak kesenjangan kesehatan, maka Afrika adalah tempat yang bagus untuk benar-benar mengekspos diri kamu pada budaya baru dan membuat dampak nyata di lingkungan lokal dengan memanfaatkan pengetahuan medis kamu. Lokasi populer untuk menyelesaikan rotasi medis di Afrika adalah Afrika Selatan dan Ghana. 

Amerika Selatan

 

Amerika Selatan menawarkan banyak kesempatan bagi mahasiswa kesehatan & kedokteran untuk menerapkan sistem perawatan kesehatan setempat, baik di perkotaan maupun pedesaan, selain itu, kamu juga dapat memperoleh keterampilan bahasa yang berharga di sepanjang jalan. Ada lebih dari 400 juta penutur asli bahasa Spanyol di dunia, jadi mengapa tidak belajar bahasa di antara penduduk asli? Argentina, khususnya, adalah sarang untuk sekolah-sekolah bahasa Spanyol, di mana banyak sekolah bahkan menyediakan kelas-kelas yang berfokus pada medis untuk dokter, perawat, dan petugas kesehatan lainnya untuk meningkatkan kosa kata mereka dan membantu dalam kompetensi budaya Spanyol.

 

 

Eropa


Ingin mendapatkan pengalaman dalam kedokteran Barat, tetapi mengalami sistem perawatan kesehatan yang berbeda? kamu mungkin ingin belajar kesehatan & kedokteran di Eropa. Saat belajar kesehatan & kedokteran di Eropa, kamu akan terus memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang berharga dalam beragam spesialisasi, tetapi kamu juga akan mendapatkan pemahaman dari dalam tentang bagaimana sistem kesehatan berfungsi di negara lain. Sebagian besar pembelajaran kamu akan dilakukan di ruang kelas atau di rumah sakit, jangan lupa untuk menguji keterampilan kamu di dunia nyata. Habiskan musim panas atau rotasi klinis di luar negeri dan terapkan keterampilan kamu, dapatkan pemahaman yang lebih baik tentang budaya yang berbeda dan sistem perawatan kesehatan mereka, dan tumbuh sebagai pribadi dan dokter masa depan.    

 

Universitas-universitas Terbaik untuk Jurusan Kesehatan & Kedokteran

 
Pastikan bahwa kamu membuat pilihan yang bijak ketika kamu berkomitmen pada sebuah institusi untuk jangka waktu yang lama. Berikut beberapa universitas terbaik di  Jurusan Kesehatan & Kedokteran:
  • Universitas Oxford
  • Universitas Harvard
  • Universitas Cambridge
  • Imperial College London
  • Universitas Stanford

Memanfaatkan waktu kamu mempelajari kesehatan & kedokteran di luar negeri akan memperkaya pengalaman kamu dan akan membuat kamu menjadi dokter yang professional di masa depan. Profesi medis adalah pilihan karir yang mulia bagi mereka yang ingin membuat dampak positif pada kehidupan orang banyak. Belajar kesehatan & kedokteran di luar negeri memiliki banyak manfaat sekunder. Selain itu, belajar kesehatan & kedokteran di luar negeri juga akan membuat kamu menjadi pelamar yang memiliki nilai plus ketika kamu mencari pekerjaan nantinya.

 

 

Baca juga:

PROSPEK KARIR SERTA KAMPUS TERBAIK JURUSAN KESEHATAN DI ASIA

PROSPEK KARIR DAN DAFTAR UNIVERSITAS TERBAIK JURUSAN KESEHATAN DAN KEDOKTERAN

WAJIB: MEMILIKI ASURANSI KESEHATAN JIKA INGIN KULIAH KE JERMAN

 

Sumber:

https://www.goabroad.com/study-abroad/search/medicine/study-abroad-1

https://www.timeshighereducation.com/student/best-universities/best-universities-medicine

Mencari jurusan

Pilih negara
JenjangPendidikan*
TENTANG PENULIS

author image

Wajib dibaca